Kumpulan Kata Bijak Islami Dari Qur’an, Hadits Dan Ulama Beserta Penjelasannya

Al-Qur’an dan hadits merupakan pedoman bagi semua umat muslim di dunia ini. Setiap orang yang berpegang teguh pada Al-qur’an dan Hadits maka tidak akan tersesat dunia akhirat. Mempelajari makna yang terkandung dalam Alqur’an dan hadits memang akan membantu jalan kehidupan menjadi lebih baik dan terhindar dari perbuatan hina yang mengundang dosa besar.

Dalam kehidupan, setiap manusia memang tidak terlepas dari masalah. Seperti halnya ungkapan “selama manusia masih hidup, pasti masalah akan terus muncul”. Hal ini bermakna bahwa setiap orang yang masih hidup pasti memiliki masalah. Besar kecilnya permasalahan yang dialami tentu saja berbeda-beda. Dalam hal ini dituntut sebuah penyelesain yang bijak dan tidak mudah putus asa. 

Cara menyelesaikan masalah tentu saja tergantung pada permasalahan yang dihadapi. Dalam penanganan masalah kadang setiap orang memiliki cara tertentu. Yang penting penyelesaian masalah harus bisa menghindari kondisi seperti stres, putus asa dan depresi. Semua ini memang membutuhkan motivasi untuk kembali membangkitkan semangat dan mendapatkan penyelesaian atas setiap permasalahan.

Kata bijak sebagai motivasi  memang diperlukan untuk mendapatkan inspirasi dalam menyelesaikan permasalahan. Memotivasi diri dengan kata-kata mutiara atau kata bijak islami juga bisa menjadi salah satu cara dalam menyelesaikan permasalahan. Ada banyak kata-kata bijak islami berdasar pada Al-Qur’an, Hadits ataupun kata-kata ulama. 

Baca Juga:

Kata Bijak Islami Yang Memberikan Motivasi Untuk Kehidupan Lebih Baik

Orang yang beriman tentu saja memiliki keyakinan bahwa setiap masalah yang terjadi merupakan sebuah ujian. Pastinya harus menghadapi semua itu dengan tawakal dan berserah diri pada Tuhan Yang Maha Kuasa. Memotivasi diri sendiri adalah dasar utama dalam menyelesaikan segala permasalahan yang dihadapi.

Nah, untuk memotivasi diri sendiri dalam menghadapi permasalahan hidup maka simak berikut ini beberapa kata bijak islami!

  1. “Jangan melangkah di muka bumi menjadi manusia yang congkak dan sombong karena kamu akan berada di dalam bumi kelak nanti”.
  2. “Pengetahuan waktu kecil itu seperti mengukir diatas batu”.
  3. “Barangsiapa yang benar-benar berjalan pada jalannya, maka pasti dia akan sampai pada semua tujuannya”.
  4. “Ilmu pengetahuan tanpa agama adalah kecacatan, sedangkan agama tanpa ilmu pengetahuan adalah kebutaan”.
  5. “Definisi yatim dan piatu itu bukan karena kehilangan orangtua, namun dia yang kehilangan akhlak dan ilmu pengetahuan”.
  6. “Kegagalan merupakan cara Allah dalam menguji kesabaran hambaNya. Kegagalan adalah cara Allah mengatakan bahwa kamu perlu bersabar untuk mencapai kemenangan”.
  7. “Tidak ada paksaan dalam memeluk agama. Bagimu Agamamu dan bagiku Agamaku”.
  8. “Jangan pernah menyerah jika hari ini kamu gagal, terus berusaha karena Allah ingin melihat seberapa keras usahamu dan seberapa tulus do’amu”.
  9. “Manusia mulia karena Akhlaknya, bukan karena banyak bicaranya”.
  10. “Jangan pernah berjanji jika tidak sanggup menepati. Seorang muslim harus mengucapkan INSYAALLAH untuk setiap janjinya”
  11. “Teruslah berbuat baik karena hal tersebut yang akan mengantarkanmu pada kemuliaan”.
  12. “Tidak ada kesulitan jika kita hanya berserah diri sepenuhnya pada Allah”.
  13. “Bangunlah lebih pagi untuk mencari rezeki dan kebutuhanmu. Sesungguhnya pada pagi hari ada berkah dan keberuntungan”. (HR At-Thabrani & Al-Bazzar)
  14. “Lakukan urusan duniamu seolah-olah kamu akan hidup selamanya dan lakukan urusan akhiratmu seakan kamu akan mati besok”. (HR Ibnu Asakir)
  15. “Maka sesungguhnya setiap ada kesulitan pasti ada kemudahan”. (Qs Al-insyirah:5)
  16. “Janganlah kamu bersedih, sesungguhnya Allah senantiasa bersama kita”. (QS At Taubah:40)
  17. “Jangan berduka atas segala sesuatu yang telah pergi, sebab tidak ada yang abadi di dunia ini”. (imam Syafi’i)
  18. “Allah tidak akan membebani hambaNya melainkan sesuai pada kadar kemampuannya”. (Al Baqarah:286)
  19. “Jangan putus asa atas rahmat Allah. Sesungguhnya tidak ada putus asa dari rahmat Allah melainkan mereka orang-orang yang kufur”. (Yusuf:87)
  20. “Berdo’alah kepada-Ku maka pasti akan Aku kabulkan untukmu”. (Al Mukmin:60)

