Orang yang Meriwayatkan Hadits Disebut Rawi

Orang yang Meriwayatkan Hadits Disebut? Rawi- Dalam ilmu hadits ada istilah-istilah yang mesti diketahui, salahsatunya adalah Rawi. Perawi adalah informan atau orang yang menyampaikan redaksi matan satu hadits.

Orang yang Meriwayatkan Hadits Disebut? Rawi

Beberapa istilah dalam ilmu hadits sebagai berikut:

  • Ilmu musthalah hadits. Yaitu suatu ilmu yang mempelajari seluk beluk sanad dan matan hadits.
  • Hadits. Segala hal yang dinisbatkan kepada nabi Muhammad SAW. Baik perkataan, perbuatan, persetujuan, ketetapan dan sifat.
  • Khabar. Dalam bahasa Indonesia kita sering mendengar kabar. Yaitu segala informasi yang bukan hanya datang dari nabi. Tapi bisa datang dari sahabat atau thabiin
  • Atsar segala berita/informasi yang bukan berasal dari nabi tapi berasal dari sahabat atau thabiin.
  • Matan adalah isi redaksi hadits yang disampaikan oleh rawi
  • Sanad adalah rangkaian informan (perawi) yang ditulis dari ujung sampai kepada nabi.

Nama-nama perawi hadits yang menulis kitab dan terkenal

Sesungguhnya banyak nama perawi hadits, tapi yang sudah tidak asing bagi sarjana muslim dan kitabnya jadi rujukan ada 9 Ulama hadits.

berikut adalah nama namaperawi hadits ahlu sunnah wal jamaah.

  1. Imam Al Bukhari, Sudah tidak asing di telinga kita. Siapa Nama lengkapnya?
    Abu Abdillah Muhammad bin Ismail al-Bukhari, Beliau lahir tahun 194 H dan meninggal pada tahun 256 H. Kitabnya Shahih Bukhari, sudah menjadi rujukan semua ahli fiqh dan ahli hadits.
  2. Imam Muslim, Sama seperti Imam Bukhori, Imam muslim adalah penulis kitab yang cukup mashur. Siapa nama lengkapnya?
    Abul Hasan Muslim bin Hajjaj bin Muslim bin Warad bin Kausyaz Al Qusyairi An Naisaburi, Beliau lahir pada tahun 204 H dan wafat pada tahun 262 H. Kitabnya Shahih Muslim, sudah menjadi rujukan semua ahli fiqh dan ahli hadits.
  3. Imam At Tirmidzi, Nama Beliau adalah: Abu Isa Muhammad bin Isa bin Saurah at-Tirmidzi , Kitab beliau adalah: Sunan At-Tirmidzi, lahir dan wafat pada tahun 209-279 H.
  4. Imam Abu Dawud, Nama Beliau adalah Abu Dawud Sulaiman bin Al-Asy’ats As-Sijistani, kitab Beliau adalah Sunan Abu Dawud, lahir dan wafat pada tahun 202-275 H.
  5. Imam Ibnu Majah, Nama beliau adalah: Abu Abdullah Muhammad bin Yazid bin Abdullah bin Majah Al Quzwaini, Kitab Beliau adalah Sunan Ibnu Majah, lahir dan wafat pada tahun 209-273.
  6. Imam An Nasa’i, nama beliau adalah: Ahmad bin Syu’aib Al Khurasany, Kitab Beliau adalah Sunan an-Nasa’i, lahir dan wafat pada tahun 215-303 H.
  7. Imam Malik, Nama Beliau adalah: Malik ibn Anas bin Malik bin ‘Amr al-Asbahi, Kitab Beliau adalah Al Muwatta, lahir dan wafat pada tahun 93-179 H. Imam malik dikenal juga sebagai imam Mazhab Fiqh yaitu mazhab Maliki
  8. Imam Ahmad Bin Hanbal, Nama Beliau adalah: Ahmad bin Muhammad bin Hambal bin Hilal bin Asad Al Marwazi Al Baghdadi/ Ahmad bin Muhammad bin HanbalKitab Beliau adalah Musnad Ahmad, lahir dan wafat pada tahun 164-241 H. Imam Ahmad dikenal juga sebagai imam Mazhab Fiqh yaitu mazhab Hambali.
  9. Imama Ad Darimi, Nama Beliau adalah: Abdullah bin Abdurrahman bin al Fadhl bin Bahram bin Abdush Shamad, Kitab hadits beliau adalah Sunan Ad Darimi, lahir dan wafat pada tahun 181-255 H.

Baca Juga:

matan adalah,
ilmu yang membahas para perawi hadis disebut,
rawi adalah,
orang yang menerangkan sanad suatu hadis disebut,
sanad adalah,
matan hadits adalah