13 Kata Kata Bijak Wejangan Nasihat dari Gus Baha Bikin Adem Hati

Simak 13 kata kata bijak Gus Baha yang bikin adem hati dengan penjelasannya dalam artikel berikut ini. Siapa yang tak kenal dengan Gus Baha, Beliau merupakan salah satu ulama muda Indonesia yang terkenal dengan kecemerlangannya dalam berdakwah.

Biografi Singkat Gus Baha

Ahmad Bahauddin Nursalim atau yang lebih dikenal dengan sebutan Gus Baha adalah ulama kelahiran 1970 ini memang telah mendapat pengajaran dan didikan ilmu serta hafalan Al Quran melalui Ayahnya semenjak kecil, jadi tidak heran beliau  sangatlah cemerlang dan cerdas dalam setiap dakwah yang beliau bawakan, kalian dapat mendengar dakwahnya secara langsung ataupun memanfaatkan media seperti youtube dan lain sebagainya.

Pembawaannya dalam berdakwah sangat menarik perhatian dikarenakan caranya yang menggunakan bahasa bahasa sederhana nan menyejukkan hati sehingga dapat diterima secara terbuka bagi masyarakat luas.

Gus Baha juga terkenal dengan seseorang yang murah senyum, dapat dibuktikan setiap kali beliau menyampaikan dakwah selalu saja menampilkan senyum yang menyejukkan dan tentunya membawa kesan yang tidak kaku dalam penyampaian dakwahnya.

Dalam penyampaiannya sering kali beliau melontarkan kata kata bijak yang bermakna dalam kehidupan sehingga banyak orang yang akan terkagum jika mendengarnya. Berikut ini adalah contoh kata kata bijak yang Gus Baha lontarkan dan berhasil di publikasikan kepada khalayak umum.

Kata Kata Bijak Gus Baha Bikin Adem Beserta Penjelasannya

Selain kecerdasan dan kecemerlangannya dalam berdakwah, Beliau juga terkenal dengan kata kata bijak yang sering terucap. Berikut ini adalah contoh kata kata bijak Gus Baha.

  1. Apapun kegiatan jika melibatkan Allah SWT bukan lagi amal dunia

Dalam kata kata tersebut dapat disimpulkan bahwa jika kita sudah melibatkan Allah SWT untuk segala kegiatan kita di dunia, maka itu bukan lagi hanya kebaikan untuk dunia melainkan telah dihitung pahala yang luar biasa untuk kehidupan akhirat kelak. MasyaAllah ya teman teman sekalian.

  1. Tidak perlu kriteria yang sulit untuk mencari istri. Cukup Yang baik dalam hal pengetahuan agama sudah cukup.

Dalam kata kata ini beliau menyampaikan bahwa saat mencari pasangan hidup kelak, harus mengutamakan agama dan syariat islam disbanding dengan kriteria yang lain agar nantinya sama sama dapat menuntun kejalan yang benar.

  1. Manusia yang tidak dapat melihat kekurangan diri sendiri, akan sulit melihat keunggulan manusia lainnya.

Dalam kata kata dimaksudkan bahwa terkadang kita harus berkaca dengan kekurangan diri sendiri agar nantinya lebih dapat mensyukuri kelebihan yang ada pada orang lain.

Baca Juga:

  1. Tidak masalah jika kamu hidup tidak berkecukupan, mungkin itu dapat menjadi alasan yang akan membawamu ke surga kelak.

Lagi lagi kita diharuskan untuk bersyukur dengan apa yang kita punya saat ini, kehidupan sederhana yang kita miliki bisa jadi itulah yang akan membawamu menuju surga Allah SWT.

  1. Jika engkau merasa tidak ada manusia yang setuju dengan jalanmu, ingatlah bahwa Allah SWT tetap berada di sisiMu. 

Dari kutipan diatas dapat disimpulkan bahwa berjalanlah dijalan yang Allah ridhoi sekalipun tidak ada orang yang mendukungmu di jalan tersebut dan ketahuilah bahwa Allah akan senantiasa bersama orang orang yang berada dijalan Allah SWT

  1. Kehidupan yang paling bermakna adalah jika kamu mengisi kehidupan tersebut dengan Hal yang bermanfaat.

Menurut kutipan diatas bahwa ibadah adalah suatu kewajiban, namun alangkah lebih mulia hidupmu jika kamu mengisinya dengan sesuatu yang bermanfaat di sela sela ibadahmu.

