Jelaskan Keutamaan Sedekah pada Bulan Ramadhan

Jelaskan Keutamaan Sedekah pada bulan ramadhan? – Sebetulnya bersedekah itu dianjurkan kapanpun apalagi jika punya kelebihan di tenaga, pikiran, maupun harta.

Namun memang Rasulullah mengistimewakan bersedekah pada bulan Ramadhan karena momennya spesial. Sabda Rasulullah SAW riwayat Imam At-Tirmidzi berikut ini:

عَنْ اَنَسٍ قِيْلَ يَارَسُولَ اللهِ اَيُّ الصَّدَقَةِ اَفْضَلُ؟ قَالَ: صَدَقَةٌ فِى رَمَضَانَ

Artinya, “Dari Anas RA, sahabat bertanya, ‘Wahai Rasul, yang paling utama itu sedekah apa?
Rasul SAW menjawab, ‘Tentu saja bersedekah di bulan Ramadhan,’” (HR At-Tirmidzi). 

Dalam khabar, banyak yang menceritakan bahwa Rasulullah itu sangat murah hati suka memberi. Namun tatkala datang bulan ramadhan Rasulullah terlihat lebih-lebih dibanding bulan lainnya.

Yang menyaksikan kemurahan hati Rasulullah SAW di bulan Ramadhan adalah para sahabat.

(Orang Shaum) disarankan agar memperbanyak sedekah karena Nabi Muhammad merupakan yang paling suka bersedekah di Bulan Ramadhan. Siapapun yang mengerjakan kebaikan (secara umum) akan mendapat ganjaran amal kebaikan. Namun jika dikerjakan di bulan ramadhan maka akan dilipatgandakan dibandingkan ganjaran amal kebaikan yang dilakukan di luar bulan Ramadhan,”

(Syekh Ibrahim Al-Baijuri, Hasyiyatul Baijuri)

Jelaskan Keutamaan Sedekah pada bulan ramadhan – Apapun bentuknya bisa dikategorikan sedekah semisal uang, pikiran, maupun tenaga.

Pada akhirnya, apapun kontribusi dan kebaikan kita ketika dilakukan di ramadhan akan bernilai dua kali lipat dibanding kebaikan kita di bulan lain.

Karenanya, sebaiknya ambil kesempatan tatkala bulan Ramadhan untuk berbagi dan berbuat baik sebanyak-banyaknya. Wallahu a’lam.

11 Dalil-dalil Alquran dan Hadits Tentang Keutamaan Sedekah

1. Sedekah dapat menghapus dosa.

Rasul bersabda, “Sedekah bisa hapus dosa selayaknya air paadamkan api.” (HR. Tirmidzi)

2. Orang yang bersedekah akan mendapatkan perlindungan di hari akhir.

7 jenis manusia yang dapat perlindungan di hari akhir “Yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia sembunyikan amal itu bahkan sampai tangan kirinya tidak tau apa yang disedekahkan tangan kanannya.” (HR. Bukhari)

3. Datangnya keberkahan pada harta kita jika sering sedekah

“Harta kita tak akan berkurang dengan seringnya sedekah. Seorang hamba pasti akan Allah tambah kewibawaan baginya.” (HR. Muslim, no. 2588)

4. Pahala orang yang bersedekah Allah lipatgandakan.

“Sungguh orang-orang yang (rajin) sedekah baik pria atau wanita serta meminjamkan pada Allah pinjaman yang baik, maka sungguh dilipat-gandakan (pahalanya) pada mereka; dan sungguh bagi mereka pahala yang berlimpah.” (Qs. Al Hadid: 18)

5. Disediakan pintu surga yang khusus dimasuki oleh orang yang rajin sedekah.

“Orang menyumbangkan harta di jalan Allah, sungguh maka ia akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surga, jika ia berasal dari golongan yang gemar bersedekah akan dipanggil dari pintu sedekah.” (Muttafaq alaih)

6. Sedekah akan menjadi bukti keimanan seseorang.

Rasul bersabda, “Sedekah adalah bukti.” (HR. Muslim)

Imam An Nawawi menjelaskan hadits ini: “Yakni bukti kebenaran imannya. sedekah merupakan bukti dari keyakinan imannya”

7. Sedekah meringankan bahkan membebaskan siksa kubur.

Rasul bersabda, “Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur.” (HR. Thabrani)

8. Sedekah dapat mengurangi dosa maksiat khususnya ketika dosa perniagaan

“Wahai para penjual dagangan, sungguh setan dan dosa mereka berdua hadir dalam jual-beli. Maka maka hiasi jual-beli kalian dengan memperbanyak sedekah.” (HR. Tirmidzi)

9. Dada dan hati akan terasa lapang ketika sering bersedekah

“Persamaan orang pelit dengan orang sering sedekah ibarat dua orang yang punya baju besi, yang dipakai menutupi dada hingga selangkangannya.

Orang yang rajin sedekah, sebab sedekahnya maka ia merasa bajunya lapang dan longgar di kulitnya. Sampai-sampai ujung jarinya tidak terlihat dan baju besinya tak meninggalkan bekas pada kulitnya.

Sedangkan yang pelit, saking pelitnya ia merasakan setiap lingkar baju besinya terlalu ketat di kulitnya. Ia berusaha melonggarkannya namun tidak bisa.” (HR. Bukhari)

10. Pahala sedekah terus membesar

“Sungguh Allah terima amalan sedekah dan mengambilnya dengan tangan kanan-Nya. Lalu Allah kembangkan pahalanya untuk kalian, seperti kalian mengasuh seekor anak kuda. Sampai-sampai sedekah yang kecil sebiji bisa berkembang membesar seperti gunung Uhud” (HR. At Tirmidzi)

11. Sedekah menjauhkan diri dari api neraka

Sungguh sedekah itu meski kecil dan sedikit, berkontribusi menjauhkan kita dari api neraka.
Semakin banyak kita sedekah, makin jauh kita dari nerakanya.
Rasulullah SAW bersabda, “Jauhilah api neraka, walau hanya dengan bersedekah sebiji kurma. Jika kamu tidak punya, maka bisa dengan kalimah thayyibah” (Muttafaq Alaih)

Baca Juga Tulisan Tentang Pertanyaan