close

√ Lima Contoh Berbuat Baik Kepada Diri Sendiri Adalah

Sebutkan 5 contoh berbuat baik kepada diri sendiri​

  1. Makan makanan halal agar tubuh tetap sehat
  2. Jangan makan makanan yang memberikan citra negatif pada tubuh, selalu bersikap baik dan optimis dalam melakukan sesuatu
  3. Jangan memaksakan diri untuk terlihat sempurna di depan orang lain untuk berbohong dan menyiksa diri sendiri.
  4. Jangan bunuh diri
  5. Berlatihlah melakukan aktivitas terpuji untuk mendapatkan lebih banyak efek positif

Pembahasan 5 contoh berbuat baik kepada diri sendiri​

Tindakan yang dihargai memiliki dampak positif dalam kehidupan. Di sisi lain, perilaku memalukan memiliki dampak negatif pada kehidupan. Oleh karena itu, kita harus selalu berlatih melepaskan tindakan yang tergolong tindakan terpuji dan ofensif. Yuk simak 5 tips berbaik hati pada diri sendiri

1. Bicaralah dengan baik pada diri sendiri

Pikirkan tentang bagaimana Anda berbicara dengan orang yang Anda cintai dan sayangi, kemudian gunakan cara yang sama untuk berbicara dengan diri sendiri. Hati-hati dengan suara hati Anda, jadilah teman yang baik untuk suara hati Anda daripada menghina atau meremehkan Anda. Ini akan membantu Anda pulih dan mengatasi masalah dengan lebih baik.

2. Belajar bersyukur

Kita sering menemukan bahwa orang yang bersyukur dan menghargai apa yang diberitahukan sering kali menjalani kehidupan yang lebih bahagia. Itu bisa dimulai dari hal-hal kecil yang Anda ketahui. Anda dapat memberi tahu teman kencan Anda kepada orang-orang di rumah atau menuliskannya sebagai buku harian. Fokus pada hal-hal positif yang terjadi di hari Anda. Memikirkan kembali kehidupan sehari-hari Anda dan mencari hal-hal positif akan memperkuat kebahagiaan Anda.

3. Bersikap baik kepada orang lain

Tindakan kecil dapat berdampak besar pada orang-orang di sekitar Anda, seperti tersenyum pada seseorang atau membiarkan orang lain mengantre terlebih dahulu. Berbuat baik kepada orang lain meningkatkan kebahagiaan dalam diri Anda dan pada saat yang sama Anda dapat mencerahkan hari orang lain.

4. Renungkan hidup setiap hari (evaluasi)

Luangkan waktu untuk diri sendiri setiap hari untuk merenungkan apa yang terjadi dalam hidup Anda dan bagaimana perasaan Anda. Duduk dan berpikir selama beberapa menit atau menulis dalam jurnal dapat membantu Anda memproses pikiran dan perasaan dengan lebih baik dan mengatasi masalah dengan lebih baik.

5. Perawatan diri

Penting untuk mengikuti rutinitas harian yang sehat untuk menjaga diri sendiri. Anda dapat melakukan hal-hal seperti sarapan, merencanakan apa yang ingin Anda makan, berolahraga, dan melakukan hal-hal lain yang Anda sukai.

Jadi, inilah beberapa tips yang bisa Anda coba untuk bersikap baik pada diri sendiri. Ya, tapi jangan lupa untuk berbuat baik kepada orang lain.

Baca Juga:

Contoh Amal Kebaikan Menurut Ajaran Islam

Dikutip dari buku Muslim Mirror karya MI Helmy (2020) Manusia adalah makhluk ciptaan Allah SWT dan memiliki nilai yang lebih unggul dibandingkan dengan makhluk semesta lainnya. Ini karena orang diberkahi dengan martabat dan kebajikan khusus, yaitu akal. Sebagai makhluk berakal, kita harus bisa membedakan perbuatan baik dan buruk. Menurut ajaran Islam, contoh perbuatan baik yang harus Anda ketahui adalah:

  • Memberikan harta benda kita, uang atau makanan kepada mereka yang membutuhkan.
  • Memberi makan hewan dan menyirami tanaman
  • Salam dari orang-orang ramah yang Anda kenal
  • Menghormati orang, terutama yang hebat
  • Bicaralah dengan sopan dan hindari kata-kata kasar
  • Bantu orang tua bekerja
  • Membantu orang yang bermasalah
  • Menerapkan ilmu kepada orang lain
  • Selalu bersyukur dalam keadaan apapun
  • Selalu jaga kebersihan rumah dan di mana-mana

Ini adalah contoh perbuatan baik menurut ajaran Islam. Pada dasarnya, masih banyak praktik baik yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Perbuatan baik yang kita lakukan harus dilakukan karena Allah hanya dengan keikhlasan dan keikhlasan agar mendapat pahala dan pahala.