  1. Untuk melakukan perubahan kearah yang lebih baik itu butuh waktu, akan lebih efektif jika bermitra dengan  izrail dibanding jibril jika memang engkau berpikir bahwa tugas seorang nabi adalah menghapus keburukan di dunia ini.

Segala sesuatu haruslah berproses dan tentu saja tidak ada yang instan, Gus Baha menganalogikan bahwa jika seandainya tugas nabi menghabisi keburukan, dengan bekerja sama dengan malaikat izrail yang tugasnya mencabut nyawa akan lebih mudah dibanding dengan malaikat Jibril yang memberi wahyu. Jadi kita tidak seharusnya menjudge orang lain karena perubahan dan perbaikan diri adalah sesuatu yang butuh proses.

  1. Kerusakan terjadi jika kamu tidak cukup pintar, namun jika kamu merasa sok pintar itu akan jauh lebih merusak.

Dalam kutipan kata kata diatas, Gus Baha seperti berpesan bahwa bijaklah dalam mengambil sikap dan memutuskan sesuatu, orang yang sok tau dengan segala hal yang ia ucapkan namun kosong dan tidak berdasarkan pengetahuan akan cenderung lebih merugikan khalayak.

  1. Jika sudah pada waktu yang tepat, Allah pasti akan mengabulkan doa doa kita karena Allah lebih mengetahui apa yang Kita butuhkan dibanding apa yang kita inginkan.

Gus Baha dalam kutipan diatas menyampaikan bahawa kita harus senantiasa bersabar dan bertawakal terhadap ketetapan Allah, selalu berbaik sangka terhadap ketentuan nya. Terkadang manusia berdoa untuk apa yang ia inginkan sedangkan Allah SWT lebih mengetahui apa yang ia butuhkan dan apa yang terbaik untuk hambanya.

  1. Untuk Seseorang yang mempunyai jasa dalam hidup kita saja akan sebegitu cinta, bagaimana jika kita menerapkan Hal tersebut pada Allah SWT, Tuhan yang sangat berjasa dalam hidup kita.

Kata kata sederhana yang begitu kaya akan makna seperti kutipan diatas.Terkadang kita lupa bahwa begitu indah Allah mengatur segala sesuatu dalam hidup sehingga kita sebagai hamba lupa bahwa Allah begitu banyak berjasa pada kita dan terkadang pula kita menjadi lalai karenanya. Gus Baha dalam kutipan diatas seperti berpesan bahwa kita harus senantiasa mengingat Allah SWT dalam hidup kita.

  1. Belajar tanpa adanya guru merupakan suatu kegiatan yang dapat berbahaya tanpa arah.

Guru berperan sebagai pengarah dan pelorus ilmu yang kita dapatkan, tanpa seorang guru meskipun kita mengetahui secara teori tentu saja tidak ada yang akan mengarahkan kita sehingga kita berkemungkinan akan tersesat dalam belajar dan hal tersebut adalah suatu hal yang cukup berbahaya.

  1. Jikalau malaikat nantinya datang mengabarkan berita bahwa saya akan berada di neraka selamanya, akanksh sy berhenti menyembah Allah SWT ? Tentu tidak, saya akan senantiasa menyembah Allah SWT.

Tidak ada yang tidak mungkin untuk Allah SWT, Gus Baha seperti mengajarkan kita bahwa kita tidak boleh berputus asa atas rahmat Allah SWT karena sejatinya ia yang menguasai takdir manusia dan sesungguhnya ia maha pengampun dan maha rahmat.

  1. Dirimu tidak perlu risau akan perihal rezeki. Semenjak Allah SWT menciptakan langit bumi seisinya, menjamin makanan pada segala makhluk ciptaannya dan sampai sekarang belum lah habis, maka apalagi yang harus kamu khawatirkan.

Kita sebagai manusia wajib percaya dan yakin bahwa Allah SWT telah menjamin rezeki kita bahwa sejak penciptaan langit dan bumi, jadi tidak ada alasan untuk merasa khawatir akan hal tersebut.

Demikianlah beberapa kata kata bijak yang bikin adem yang pernah diucapkan oleh Gus Baha. Semoga dapat memotivasi kita semua untuk melakukan banyak kebaikan dan hal bermanfaat.