close

Surah Ar – Rahman Diturunkan Setelah Surah​

surah Ar – rahman diturunkan setelah surah​

Pertanyaan:

Surah Ar-Rahman diturunkan sehabis surah?

Jawaban:

Ar-Ra’du

Penjelasan:

Surah Ar-Rahman diturunkan setelah surah Ar-Ra’du, surah Ar-Rahman termasuk surat makkiyah, & terdiri atas 78 ayat.

#Ayo berguru

surah Ar Rahman diturunkan sehabis surah​

Jawaban:

ar-ra’du and ar rahman

Penjelasan:

supaya menolong

Jan lupa follow

  • jadikan tanggapan terbaik

Surah ar-rahman terdiri dr …..surat

surah Ar Rahman terdiri dr 1 surah 78 ayat & surah yg ke 55 didalam Al-Alquran & tergolong surah makkiyah.

Surah Ar rahman adalah surah yg ke…​

Jawaban:

surah ke 55 dlm Al Qur’an

tafsir surah ar rahman

Tafsir Surat Ar-Rahman, ayat 1-13

– October 22, 2015

الرَّحْمَنُ (1) عَلَّمَ الْقُرْآنَ (2) خَلَقَ الإنْسَانَ (3) عَلَّمَهُ الْبَيَانَ (4) الشَّمْسُ وَالْقَمَرُ بِحُسْبَانٍ (5) وَالنَّجْمُ وَالشَّجَرُ يَسْجُدَانِ (6) وَالسَّمَاءَ رَفَعَهَا وَوَضَعَ الْمِيزَانَ (7) أَلا تَطْغَوْا فِي الْمِيزَانِ (8) وَأَقِيمُوا الْوَزْنَ بِالْقِسْطِ وَلا تُخْسِرُوا الْمِيزَانَ (9) وَالأرْضَ وَضَعَهَا لِلأنَامِ (10) فِيهَا فَاكِهَةٌ وَالنَّخْلُ ذَاتُ الأكْمَامِ (11) وَالْحَبُّ ذُو الْعَصْفِ وَالرَّيْحَانُ (12) فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ (13)

(Tuhan) Yang Maha Pemurah, Yang sudah mengajarkan Al-Qur’an. beliau membuat insan. Mengajarnya berakal berbicara. Matahari & bulan (beredar) berdasarkan perhitungan. Dan berkembang-tumbuhan & pohon-pohonan kedua-duanya tunduk terhadap-Nya. Dan Allah telah meninggikan langit & dia menaruh neraca (keadilan). Supaya ananda jangan melampaui batas perihal neraca itu. Dan tegakkanlah timbangan itu dgn adil & janganlah ananda meminimalkan neraca itu. Dan Allah telah meratakan bumi untuk makhluk-(Mya), di bumi itu ada buah-buahan & pohon kurma yg memiliki kelopak mayang. Dan biji-bijian yg berkulit & kembang-kembang yg harum baunya. Maka nikmat Tuhanmu yg manakah yg ananda dustakan?
Allah Swt. menceritakan tentang karunia & rahmat-Nya pada makhluk-Nya, bahwa dia telah menurunkan pada hamba-hamba-Nya Al-Qur’an, & membuat lebih mudah penghafalan & pemahamannya bagi orang yg dirahmati-Nya. Untuk itu Allah Swt. berfirman:

Baca Juga:  √ Surat At Tin Ayat 1-8, Dilengkapi Tulisan Arab dan Latin serta Artinya

الرَّحْمَنُ. عَلَّمَ الْقُرْآنَ. خَلَقَ الإنْسَانَ. عَلَّمَهُ الْبَيَانَ

(Tuhan) Yang Maha Pemurah. Yang telah mengajarkan Al-Qur’an. dia membuat insan. Mengajarnya pandai berbicara. (Ar-Rahman: 1-3)
Menurut Al-Hasan, yg dimaksud dengan al-bayan ialah mengatakan. 
Ad-Dahhak & Qatadah serta selain keduanya mengatakan kebaikan & kejelekan. 
Tetapi pertimbangan Al-Hasan dlm hal ini lebih baik & lebih besar lengan berkuasa karena konteks ayat membicarakan pengajaran Al-Qur’an, yg pada dasarnya merupakan menunaikan bacaannya. Dan bergotong-royong hal tersebut mampu terlaksana (terwujudkan) bila Allah menimbulkan makhluk-Nya pintar mengatakan, & dimudahkan-Nya untuk mengeluarkan suara abjad dari makhraj-nya masing-masing, yakni dr halaq & lisan serta kedua bibir dgn aneka macam macam makhraj dan perbedaannya.