close

Metode Tasawuf Dalam Penyebaran Agama Islam Di Indonesia

Metode tasawuf dlm penyebaran agama islam di indonesia

supaya mampu mengetahui dgn gambarnya yaa..

skian, makasih..

Metode tasawuf dlm penyebaran agama islam di indonesia

bagaimanakah penyebaran agama islam lewat tasawuf

penyebaran islam yg tak kalah penting yakni lewat tasawuf. tasawuf yaitu pedoman atau cara untuk mendekatkan diri pada Tuhan. tasawuf lebih mempermudah orang yg telah mempunyai dasar ketuhanan lain untuk memahami & menerimah fatwa islam.pedoman tasawuf ini banyak ditemui dlm kisah kisah babad & hikayat penduduk setempat.beberapa tokoh penyebar tasawuf yg populer adalah Hamzah fansuri,Syamsudin,Syekh Abdul somad,dan Nuruddin ar-Raniri.

Bagaimana rancangan tasawuf yg digunakan dlm penyebaran agama islam?​

Jawaban:

Para sufi membuatkan aliran islam dan mengajarkan penduduk ihwal aturan hukum & syariat islam. Salah satunya adalah dlm bentuk pondok pondok pesantren. Para sufi mengajarkan ilmu islam pada penduduk setempat. Melalui pesantren ini, banyak dihasilkan santri santri yg kemudian pula mengembangkan agama islam.

bagaimanakah penyebaran agama islam melalui tasawuf?

1. Sufi mengajarkan ilmu islam melalui pondok pesantren
2. Menciptakan seni bertemaislami
3. Sufi menikah dgn putri putri bangsawan setempat

bagaimana penyebaran agama islam lewat tasawuf

Tasawuf sendiri ialah salah satu dr cabang Ilmu Islam yg pula mempunyai banyak jago di dalamnya. Tasawuf yaitu ilmu yg berbicara wacana membersihkan diri & hati untuk senantiasa mendekatkan diri pada Allah. Nah, ilmu tasawuf ini pada masa permulaan kemajuan Islam di Indonesia ternyata pula sudah ada yg mempelajarinya. Dan, ada beberapa tokoh sufi yg kemudian ia pula membuatkan Islam di Indonesia dgn cara mengajarkan tasawuf pada para muridnya. masa awal penyebaran Islam di Indonesia yaitu Hamzah Fansuri di Aceh & Sunan Panggung Jawa. Dengan sikap para jago tasawuf yg begitu menarik tersebut kemudian membuat penduduk menjadi terpesona & berencana ingin menjadi muridnya. para andal tasawuf tersebut kemudian mengajarkan Islam pada penduduk setempat & mengangkatnya menjadi muridnya. Ajaran sufi kebanyakan yg sungguh menghormati & mengagungkan sang guru, maka banyak para murid sufi yg menurut atas perintah dr sang guru. Termasuk di antaranya ialah perintah untuk berbagi kembali ajaran Islam pada khalayak ramai. Tentu saja para murid akan secepatnya melaksanakan apa yg diperintahkan oleh guru. Dengan demikina, anutan agama Islam mengalami kemajuan yg sangat pesat & cepat. Proses penyebaran Islam di Indonesia lewat tasawuf ini menjadi cara alternatif lain dlm mengembangkan Islam di Indonesia.
demikian catatan yg pernah sya catat..mhon maaf bila msih ada kekurangan.

Baca Juga:  Kalau Cv Berhutang Kepada Pt Lalu Cv Dibubarkan Siapa Yang Bertanggung Jawab