Quotes Habib Husein Ja’far

Perkembangan teknologi media sosial membantu umat Islam untuk mendapatkan ceramah dan kotbah yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Baru-baru ini terdapat salah satu tokoh agama Islam yang menjadi panutan pemuda Islam yakni Habib Husein Ja’far Hadar. Tokoh Islam yang akrab disapa Habib Husein ini lahir pada 21 Juni 1988 di Bondowoso, Jawa Timur. Habib yang berumur 33 tahun ini mulai dikenal lantaran memanfaatkan media sosial seperti Instagram, Facebook dan Youtube. Nama Habib Husein mulai melambung saat melakukan kolaborasi dengan Tretan Muslim dan Coki Pardede di Youtube yang kemudian semakin dikenal oleh kaum generasi muda. Selain unik karena selalu menampung berbagai pertanyaan unik dari para pemuda melalui media sosial, tak sedikit dirinya memberikan jawaban dengan menyelipkan Quotes Habib Husein sesuai syariat Islam.

Baca Juga:

Fakta yang menjadi unik terhadap Habib yang berusia 33 tahun ini adalah umat-umat Habib Husein yang mengaku dan menyebut dirinya sebagai ‘Pemuda Tersesat’. Sebutan tersebut dilontarkan lantaran jawaban dan kata-katanya mencerahkan dan menyentuh hati umatnya padahal mereka melontarkan berbagai pertanyaan yang unik dan begitu lucu kepadanya.  Kata Mutiara yang dilontarkan oleh Habib Husein Ja’far Hadar kemudian menjadi panutan bahkan kerap menadi motivasi umat di berbagai media sosial. Ungkapan yang disampaikan secara kekininan telah membuat para pemuda masa kini menjadikan Habib Husein sebagai tokoh agama yang kekinian. Habib Husein pun telah mengeluarkan karya miliknya berupa buku yang berjudul ‘Tuhan Ada di Hatimu’. Buku tersebut berisi tentang pengingat bahwa Allah akan selalu berada bersamamu serta terdapat beberapa rangkaian kata mutiara yang dapat menenangkan hati dan menerangkan hidup Anda. 

Bila kita melihat dunia sekarang ini, banyak sekali oknum manusia yang melakukan tindakan kejahatan atas nama Islam, terorisme salah satunya. Terorisme seperti ISIS mendeklarasikan dirinya sebagai umat Islam namun membunuh orang dan menghancurkan tempat ibadah umat non-muslim. Sebenarnya Nabi mengajarkan umat agama Islam untuk hidup damai dan tidak menyatiki sesama manusia. Oleh karena itu, ketika seorang umat muslim telah menyatakan dirinya melakukan hal buruk atas nama Islam, seperti seperti merusak tempat ibadah, membunuh dan menghancurkan hidup banyak orang, maka mereka bukanlah umat Islam sesungguhnya melainkan seorang oknum. Oleh karena itu terdapat Quotes Habib Husein yang menyampaikan bahwa sesungguhnya umat muslim belum tentu Islam sesungguhnya karena mereka tidak sepenuhnya bisa merepresentasikan nilai-nilai Islam itu

Selain itu terdapat pendakwah Islam yang suka mencerai-beraikan sesama umat muslim bahkan non-muslim karena mereka memiliki perbedaan pandangan. Sebenarnya sikap pendakwah Islam tersebut telah mengkhianati ajaran Nabi karena Nabi sendiri mengajarkan hidup damai, rukun, menghormati orang lain dan hidup berdampingan meskipun memiliki perbedaan pandangan. Tindakan inilah yang tidak tepat dan berbahaya bagi kehidupan manusia khususnya masyarakat Indonesia yang memiliki masyarakat beraneka ragam suku, ras, dan agama. Allah sendiri tidak menyukai umatnya untuk hidup dengan penuh kebencian, sedangkan. Dengan demikian, Habib Husein  mengingatkan bahwa abaikan ceramah pendakwah Islam yang mencerai-beraikan karena perbedaan pandangan karena mereka sendiri tidak mengikuti syariat Islam sesungguhnya. 

Quotes Habib Husein selanjutnya menyatakan bahwa sebagai umat muslim yang taat dengan syariat Islam harus bersaudara dengan siapapun, jangan karena terbatas dengan agama Anda melupakan bahwa Anda juga bersaudara dengan orang lain karena kita adalah sama sebagai umat manusia. Hal ini sangat penting diterapkan kita sebagai negara yang ber – ideologi Bhinneka Tunggal Ika. Meskipun Indonesia dikelilingi masyarakat non-muslim, sebagai umat Islam yang penuh dengan rasa toleransi, kita perlu saling menjaga dan membangun hubungan dengan masyarakat non-muslim karena walau kita berbeda secara pandangan, kita adalah ciptaan Tuhan yang sama, yakni sebagai manusia yang memiliki akal, budi, dan hati. 

Hal ini juga sesuai dengan sumpah pemuda yang menunjukkan bahwa bangsa Indonesia sebagai putra-putri yang satu tanah air Indonesia. Sebagai masyarakat yang berasal dari wilayah yang berbeda-beda, namun kita adalah saudara karena kita tinggal di sebuah negara, negara Indonesia. Perbedaan agama dan keyakinan pasti akan terjadi karena setiap manusia dilahirkan dengan banyak perbedaan. Kita boleh mengetahui bahwa sebagai umat manusia memiliki cara pandang dan keyakinan yang berbeda. Meski demikian, kita perlu menghargai berbagai perbedaan yang ada lantaran setiap perbedaan yang kita miliki memiliki tujuan yakni hasil akhir yang baik. Setiap agama memang memiliki tujuan dan cara pandang yang berbeda, meski demikian mereka miliki tujuan akhir yang sama yaitu menginginkan umatnya Bahagia selama dirinya hidup, dan masuk surga ketika di akhirat nanti. 

