close

asbabun nuzul surat al maidah ayat 48

Asbabun Nuzul Surah Al Maidah ayat 48 terkait dengan ayat sebelumnya yaitu ayat 45.

Pada artikel ini, kami akan menjelaskan pengertian Nuzul Surat al-Ma’idah ayat 48 menurut tafsir para ulama.

Asbabun Nuzul adalah asal mula atau latar belakang cerita ayat Al-Qur’an.

Ayat-ayat Al-Qur’an diturunkan pada masa Nabi dan para sahabat karena adanya masalah di masyarakat.

Kemudian Al-Qur’an diturunkan untuk menjawab permasalahan yang muncul sesuai dengan petunjuk Allah SWT untuk menciptakan perselisihan di antara mereka.

Misalnya, Surat al-Ma’idah ayat 48 diturunkan karena situasi di mana orang-orang Yahudi mengadu kepada Nabi tentang masalah hukum zina.

asbabun nuzul surat al maidah ayat 48 Untuk lebih jelasnya simak terjemahan Surah al-Ma’idah ayat 48 berikut ini.

وَأَنزَلۡنَآ إِلَيۡكَ ٱلۡكِتَٰبَ بِٱلۡحَقِّ مُصَدِّقٗا لِّمَا بَيۡنَ يَدَيۡهِ مِنَ ٱلۡكِتَٰبِ وَمُهَيۡمِنًا عَلَيۡهِۖ فَٱحۡكُم بَيۡنَهُم بِمَآ أَنزَلَ ٱللَّهُۖ وَلَا تَتَّبِعۡ أَهۡوَآءَهُمۡ عَمَّا جَآءَكَ مِنَ ٱلۡحَقِّۚ لِكُلّٖ جَعَلۡنَا مِنكُمۡ شِرۡعَةٗ وَمِنۡهَاجٗاۚ وَلَوۡ شَآءَ ٱللَّهُ لَجَعَلَكُمۡ أُمَّةٗ وَٰحِدَةٗ وَلَٰكِن لِّيَبۡلُوَكُمۡ فِي مَآ ءَاتَىٰكُمۡۖ فَٱسۡتَبِقُواْ ٱلۡخَيۡرَٰتِۚ إِلَى ٱللَّهِ مَرۡجِعُكُمۡ جَمِيعٗا فَيُنَبِّئُكُم بِمَا كُنتُمۡ فِيهِ لِفُونَ

Terjemahan: “Dan Kami turunkan kepadamu (Muhammad) Kitab (Al-Qur’an) yang membenarkan dan memelihara kitab-kitab yang diturunkan sebelumnya. Maka putuskanlah perkara mereka menurut apa yang diturunkan Allah dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu. Kami telah memberikan hukum dan jalan yang jelas kepada setiap orang di antara kamu. Jika Allah menghendaki, Dia akan menjadikan kamu satu umat. Tetapi Allah ingin menguji kamu dengan karunia yang Dia berikan kepadamu, maka berusahalah dengan perbuatan baik.

Dalam kitab tafsir Al-Wahidi, telah disebutkan secara luas tentang Asbabun Nuzul, Surat Al-Ma’idah ayat 48.

Baca Juga:  Ada Berapa Ayat Dalam 114 Surah?

Dikatakan dalam penyebab keturunannya, bahwa seorang pria Yahudi melakukan perzinahan dengan seorang wanita Yahudi, sehingga mereka meminta penghakiman Rasulullah – semoga Tuhan memberkati dia dan memberinya kedamaian – karena dia mengirim hukum untuk dikurangi, karena Nabi adalah batas dalam Taurat, jadi dia menilai mereka sesuai dengan apa yang ada di dalam Taurat.

“Asbabun Nuzul, Surat al-Ma’idah ayat 48, dikatakan bahwa seorang pria Yahudi berzina dengan seorang wanita Yahudi. Kemudian kerabat mereka meminta Rasulullah untuk memberi mereka keputusan, mengetahui bahwa Nabi (SAW) akan menerima hukuman ringan. Karena hukuman untuk zina dalam Taurat harus dirajam. Tapi Rasulullah (SAW) menghukum mereka dengan batu seperti yang dijelaskan dalam Taurat.

Baca Juga:

asbabun nuzul surat al maidah ayat 48 Orang-orang Yahudi ingin memutarbalikkan isi Taurat. Karena menurut mereka, hukuman dalam Taurat sangat berat.

Kemudian Al-Qur’an yang diturunkan kepada Nabi diturunkan dari ayat 45 sampai ayat 48 dengan surat al-Ma’idah, yang menjelaskan bahwa tidak ada hukum yang berubah dalam Tauratnya.

Oleh karena itu, Surat al-Ma’idah ini diturunkan karena orang-orang Yahudi ingin menyembunyikan kebenaran dalam Taurat untuk kepentingan mereka sendiri.

Dalam artikel tersebut, karena setiap Umma memiliki Syariahnya sendiri-sendiri. Tetapi Syariah tidak bertentangan dengan ajaran Al-Qur’an.

Baca Juga:  Bacaan Ayat Kursi

Sebaliknya, Al-Qur’an datang untuk mengkonfirmasi buku-buku sebelumnya, tetapi buku-buku itu diubah untuk nafsu mereka.

Demikian penjelasan tentang nuzul atau latar belakang turunnya surat seperti yang dijelaskan oleh Imam al-Wahidi dalam al-Ma’idah ayat 48.

asbabun nuzul surat al maidah ayat 48 Ini karena para nabi dan rasul memalsukan kitab-kitab yang datang sebelum Muhammad (saw) dan menyembunyikan kebenaran ajaran Syariah.. Orang-orang ini menyembunyikan ajaran yang benar dan menggantinya sesuai dengan kebutuhan mereka.

Diskusi

Untuk alasan tersebut di atas, Allah SWT berfirman dalam Surah Al-Ma’idah ayat 48 bahwa Al-Qur’an adalah pembawa kebenaran: Perbaiki, perbaiki, dan sempurnakan Kitab-kitab Allah yang disebutkan sebelumnya, yang tidak terdistorsi atau disembunyikan, kemudian digantikan oleh mitos dan ayat-ayat imajiner sesuai keinginan segelintir orang.

asbabun nuzul surat al maidah ayat 48 Surat Al-Ma’idah sendiri merupakan salah satu surat terpanjang dalam Al-Qur’an. Surat ini berada di urutan ke-5 dalam Al-Qur’an. Artinya Al-Ma’idah. makan malam atau makan malam. Surat ini termasuk golongan madaniyah karena diturunkan pada masa dakwah madinah.