Apa itu perilaku yang baik? Sikap ini mengacu pada segala sesuatu yang menunjukkan nilai positif. Dalam konteks agama, perbuatan baik dihargai dengan imbalan.

Sedangkan dalam konteks kehidupan bermasyarakat, perbuatan baik adalah perbuatan yang bermanfaat bagi orang lain. Contoh perilaku baik yang kita tetapkan setiap hari akan mempengaruhi bagaimana lingkungan di sekitar kita merespon kita. Orang baik selalu dikenal dan dicintai, orang jahat selalu dibenci.

Lawan dari pekerjaan yang baik adalah pekerjaan yang buruk atau buruk. Dan seperti terang dan gelap, mereka berlawanan satu sama lain. Nilai kebaikan selalu berlaku.

Orang yang mendukung sikap yang baik juga menemukan teman yang baik. Karena pada dasarnya manusia selalu membutuhkan kebaikan, maka hal ini menjadi fitrah atau fitrah manusia.

Baca Juga:  Firman Jangan Berharap Balasan Siapapun

Berbuat baik dapat disertai dengan mengajak orang lain untuk melakukan hal yang sama atau lebih. Karena yang namanya karya yang baik harus disebarluaskan tidak hanya pada level individu tetapi juga kepada orang lain.

Di antara dua kasus atau lebih, kita perlu melihat kembali seberapa berguna untuk memutuskan kesimpulan mana yang lebih baik.

Karena mengetahui bahwa kebaikan membawa manfaat, hidup menjadi tentram dan damai.

Contoh perbuatan baik

Nah, pada kesempatan kali ini, Mimin Kosongosa mencoba merangkum beberapa contoh sikap baik yang bisa kita tunjukkan dalam kehidupan sehari-hari, yang terbagi dalam beberapa aspek, yaitu sebagai berikut.

1. Terima kasih Tuhan untuk hadiahnya. Karena dengan rasa syukur, kita bisa mengerti bahwa semua yang kita terima hari ini adalah berharga. Dengan rasa syukur, kita bisa mengubah persepsi sukses tidak selalu berdasarkan seberapa banyak harta dan materi yang kita miliki, tetapi seberapa berguna kita bagi orang lain.

2. Menunggu dengan sabar untuk menghadapi masalah yang muncul. Dengan kesabaran, maka dengan pikiran yang tenang, kita akan menyelesaikan semua masalah. Kesabaran membawa hal-hal baik.

3. Memberikan uang kepada orang miskin. Ini adalah salah satu amal baik yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari bagi mereka yang sangat membutuhkan uang atau bantuan. Kita bisa membantu teman sekolah, tetangga, anak yatim, anak jalanan dan orang-orang yang sangat membutuhkan.

4. Donor darah secara rutin. Kami berkontribusi untuk kemanusiaan dengan menyumbangkan darah kami untuk Palang Merah Indonesia. Suplai darah sangat penting untuk keselamatan seseorang. Donor darah tidak hanya baik untuk kemanusiaan, tetapi membuat kita tetap sehat selama itu baik

5. Membantu orang tua yang menyeberang jalan. Mungkin kita mendapat pendidikan kewarganegaraan dan pancasila dimana guru melakukan banyak perbuatan baik seperti membantu orang tua menyeberang jalan. Ketika Anda menemukan orang tua yang kesulitan berjalan, Anda dapat membantu mereka menggendongnya

6. Membantu mendorong mobil orang lain yang mogok di tengah jalan. Pernahkah Anda bertemu seseorang dengan masalah mobil di tengah jalan? Anda dapat berhenti sejenak dan mempertanyakan masalahnya. Jika mau, Anda dapat melakukan pekerjaan dengan baik yaitu mendorong kendaraan ke bengkel berikutnya atau membawanya ke bengkel.