Kata Bijak Islami Yang Memotivasi Untuk Wanita 

Wanita memiliki keistimewaan yang luar biasa. Islam selalu memandang tinggi kedudukan wanita. Bagi para lelaki juga diharuskan untuk memperlakukan wanita dengan penuh kasih sayang dan cinta. Beberapa kata bijak islami untuk para wanita berikut ini:

  1. “Orang kuat bukan orang yang tidak pernah menangis, namun dia yang terus istiqomah dalam menghadapi godaan”.
  2. Allah menjadikan dirimu seorang muslim karena ingin melihat kamu kelak di surga-Nya, yang perlu kamu lakukan menjadi pantas untuk hal tersebut”.
  3. “Dalam menghadapi semua kepedihan hidupmu, tetapkan sabar, ikhlas dan bertawakal. Allah Maha Tahu batas kemampuanmu”.
  4. “Bukan kesabaran apabila masih memiliki batas dan bukan pula keikhlasan apabila masih merasakan sakit”.
  5. “Islam selalu memperlakukan wanita dengan menjunjung tinggi martabat dan hormat. Maka dari itu jangan pernah menerima hal yang rendahan”.
  6. “Wanita itu layaknya bunga. Perlakukan wanita dengan baik, lembut dan penuh kasih sayang”. (Ali bin Abi Thalib)
  7. “Ingatlah bahwa janji Allah tidak pernah membuat hamba-Nya kecewa, jika kamu merasa kecewa mungkin imanmu masih lemah”.
  8. “Wanita muslimah itu menggunakan mulutnya untuk berbicara kebenaran, telinganya untuk welas asih, suaranya untuk sebuah kebaikan dan hatinya untuk mencintai dengan tulus”.
  9. “Langit selalu cantik dengan semua bintangnya. Seorang muslimah selalu cantik dengan balutan hijabnya”.
  10. “Sebaik-baiknya perhiasan dunia adalah wanita yang Shalihah”.
  11. “Wanita-wanita yang baik hanya untuk laki-laki yang baik, Dan laki-laki yang baik hanya untuk wanita-wanita yang baik pula”. (QS An-Nuur:26)

Kata Bijak Islami Tentang Cinta 

Mencintai dan dicintai adalah hak setiap orang. Namun, dalam hal ini sebaiknya tidak  melupakan cinta kepada Allah SWT. Cinta yang abadi adalah cinta pada Allah. Mencintai harus dengan niat ikhlas karena Allah. Jangan mencintai sesuatu berdasarkan pada amarah dan nafsu. Berikut ini beberapa kata bijak islami tentang cinta pada manusia dan Allah:

  1. “Cinta kita merupakan cinta terbaik karena imanku semakin bertambah. Kamu membantuku di dunia dan kelak nanti aku ingin bertemu kamu di surga”.
  2. “Jangan pernah mencintai orang yang sama sekali tidak mencintai Allah. Apabila dia bisa meninggalkan Allah maka dia juga pasti lebih bisa meninggalkan kamu”. (Imam Syafi’i)
  3. “Cinta Allah merupakan puncak dari cinta. Lembah cinta adalah untuk sesama”. (Nabi Muhammad SAW)
  4. “Cinta pada Allah itu seperti cahaya terang. Tanpa cahaya , kamu bisa terombang-ambing tanpa arah di lautan kegelapan”.  (Ibnu Qayyim)
  5. “Saat suami istri saling pandang dengan penuh rasa cinta maka Allah melihatnya dengan belas kasih”. (HR Bukhari)
  6. “Tidak ada solusi terbaik untuk dua orang yang saling mencintai selain pernikahan”. (HR Ibnu Majah)
  7. “Aku mencintaimu sebab agama yang ada padamu. Apabila kamu hilangkan agam pada dirimu, tentu hilang juga cintaku padamu”. (Imam An Nawawi)
  8. Cinta karena Allah tidak akan pernah berakhir”. (HR Muslim)
  9. “Bisa jadi kamu membenti sesuatu padahal baik untukmu. Boleh jadi kamu mencintai sesuatu pdahal amat buruk untukmu. Allah mengetahui sedangkan kamu tidak mengetahui apa-apa”. (QS Al-Baqarah:216)

Kumpulan kata bijak islami dari Al-Qur’an, hadits dan ulama diatas bisa menjadi salah satu motivasi dan pengingat diri. Bersikap dalam islam senantiasa berpedoman pada Al-Qur’an dan Hadits.