11 Film Tentang Wanita Berkarakter Cadas, Pintar dan Mandiri

Film tentang wanita berkarakter kuat, cerdas dan mandiri banyak bermunculan dua dekade ini.

Film-film ini hadir karena menguatnya pemahaman bahwa wanita, bukanlah sub-ordinat laki-laki alias setara di mata masyarakat dunia.

Nah, jika kamu sedang mencari film tentang wanita yang punya karakter kuat dan mandiri. Coba tonton deh 11 Film berikut ini, maaf ada spoiler dikit:

1. Film Tentang Wanita Mad Max: Fury Road (2015)

Sumber gambar: wikimedia

  • Rating di Imdb mendapat skor 8.1/10
  • Mendapatkan 6 Piala Oscars. 232 Penghargaan lainnya dan 219 nominasi film
  • Sutradara: George Miller
  • Penulis Skenario: George Miller, Brendan McCarthy
  • Para Pemain: Tom Hardy, Charlize Theron, Nicholas Hoult

Film tentang wanita yang mengisahkan Imperator Furiosa. Ia didaulat menjadi panglima perang, tapi ia berkhianat karena ingin menyelamatkan para wanita yang dijadikan budak seksual.

Di tengah perjalanan ia bertemu Max, mereka kemudian bekerja sama untuk kabur dari kejaran sang diktator.

Bagi saya film ini cukup mendebarkan dan menginspirasi, pasalnya aksi kejar-kejarannya seru banget dan juga Furiosa digambarkan sebagai sosok cadas dan punya jiwa kepemimpinan.

Pantesan dapet oscar, tonton deh.

2. Mulan (1998)

Sumber gambar: Wikimedia

  • Rating di Imdb mendapat skor 7.6/10
  • Sutradara: Tony Bancroft, Barry Cook
  • Penulis: Robert D. San Souci (kisah nyata), Rita Hsiao (penulis skenario)
  • Para Pemain: Ming-Na Wen, Eddie Murphy, BD Wong

Film tentang wanita kedua yaitu Mulan. Ia bukan generasi milenial, ia lahir di zaman dimana wanita dianggap lemah dan harus dilindungi.

Disaat yang sama, Ayah Mulan adalah prajurit tua yang pernah ikut berperang, ketika ayahnya tak bisa ikut berperang karena sakit.

Mulan kemudian berpura-pura menjadi pria lalu menggantikan ayahnya sebagai perwakilan keluarga.

Saya lahir di Indonesia di mana wanita digambarkan sebagai sosok yang penurut, kemayu dan lemah lembut.

Film Mulan ini seolah ingin membuktikan bahwa perempuan Asia bisa kok jadi sosok pemberontak, kuat secara fisik dan mental, bahkan menjadi panglima perang.

Oh iya, film ini terinspirasi dari kisah nyata loh, keren.

3. Erin Brockovich (2000)

Sumber gambar: wikimedia

  • Rating di Imdb mendapat skor 7.3/10
  • Sutradara: Steven Soderbergh
  • Penulis skenario: Susannah Grant
  • Para pemain: Julia Roberts, Albert Finney, David Brisbin

Film tentang wanita ini bergenre autobiografi, itu artinya berlatar belakang kisah nyata.

Menceritakan Erin Brockovic, sosok perempuan inspiratif yang berjuang mengungkap kebenaran tentang perusahaan PG&E yang merusak lingkungan dan menyebabkan kematian.

Saya pribadi menganggap film ini sangat powerful.

Ya gimana enggak? Seorang single parent yang memiliki 3 anak, serta tak punya pekerjaan tetap, berjuang melawan ke-dzalim-an sebuah perusahaan raksasa. Wow!!

4. Serenity (2005)

Sumber gambar: wikimedia

  • Rating di Imdb mendapat skor 7.9/10
  • Sutradara: Joss Whedon
  • Penulis Skenario: Joss Whedon
  • Para Pemain: Nathan Fillion, Gina Torres, Chiwetel Ejio

Film tentang wanita berjudul Serenity ini banyak memakai variasi sifat dan kelebihan perempuan, jadinya enggak satu narasi.

Ada Kylee yang manis tapi percaya diri, River yang bener-bener cadas dan Zoe yang punya jiwa kepemimpinan, wah banget lah.

5. Matilda (1996)

  • Rating di Imdb mendapat skor 6.9/10
  • Sutradara: Danny DeVito
  • Penulis: Roald Dahl (buku), Nicholas Kazan (skenario)
  • Para Pemain: Danny DeVito, Rhea Perlman, Mara Wilson

Matilda, film tentang wanita era 90-an, enggak bisa saya lupain karena sering tayang di tv nasional.

Bercerita tentang anak usia 12 tahun yang jenius dan dewasa. Ia lahir dalam keluarga yang “kurang terpelajar” dan apatis.

Untungnya ia bersahabat dengan gurunya yang cerdas dan peduli. Pesan yang mungkin ingin disampaikan dari film ini adalah bahwa;

Perempuan berhak cerdas, terpelajar dan memilih peran hidupnya.

 

6. The Harry Potter Series (2001-2011)

  • Sumber Gambar: Wikimedia
  • Rating di Imdb bervariasi
  • Penulis Buku: J.K Rowling
  • Para Pemain: Daniel Radcliffe, Rupert Grint, Ema Watson

Orang-orang pastinya udah pada tau sama film Harry Potter, tapi yang lupa disorot adalah karakter Hermionenya ini.