7. Bersihkan paku, batu atau kaca di tengah jalan. Seringkali teman kosong melihat berbagai hal berbahaya di jalan dan dapat membahayakan pengguna jalan. Kita harus melakukan pekerjaan teladan dengan menghindari hal-hal ini sehingga tidak ada kecelakaan yang tidak kita inginkan.

8. Menjaga kebersihan dengan tidak memungut sampah. Ini adalah kebaikan terhadap alam dan lingkungan yang memberi kita kekayaan. Jadi, sebisa mungkin jangan merugikan dengan membuang sampah sembarangan. Mulailah menggunakan hal-hal yang ramah lingkungan dan hindari penggunaan plastik

9. Mencintai hewan dan tumbuhan adalah salah satu bukti bahwa manusia adalah makhluk yang baik untuk semua spesies di bumi ini. Jangan merusak dan mengeksploitasi alam secara sewenang-wenang

10. Selalu tersenyum dan ramah kepada orang lain. Meski perbuatan baik dengan senyuman dan persahabatan hanya terlihat dari luar, ini adalah awal yang baik untuk saling menghormati dan dicintai oleh orang lain.

11. Mengajarkan anak-anak kurang mampu tentang mata pelajaran umum, seperti membaca, menulis dan matematika. Jadi Anda berperan dalam pendidikan dan menjadi pahlawan bagi mereka untuk melanjutkan hidup mereka

12. Berolahraga keras dan makan makanan yang seimbang agar tubuh tetap sehat. Ini adalah semacam amal baik untuk diri sendiri karena Anda menghargai dan mensyukuri kesehatan yang telah Tuhan berikan kepada Anda.

13. Penanaman pohon di sekitar pekarangan. Ini bagus untuk alam dan membuat lingkungan menjadi indah

14. Berikan akses hotspot theater kepada teman-teman yang membutuhkan akses internet. Karena saat ini kebutuhan akan internet juga sangat tinggi. Sahabat bisa berbagi tidak hanya dalam bentuk materi tetapi juga dalam bentuk akses internet.

15. Perawatan dan pengobatan hewan sekarat. Sebagai makhluk sosial kita memiliki tanggung jawab untuk memelihara dan merawat makhluk lain yang membutuhkan bantuan kita.

16. Penyiraman dan pemupukan di kebun. Air adalah salah satu hal baik yang dapat kita lakukan untuk tanaman karena merupakan elemen penting bagi tanaman dalam fotosintesis. Nanti kami sajikan hasil yang kami kumpulkan

17. Selalu menghargai dan menghormati orang lain yang berbeda pandangan dengan kita. Karena kita butuh toleransi dan toleransi untuk menjaga kerukunan

18. Jadilah orang yang sederhana dan tidak suka membuang-buang uang untuk hal-hal yang tidak perlu. Orang-orang seperti itu selalu bersyukur dan tidak mudah menghabiskan uang hanya untuk kebutuhan yang tidak mendesak.

19. Menghargai pemberian orang lain. Ada kalanya kita menerima bantuan atau diberi hadiah oleh orang lain. Oleh karena itu, sebagai orang baik, kita harus membandingkan hadiah dengan hadiah yang lebih baik dan menghargainya dengan mengucapkan terima kasih.

20. Selalu berani membela kebenaran apapun resikonya. Karena dia tahu bahwa setiap kebenaran harus selalu dijalankan dalam setiap aspek kehidupan.

Berkelakuan baik di sekolah

21. Mengikuti tata tertib sekolah yang telah ditetapkan. Setiap sekolah memiliki aturannya masing-masing dan semua siswa di dalamnya diharapkan untuk menghormati dan mengikuti aturan yang telah ditetapkan oleh sekolah. Oleh karena itu, teman-teman Kosongosan menjadi murid yang baik

22. Mengunjungi teman yang sakit. Hanya satu teman sekelas dari sekolah kami yang sakit dan dirawat di rumah sakit atau dirawat di rumah. Kita sesama mahasiswa berkewajiban untuk meminta dan menyemangatinya agar cepat sembuh

23. Pemberian beasiswa kepada anak yang pintar tapi lemah. Salah satu hal baik yang dapat kita lakukan untuk siswa yang kurang beruntung tetapi memiliki potensi untuk sukses di masa depan adalah membantu mereka dan memberikan mereka beasiswa sekolah. Ini adalah hal baik yang bisa kita lakukan sebagai pihak yang memiliki keuntungan materi.

