close

Poster Pendidikan Bagus untuk Kampanye di Sekolah

Poster adalah suatu bentuk publikasi yang menggabungkan teks dan gambar untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat. Salah satu jenis poster yang sering kita jumpai adalah poster pendidikan.

Jika kamu sedang mencari inspirasi untuk membuat poster pendidikan, mari baca contoh-contoh yang ada dalam artikel ini.

Berikut adalah beberapa contoh poster pendidikan yang keren dan menarik. Dalam kehidupan sehari-hari, kita sudah familiar dengan poster.

Ya, poster sering dipasang di ruang-ruang publik untuk berbagai tujuan, seperti kampanye dan iklan layanan masyarakat. Poster terdiri dari selebaran grafis yang mengandung gambar dan teks yang menyampaikan informasi kepada masyarakat. Terdapat berbagai jenis poster dengan tujuan yang berbeda-beda. Poster pendidikan biasanya dibuat untuk memberikan kesadaran dan motivasi pada masyarakat tentang pentingnya pendidikan.

Apa itu Poster Pendidikan?

Poster pendidikan adalah karya seni atau desain grafis yang menggabungkan gambar dan tulisan dengan tujuan untuk memberikan informasi dan pengetahuan kepada masyarakat dengan berbagai bentuk dan ukuran. Berbeda dengan poster untuk keperluan bisnis, poster pendidikan tidak memiliki tujuan komersial. Karena tidak memiliki tujuan komersial, poster pendidikan biasanya menggunakan bahasa yang jelas dan singkat, sehingga mudah dipahami oleh masyarakat.

Menurut buku “Mahir Menulis Kreatif Teks Iklan, Semboyan dan Poster” (2020), ada beberapa aturan bahasa untuk poster, yaitu:

  1. Bahasa yang digunakan harus persuasif.
  2. Bahasa tidak boleh memuat isu SARA.
  3. Bahasa harus sesuai dengan tema.
  4. Berisi pemberitahuan, berukuran besar, dan dipajang di tempat umum.
  5. Gambar lebih dominan dibandingkan teks.
Baca Juga:  Latar Belakang Perang aceh Versus Portugis Dan Voc

Apa Kegunaan Poster Pendidikan?

Sebagai media informasi Poster pendidikan juga dapat dipergunakan sebagai media informasi bagi masyarakat.

Misalnya, jika ada kegiatan-kegiatan sekolah yang akan dilaksanakan, maka poster pendidikan dapat digunakan untuk memberikan informasi terkait tanggal, waktu, dan lokasi kegiatan tersebut.

Dengan begitu, masyarakat akan mudah mengetahui serta mengikuti perkembangan-perkembangan terkait kegiatan-kegiatan sekolah, antara lain:

  1. Memberikan Edukasi: Poster pendidikan ditujukan untuk mengedukasi masyarakat mengenai suatu topik tertentu, seperti poster “buanglah sampah pada tempatnya” atau “jaga dan lestarikan budaya sendiri”.
  2. Sebagai Pengingat: Poster pendidikan juga dapat digunakan sebagai pengingat bagi masyarakat untuk melakukan suatu aktivitas yang baik, seperti poster “budayakan mengantri”.
  3. Memberikan Pesan: Poster pendidikan juga dapat membawa pesan-pesan positif dan inspiratif bagi masyarakat, seperti poster yang mempromosikan kepentingan pendidikan atau perilaku hidup sehat.
  4. Mempengaruhi Perilaku: Poster pendidikan juga dapat mempengaruhi perilaku masyarakat dalam melakukan sesuatu, seperti poster yang mempromosikan pentingnya menjaga lingkungan.

Apa Kelebihan dari Poster Pendidikan?

Di tengah popularitas edukasi melalui media digital seperti iklan layanan masyarakat di televisi, platform media sosial, dan sebagainya.

Nyatanya, poster pendidikan masih bisa ditemukan di beberapa lokasi publik, menunjukkan bahwa mereka memiliki keunggulan yang tidak terdapat pada media edukasi digital seperti iklan layanan masyarakat dan platform media sosial.

Berikut adalah beberapa keuntungan dari poster pendidikan yang perlu anda pahami.

  1. Sederhana dan mudah dipahami: Poster pendidikan menyajikan informasi dengan desain yang sederhana dan mudah dipahami, sehingga mudah diterima oleh masyarakat luas.
  2. Menyampaikan pesan secara langsung: Poster pendidikan memberikan pesan secara langsung dan tidak memerlukan proses decoding informasi yang rumit seperti media digital.
  3. Bisa dipajang di berbagai tempat: Poster pendidikan bisa dipajang di berbagai tempat, seperti ruang publik, sekolah, dan lainnya. Ini membuat poster pendidikan menjadi pilihan yang tepat untuk menyampaikan informasi yang bersifat edukatif.
  4. Mengingatkan secara halus: Poster pendidikan berfungsi sebagai pengingat secara halus bagi masyarakat untuk melakukan suatu aksi positif.
  5. Biaya produksi yang terjangkau: Produksi poster pendidikan lebih murah dibandingkan produksi media digital, seperti iklan layanan masyarakat di TV.
Baca Juga:  Surah Apakah Ini:

Apa Kekurangan dari Poster Pendidikan?

Berikut beberapa kekurangan dari poster pendidikan:

  1. Mahal Pembuatan poster pendidikan memerlukan biaya yang cukup tinggi, terutama jika membutuhkan desain yang kompleks dan menarik.
  2. Pemasangan yang terbatas Poster pendidikan biasanya hanya ditempatkan di beberapa tempat tertentu, seperti sekolah, kantor pemerintahan, atau fasilitas umum lainnya.
  3. Kurang interaktif Poster pendidikan tidak memiliki fitur interaktif seperti media digital lainnya, sehingga membatasi kemampuan untuk mengajukan pertanyaan atau berinteraksi dengan audiens.
  4. Cepat usang Poster pendidikan terpapar di luar ruangan dan rentan terpapar oleh sinar matahari dan cuaca buruk, sehingga cepat rusak dan perlu diganti secara berkala.

Contoh Poster Pendidikan

Sekarang saatnya kita memperhatikan beberapa contoh poster pendidikan yang dapat memberikan gambaran tentang bagaimana seharusnya poster pendidikan terlihat.

Contoh 1

Contoh 2

Contoh 3

Contoh 4

Contoh 5

Contoh 6

Contoh 7

Contoh 8

Contoh 9

Contoh 10

Contoh 11

Contoh 12

Contoh 13

Contoh 14

Contoh 15

Contoh 16

Contoh 17

Contoh 18

Contoh 19

Contoh 20

Diatas adalah informasi yang disampaikan mengenai beberapa contoh poster pendidikan yang menarik, kreatif dan menarik. Semoga bisa menjadi referensi bagi kamu saat membuat poster pendidikan. Jika kamu membutuhkan informasi edukatif lain, kamu dapat mengunjungi situs web rizalhadizan.com dan menemukan informasi di sana.