close

Jam Berapa Sholat Istighosah

Jam berapa sholat istighosah

biasanya sesudah solat magrib yg lebih afdol

niat sholat istighosah

Ushalli sunnatal istighosah rakataini lillahii taalaa
#semoga menolong
#tolong dijadikan balasan terbaik

niat sholat Istighosah

Soal :

Niat sholat Istighosah

—————————-

Jawaban

PENDAHULUAN

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Seperti yang tercantum dalam Al-Anfal ayat 9, Allah SWT menyerukan kita sebagai hamba-Nya untuk memohon bantuan-Nya melalui salat istighosah, sebagai bentuk pengakuan bahwa hanya Allah-lah yang mampu memberikan pertolongan sejati.

Kata “istighosah” memiliki akar kata dari bahasa Arab yaitu “al-ghauts” yang berarti pertolongan. Dalam tata bahasa Arab, istilah “istif’aal” yang mengikuti pola kalimat istighosah, menandakan bahwa itu adalah sebuah permohonan atau doa yang dilakukan dengan harapan untuk memperoleh pertolongan dari Allah SWT. Dengan demikian, salat istighosah adalah bentuk pengakuan kita sebagai hamba-Nya yang lemah dan butuh pertolongan dari Sang Pencipta yang Maha Kuasa.

Ketika kita menggunakan pola istif’al pada kata “غُفْرَان” yang berarti ampunan, maka menjadi “اِسْتِغْفَار” yang artinya memohon ampunan. Begitu pula dengan kata “الغَوْث” yang berarti pertolongan, ketika diikuti pola istif’al menjadi “اِسْتِغْثَاء” atau istighosah yang bermakna meminta pertolongan. Jadi, salat istighosah merupakan tindakan memohon pertolongan kepada Allah SWT sebagai bentuk pengakuan atas kelemahan dan keterbatasan kita sebagai hamba-Nya.

Istighosah pada dasarnya adalah sebuah doa bersama yang dilakukan oleh umat muslim dengan tujuan memohon pertolongan dari Allah SWT di saat-saat sulit dan penuh tantangan. Salat istighosah dilakukan ketika umat muslim berada dalam situasi penting yang memerlukan pertolongan dari Sang Pencipta, sehingga dengan berdoa bersama-sama, mereka dapat menguatkan iman dan memperoleh kekuatan dari Allah SWT untuk menghadapi segala cobaan dan ujian hidup.

Baca Juga:  13 Keutamaan & Manfaat Pentingnya Niat dalam Fiqh Pemahaman Islam

Salat istighosah sering kali diiringi dengan salat hajat yang keduanya memiliki tujuan yang sama yaitu memohon pertolongan dari Allah SWT. Bahkan, Rasulullah SAW sendiri pernah menganjurkan umatnya untuk melaksanakan salat sunnah dua rakaat guna memohon pertolongan dari-Nya. Dalam pelaksanaannya, salat istighosah dan hajat menjadi sebuah amalan yang memberikan kekuatan bagi umat muslim untuk memperkuat iman dan mendekatkan diri pada Sang Pencipta di dalam setiap keadaan.

Halo adik-adik para pejuang pencari ilmu, bagaimana kabarnya ?. kali ini Insha Allah kakak akan menolong menjawab pertanyaan adik-adik diatas yakni “niat sholat istighosah” . adik-adik abang belum pernah mendenganr ada sholat istighosah, tetapi dengan-cara arti istghosah yakni meminta tunjangan pada ALLAH, maka bila kita ingin meminta bantuan pada ALLAH kita mampu melakukan sholat hajat. Yuk langsung saja kita diskusikan !

PEMBAHASAN

Istighosah mempunyai arti meminta perlindungan ALLAH tatkala mengalami kondisi yg sulit, atau menghadapi suatu permasalahan supaya ALLAH Azza wa jalla menawarkan pemberian pada kita lewat cara-cara yg IA kehendaki.

Dalam surat Al-Anfal ayat 9 disebutkan:

إِذْ تَسْتَغِيثُونَ رَبَّكُمْ فَاسْتَجَابَ لَكُمْ

“(Ingatlah wahai Muhammad), tatkala ananda memohon dukungan pada Tuhanmu kemudian ia mengabulkan permohonanmu.” (QS Al-Anfal:9)

Biasanya Istighosah ini dilakukan dgn car berdzikir bahu-membahu, menganggungkan ALLAH & membaca ayat-ayat fadhilah, serta doa supaya hajat kita dikabulkan. Namun meminta bantuan ALLAH pula bisa dilakukan dgn sholat Hajat. Hal ini didasari oleh hadist nabi :

” Barangsiapa berwudhu & menyempurnakannya, kemudian melaksanakan sholat dua raka’at dgn sempurna maka Allah Ta’ala memberi apa saja yg ia minta, baik secepatnya maupun lambat.” (HR. Ahmad)

Sholat hajat dijalankan seperti sholat pada umumnya, dgn niat didalam hati untuk sholat hajat. Bila dilafadzkan “usholi sunattan hajat Lillahi Ta’ala” yg artinya ya ALLAh saya niat sholat sunnah hajat 2 rakaat alasannya engkau”. Kemudian setelah salam berdoa pada ALLAh supaya dikabulkan hajat kita.

Baca Juga:  Pengertian Niat Menurut Para Ahli Islam & Fiqh

KESIMPULAN :

Sholat hajat dilaksanakan seperti sholat kebanyakan, dgn niat didalam hati untuk sholat hajat. Bila dilafadzkan “usholi sunattan hajat Lillahi Ta’ala” yg artinya ya ALLAh saya niat sholat sunnah hajat 2 rakaat karena engkau”. Kemudian setelah salam berdoa pada ALLAh supaya dikabulkan hajat kita.

PELAJARI LEBIH LANJUT

Demikian jawaban abang, gampang-mudahan mampu membantu, nah adik-adik untuk soal-soal perkara agama lain, adik-adik mampu cek link dibawah ini yaa. Insha ALLAH jawaban-jawabannya khair karena sudah terverifikasi oleh team rizalhadizan . cekidot !

Cakupan makna ulil amri yakni

cek di sini https://rizalhadizan.com/peran/7876243

Jelaskan isi kandungan surat al-hajj ayat 1-2!

cek di sini https://rizalhadizan.com/tugas/8486080

Apa isi kandungan surah al ahzab ayat 32-33 selaku perintah pertama menutup aurat?

cek di sini https://rizalhadizan.com/tugas/7756417

Oke adik adik Semangat!!!

#optitimcompetition

………………………………………………………………………………………………………………………………………………

DETAIL JAWABAN

Kelas : XI

Pelajaran : Agama

Kategori : Bab 1 – Al-Qur’an sebagai Pedoman Hidup

Kata Kunci : niat sholat hajat & istighosah

Kode : 11.14.1

Bagai mana suara niat sholat istighosah

Jawaban:

إِذْ تَسْتَغِيثُونَ رَبَّكُمْ فَاسْتَجَابَ لَكُمْ

Artinya :

“(Ingatlah wahai Muhammad), tatkala ananda memohon tunjangan pada Tuhanmu kemudian ia mengabulkan permohonanmu” (QS Al Anfal : 9)

Apakah istighosah itu sholat?

bukan,istighosah itu semacam berdoa bareng