24. Bantu pengganggu dan teman yang diganggu. Jangan biarkan perilaku buruk seperti bullying dan disiplin menjadi masalah umum di masyarakat anak sekolah. Jadi, jika Anda menemukan teman Anda menghadapi situasi seperti itu, Anda harus membantu mereka berdiri dan menyerah kepada pihak berwenang.

25. Selalu terapkan disiplin. Perilaku disiplin dapat digolongkan sebagai seseorang yang benar-benar menaati peraturan sekolah. Disiplin juga berarti bahwa Anda harus tepat waktu ke sekolah, dan Anda harus menahan diri dari kegiatan-kegiatan yang mencemarkan nama baik sekolah.

26. Belajar dengan giat. Karena sebagai mahasiswa, Anda memiliki tugas dan tanggung jawab untuk belajar dan belajar dengan baik. Karena itulah tujuan utama sekolahmu. Anda telah melakukan perbuatan baik untuk orang tua Anda yang bekerja keras untuk mengirim Anda ke sekolah dengan belajar keras.

27. Tidak menyontek atau menyontek selama ujian. Penipuan dan penipuan lainnya adalah salah satu sifat buruk yang harus dihindari. Untuk itu, kamu harus bekerja dengan sungguh-sungguh di setiap ujian berdasarkan kerja keras yang telah kamu lakukan sebelumnya

28. Menghormati guru dan staf sekolah. Menghormati guru berarti mendengarkan nasihatnya dan tidak berkelahi serta tidak membuat keributan di dalam kelas saat ia mengajar. Guru adalah wakil orang tua di sekolah dan wajib mematuhi undang-undang

29. Tidak ada suara di dalam ruangan selama pelajaran. Salah satu hal terbaik dan terpuji yang dapat Anda lakukan di kelas saat pelajaran sedang berlangsung adalah fokus mendengarkan guru dan tidak melakukan hal-hal negatif seperti membuat keributan atau tindakan tidak membantu lainnya.

30. Berpartisipasi aktif dalam organisasi ekstrakurikuler di sekolah. Orang-orang seperti pramuka, OSIS, PMR dan sebagainya bersikap positif.

Berkelakuan baik di masyarakat

31. Memenuhi tanggung jawab dengan setia. Dalam kehidupan sosial masyarakat, Anda berperan sebagai anggota kewajiban untuk menghormati aturan perlindungan lingkungan yang telah disepakati. Khususnya, ketika diangkat sebagai ketua RT, RW, atau lembaga perlindungan lingkungan lainnya, Anda harus menjalankan tugas dengan penuh integritas dan kejujuran.

32. Menghargai perbedaan hubungan sosial dalam situasi sosial dan budaya. Karena setiap keluarga memiliki latar belakang yang berbeda, apalagi Indonesia juga memiliki suku, bahasa, budaya dan adat istiadat yang berbeda di setiap daerah. Oleh karena itu, kita harus bisa menghargai perbedaan tersebut dan menjaga kerukunan

33. Tulus dan tanpa pamrih membantu tetangga yang kesulitan. Terkadang tetangga yang sedang menghadapi masalah seperti terlilit hutang, bahaya kematian, dan lain sebagainya. Kita dapat melakukan perbuatan baik dengan membantu mereka keluar dari masalah secara moral dan material

34. Menghubungkan hubungan antar anggota masyarakat. Sangat penting untuk menjaga kedekatan dan keharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat. Karena sebagai makhluk sosial kita pasti membutuhkan bantuan orang lain. Oleh karena itu, konsistenlah dalam menjaga persatuan dan persahabatan antar keluarga di daerahmu

35. Berpartisipasi secara gotong royong dengan warga untuk melakukan sesuatu. Indonesia merupakan negara yang paling kental dengan kegiatan gotong royong. Kegiatan ini biasanya dilakukan bersama pada hari libur seperti hari minggu. Mereka dapat secara aktif melakukan tugas-tugas seperti membersihkan sumur, memperbaiki jalan di gedung-gedung perumahan dan sebagainya.