Pemilik channel jeda nulis ini sering menekankan pada perbedaan agama lantaran kasus ini sedang hangat diperbincangkan oleh masyarakat di berbagai wilayah. Mengingatkan kembali bahwa ketika sebuah tindakan yang sebenarnya adalah perilaku yang salah namun mengatasnamakan Tuhan bukanlah keputusan yang baik. Ketika sesoerang bertidak kejahatan dan membawa nama Tuhan mereka maka ego merekalah yang menguasai keputusan itu. Maka dari itu, sebagai masyarakat Islam yang baik, Anda perlu lebih sadar dan berpandangan luas dalam menelaah pernyataan orang tersebut meskipun tokoh agama sekalipun. Untuk menambah wawasan dan pandangan bijak Anda terhadap agama Islam, maka terapkanlah ungkapan yang tertulis dalam Al-Quran, Hadiz, maupun fikih sembari menyesuaikan dengan kotbah yang disampaikan oleh tokoh agama.

Selanjutnya terdapat Quotes Habib Husein yang sesuai dengan dengan ungkapan mulutmu harimaumu. Pesan moral yang disampaikan beliau mengingatkan umat untuk menjaga ucapan yang dilontarkan kepada orang lain, karena apa yang telah dibicarakan tidak bisa ditarik kembali. Anda harus mengelola dan memfilter apa yang Anda ucapkan karena perkata Anda bisa saja melukai bahkan membunuh orang lain. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya kasus kematian hanya karena candaan. Beberapa kasus siswa sekolah yang meninggal karena menjadi korban bullying semakin meningkat. Sementara itu, pelaku bully hanya menganggap apa yang dia katakan adalah candaan yang sepele dan tidak bermaksud melukai si korban. Oleh karena itu, hati-hati dalam berucap meruapakn hal yang tepat untuk menjaga nyawa orang lain dan perasaan besalah.Sebagai umat manusia, Anda tidak sepantasnya merasa hebat dan sombong karena dalam Quotes Habib Husein mengingatkan sengguhnya orang yang merasa diirinya cerdas adalah orang yang bodoh sedangkan orang yang merasa dirinya sebagai orang suci adalah orang yang memiliki kekotoran batin. Begitu kalimat ini terlontarkan, Anda harus sadar bahwa sesungguhnya orang pintar tidak akan menyatakan dirinya pintar, karena ketika dia pintar, dirinya menyadari bahwa terdapat pepatah yang menyatakan bahwa ‘tong kosong nyaring bunyinya’ dan ‘di atas langit masih ada langit’. Dari sinilah kita mengetahui maksud pesan moral Habib Husein yang menunjukkan bahwa orang pintar dan bijak akan memilih untuk diam dan terus berkembang, bukan membanggakan dirinya bahwa mereka hebat.

9 Quotes Habib Husein Ja’far

Orang kecil membangun pencitraan, orang besar menertawakan dirinya sendiri.

Orang kecil membangun pencitraan, orang besar menertawakan dirinya sendiri.

Bayangkan, Abu Lahab yang king of Maksiat sudah disiapkan neraka untuknya, tapi masih dikurangi siksanya karna bergembira atas kelahiran Nabi, apalagi kita yang umatnya nabi Muhammad.

Pembenci memikirkan yang dibenci. Maka hidupnya selalu suram. Pecinta memikirkan yang dicinta. Maka hidupnya selalu cerah.

Pembenci memikirkan yang dibenci. Maka hidupnya selalu suram. Pecinta memikirkan yang dicinta. Maka hidupnya selalu cerah.

Allahu Akbar bukan hanya berarti Allah Maha Besar, tapi juga bermakna kita maha kecil

Allahu Akbar bukan hanya berarti Allah Maha Besar, tapi juga bermakna kita maha kecil

Kebencian itu hanya diperbolehkan untuk sesuatu yang buruk, bukan seorang yang buruk.

Kebencian itu hanya diperbolehkan untuk sesuatu yang buruk, bukan seorang yang buruk.

Ibadah adalah seni merayu Tuhan untuk mengetuk Rahmat-Nya.

Ibadah adalah seni merayu Tuhan untuk mengetuk Rahmat-Nya.

Hidup itu sudah tentu naik-turun. Maka nikmati saja prosesnya, pungut hikmahnya. Saat naik, rendah hatilah. Saat turun, tabahlah. Sungguh, setelah kesulitan maka ada kemudahan.

Kalau bukan karena Allah yang menutup aib kita dan menyuruh kita menurup aib orang lain, kita semua penipu lantaran menutup aib kita sendiri dan pembohong karena menutup aib orang lain.

Kalau bukan karena Allah yang menutup aib kita dan menyuruh kita menurup aib orang lain, kita semua penipu lantaran menutup aib kita sendiri dan pembohong karena menutup aib orang lain.

Itulah kumpulan quotes kata-kata bijak dan nasihat dari Habib Husein Ja’far. Semoga bermanfaat.