Sosok fiksi yang satu ini inspiratif banget.

Hermione ngajarin saya bahwa wanita itu bisa kok jadi pinter, berani dan cerdas, malahan kecerdasannya diatas rata-rata.

7. Pocahontas (1995)

Sumber Gambar: Wikimedia

  • Rating di Imdb mendapat skor 6.7/10
  • Sutradara: Mike Gabriel, Eric Goldberg
  • Penulis skenario: Carl Binder, Susannah Grant
  • Pengisi Suara: Mel Gibson, Linda Hunt, Christian Bale

Film tentang wanita Pocahontas, film animasi Disney berlatar belakang masa kolonial inggris di Amerika.

Menceritakan pertemuan seorang tentara inggris dengan anak pemimpin suku Indian Algonquin, kemudian tumbuhlah benih cinta diantara mereka.

Spoiler: Film ini menarik karena Pocahontas adalah sosok wanita petualang dan pemberontak tapi mampu menghentikan peperangan.

Ia pun lebih memilih menjadi pimpinan suku ketimbang menjadi kekasih pria yang yang dicintainya.

Wow banget, jarang-jarang ada film tentang wanita yang lebih pilih kekuasaan dibanding cinta, ye kan?

8. Wild (2014)

Sumber gambar wikimedia

  • Rating di Imdb mendapat skor 7.1/10
  • Sutradara: Jean-Marc Vallée
  • Penulis: Nick Hornby (Penulis Skenario), Cheryl Strayed (Catatan Harian berjudul “Wild: From Lost to Found on the Pacific Crest Trail”)
  • Para Pemain: Reese Witherspoon, Laura Dern, Gaby Hoffmann

Wild adalah film biografi bergenre drama adventure yang menceritakan seorang wanita bernama Cheryl Strayed yang memutuskan untuk keluar rumah untuk menjadi hiker di Pacific Crest Trail, dia melakukan itu mencari jati dirinya.

Karakter utama film ini membuktikan bahwa wanita bisa banget mandiri, berani dan kuat secara fisik.

Sedikit spoiler ya, banyak adegan seks jadi ketika nonton sebaiknya enggak bareng anak dibawah umur.

9. Kill Bill (2003)

Sumber gambar wikimedia

  • Rating di Imdb mendapat skor 8.1/10
  • Sutradara: Quentin Tarantino
  • Penulis Naskah: Quentin Tarantino
  • Para Pemain: Uma Thurman, David Carradine, Daryl Hannah

Kill Bill merupakan film tentang wanita bergenre aksi besutan sutradara terkenal Quentin Tarantino, bercerita tentang wanita yang memiliki nama samaran “Black Mamba”.

Ia ditembak mati oleh organisasi tempat ia dulu bekerja “Deadly Viper”. Empat tahun berlalu ternyata sang wanita selamat lalu memutuskan untuk membalas dendam kepada organisasi tersebut.

Film yang disutradai oleh Quentin Tarantino ini emang epik dan bikin gregetan. Mungkin karena karakter utamanya ini cadas banget. Wanita kuat, mandiri dan enggak minta bantuan “pangeran” buat balas dendam.

10. Joy (2015)

Sumber gambar wikimedia

  • Rating di Imdb mendapat skor 6.6/10
  • Sutradara: David O. Russell
  • Penulis: David O. Russell (skenario), Annie Mumolo (kisah nyata
  • Para Pemain: Jennifer Lawrence, Robert De Niro, Bradley Cooper

Satu lagi film tentang wanita bergenre biografi berjudul Joy. Ia perempuan yang baru bercerai, harus mengurus dua anak, ibunya memiliki gangguan jiwa, neneknya sudah tua serta mantan suaminya yang masih tinggal bersamanya.

Segala keterbatasan di atas tidak menyurutkan niatnya untuk menjadi seorang entrepreneur sukses.

Meskipun banyak rintangan atau kesulitan yang datang, dia tetap konsisten, pantang menyerah serta kuat menghadapi itu semua, sangat inspiratif.

11. Wonder Woman (2017

  • Rating di Imdb mendapat skor 7.5/10
  • Sutradara: Patty Jenkins
  • Penulis : Allan Heinberg (Skenariao), Zack Snyder (Komik)
  • Para Pemain: Gal Gadot, Chris Pine, Robin Wright

Wonder Woman, film tentang wanita yang cukup keren, soalnya pahlawan supernya perempuan.

Banyak banget dominasi film Hollywood bergenre aksi “super hero” tapi pemeran utamanya laki. Kayaknya ini satu-satunya deh film aksi “super hero” yang karakter utamanya wanita. Wajib tonton!

Penutup

Film tentang wanita berkarakter kuat, mandiri, cerdas memang tidak terlalu banyak. Namun, meski film-film tersebut masih sedikit, harusnya sih bisa menghilangkan stereotype tentang wanita.

Kalau kamu punya rekomendasi film lain, yang karakter utamanya wanita, silahkan komentar yaa.

Comments are closed here.

Temukan kami di :
Butuh Bantuan ?

Form Whatsapp Order!

×

Harga :
Sub Total
*Belum termasuk Ongkos kirim
Total

Form Bantuan Whatsapp!

×