36. Mengikuti kegiatan patroli malam sesuai jadwal yang telah ditentukan. Salah satu sistem perlindungan lingkungan di masyarakat kita saat ini adalah patroli malam. Patroli malam adalah kegiatan penjagaan yang dilakukan oleh anggota keluarga laki-laki dewasa sebanyak dua kali dalam semalam untuk mencegah terjadinya tindakan kriminal.

37. Menghadiri acara atau pesta yang diundang oleh warga untuk menghormati orang lain. Sebagai anggota masyarakat yang menghormati tetangga lain, kita harus menghadiri setiap undangan dari masyarakat setempat. Intinya harus tunjuk hidung untuk terus berkomunikasi di masyarakat

38. Pembayaran tepat waktu untuk biaya pembersihan, keamanan, dan biaya bulanan lainnya. Beberapa lingkungan telah menerapkan peraturan yang menetapkan berbagai biaya untuk keberlanjutan kehidupan sosial yang lebih baik. Seperti uang keamanan untuk membayar petugas keamanan, uang kebersihan untuk pengumpulan sampah, dll.

39. Jangan mengeluh tentang hal-hal yang tidak benar atau menghina tetangga yang dapat merusak nama baik keluarga. Tapi sebagai tetangga yang baik, kita harus bisa menjaga rahasia tetangga kita

40. Tidak mengganggu kenyamanan dan ketenangan orang-orang di sekitar rumah kita. Seperti menghindari musik yang keras, tidak bepergian di tengah malam, tidak menghidupkan kendaraan, dll.

Baca Juga:  Kata Sindiran Jangan Berharap Balasan Sama Selain Allah

Berkelakuan baik dalam keluarga

41. Rajin beribadah di rumah adalah salah satu hal baik yang bisa kita lakukan bersama anggota keluarga. Bagi Anda yang beragama Islam, di masa-masa sulit seperti sekarang ini, Anda bisa sholat berjamaah di rumah bersama keluarga.

42. Berbicaralah dengan baik dan sopan kepada ayah, ibu, saudara laki-laki dan perempuan. Salah satu ciri orang baik adalah selalu bersikap sopan dan tidak pernah mengucapkan kata-kata yang menyinggung. Begitu juga saat berinteraksi dengan anggota keluarga lainnya

43. Setia kepada orang tua. Contoh menunjukkan rasa hormat kepada orang tua adalah mendengarkan nasihat mereka, menyenangkan mereka dan memberi mereka hadiah yang mereka inginkan ketika kita sedang berpenghasilan. Dan kemudian menjadi tugas kita untuk merawat dan mencintai mereka.

44. Menyumbangkan uang ke panti asuhan dan panti jompo. Sebagai anggota keluarga dengan keluarga yang utuh, kita dapat berbuat baik dengan memberikan beberapa kebutuhan pokok kepada saudara-saudara kita di panti asuhan dan orang tua di panti jompo seperti sembako dan dana operasional.

45. Membersihkan tempat dan juga setiap ruangan. Karena kebersihan adalah bagian dari iman, menjadi orang yang bersih di rumah adalah salah satu amal kebaikan. Tidak perlu menunggu pembantu atau pembantu bersih karena masing-masing dari kita memiliki tanggung jawab sendiri untuk membersihkan kamar kita.

46. ​​Membantu anggota keluarga lainnya. Misalnya, Anda bisa membantu ibu memotong ikan, sayuran, atau mengupas bawang saat dia memasak. Atau kamu bisa memegang tangga dan contoh kecil lainnya yang sering dianggap remeh ketika ayah memperbaiki genteng

47. Jangan berbohong pada ibu dan ayah. Kita harus jujur ​​kepada setiap anggota keluarga. Misalnya, ketika meminta uang sekolah atau kebutuhan sekolah, kita harus memberi tahu jumlah uang yang benar-benar kita butuhkan tanpa menjumlahkan

48. Tidak ada diskriminasi bagi anggota keluarga. Sebagai keluarga yang harmonis, sebagai orang tua, Anda tidak boleh membeda-bedakan anak Anda atau membandingkannya dengan kakak laki-laki atau perempuan yang lebih baik dalam pendidikan, misalnya.

49. Jadilah contoh yang baik untuk anak-anak. Karena sebagai orang tua, kita adalah panutan yang diteladani oleh anak-anak dan panutan dalam kehidupan mereka.

50. Mengkomunikasikan dan mengajarkan beberapa hal penting kepada anak. Karena sebagai orang tua kita harus menjadi guru kehidupan bagi anak-anak kita. Dan jangan lupa untuk menjadi mitra percakapan mereka jika mereka memiliki masalah

Berperilaku baik di tempat kerja

51. Pergi bekerja tepat waktu. Setiap perusahaan memiliki aturan sendiri mengenai jam check-in dan check-out karyawan. Jadi jika Anda tidak ingin dihukum, Anda harus menghormatinya. Datang ke tempat kerja tepat waktu, atau bahkan lebih awal, adalah salah satu praktik terbaik di tempat kerja.

52. Membantu teman kantor dalam kesulitan. Setiap pekerjaan memiliki tantangannya masing-masing. Dan ketika Anda tahu teman Anda punya masalah, Anda bisa membantunya mengerjakan proyeknya.

53. Hormati atasan dan rekan kerja Anda. Anda mungkin menganggap rekan kerja Anda yang mungkin marah kepada Anda sebagai teman. Dan Anda dapat menganggapnya sebagai saudara perempuan junior atau sifat Anda, Anda harus menyukainya. Anda dapat menghormati atasan atau orang berpangkat tinggi

54. Menjaga nama baik perusahaan. Integritas reputasi adalah upaya kita untuk menghindari melakukan sesuatu yang melanggar hukum dan mencoreng reputasi perusahaan. Kami menghindari hal-hal ilegal dan negatif sebisa mungkin

55. Korupsi, kemitraan dan kekeluargaan. Karena tindakan ini mungkin tidak hanya merugikan perusahaan tetapi juga karir Anda di masa depan.

Bayangkan jika Anda melakukan ini dan tertangkap, Anda tidak hanya akan dipecat, tetapi Anda akan mendapatkan cap buruk dari perusahaan dan tidak ada perusahaan lain yang akan menerima Anda sebagai karyawan lagi.

56. Mengerjakan proyek sesuai tenggat waktu yang telah ditentukan. Menunda-nunda adalah salah satu hal baik yang harus Anda lakukan. Jangan sampai proyek yang menjadi tanggung jawab Anda terbengkalai dan tidak selesai tepat waktu

57. Tidak menggunakan fasilitas kantor untuk kepentingan pribadi. Kami sering melakukan ini dan menganggapnya biasa saja. Padahal setiap peralatan kantor seharusnya digunakan untuk bekerja dan bukan untuk kebutuhan pribadi

58. Bekerjalah dengan tulus dan penuh semangat. Selain itu, Anda harus bekerja secara efisien dan menganggap pekerjaan Anda sebagai pengabdian untuk membantu keluarga Anda.

59. Memelihara semua fasilitas yang disediakan oleh kantor. Karena kami sebagai karyawan hanya berhak menggunakan fasilitas tersebut, bukan untuk merugikan mereka, apalagi menyebabkan kerusakan dengan sengaja, misalnya mereka bisa menggantinya dengan yang baru.

60. Selalu memberikan masukan dan ide yang positif kepada perusahaan. Sebagai karyawan, kita bertanggung jawab untuk membawa perusahaan ke arah yang lebih baik dengan memberikan beberapa ide atau inovasi yang dapat digunakan perusahaan.

Kata-kata terakhir

berbuat baik kepada diri sendiri​ yaitu salah satunya denga berbuat baik kepada orang lain. Allah memerintahkan hamba-hamba-Nya untuk selalu berbuat baik kepada orang yang menganiaya mereka. Karena kita bisa berjuang dengan melakukan hal baik dan buruk. Kami berharap beberapa contoh perbuatan baik di atas dapat diterapkan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Kita memang tidak sempurna, tapi setidaknya kita sudah berusaha sebaik mungkin. Jika menurut Anda ulasan ini bermanfaat, silakan klik tombol bagikan di bawah ini dan bagikan artikel ini ke teman-teman Anda di media sosial. terima kasih