close

Kata Kata Bijak Kerja Keras Bahasa Jawa

kata kata bijak kerja keras bahasa jawa

Kata Kata Bijak Kerja Keras dalam Bahasa Jawa

1. Kerja Keras dalam Budaya Jawa

Dalam budaya Jawa, kerja keras merupakan salah satu nilai yang sangat dihargai. Masyarakat Jawa meyakini bahwa dengan bekerja keras, seseorang akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Kata kata bijak tentang kerja keras dalam bahasa Jawa mengajarkan nilai-nilai positif ini kepada kita.

2. Ora Usaha, Ora Golek

kata kata bijak kerja keras bahasa jawa

Pepatah Jawa yang mengatakan Ora Usaha, Ora Golek merupakan nasihat yang mengajarkan tentang pentingnya kerja keras. Artinya, jika kita tidak berusaha, maka kita tidak akan mendapatkan hasil yang diinginkan. Kita harus bekerja keras dan berusaha mencari peluang untuk meraih kesuksesan.

3. Isuk Adoh, Seng Wedi Mbarep

Kata kata bijak Jawa ini mengajarkan tentang pentingnya konsistensi dalam bekerja keras. Isuk adoh, seng wedi mbarep artinya pagi yang berat, yang mau tanggung jawab. Dalam hal ini, pagi yang berat menggambarkan tantangan dan kesulitan yang kita hadapi dalam mencapai tujuan. Namun, jika kita mau bertanggung jawab dan tetap konsisten, kesuksesan akan datang.

Baca Juga:  Kata Kata Motivasi Pasrah Pada Takdir

4. Tatap Muka Kahanan

Kata kata bijak bahasa Jawa ini mengajarkan tentang pentingnya berani menghadapi tantangan dalam bekerja keras. Tatap muka kahanan artinya berani menghadapi tantangan. Dalam dunia kerja, kita akan dihadapkan pada berbagai macam tantangan. Namun, jika kita berani menghadapinya dengan penuh semangat dan tekad, kita akan mampu mengatasi segala rintangan dan meraih kesuksesan.

5. Jarene Wong Jawa, Karya Sejati

Kata kata bijak Jawa ini mengajarkan tentang pentingnya hasil karya yang baik. Jarene wong Jawa, karya sejati artinya orang Jawa terkenal dengan hasil karyanya yang berkualitas. Dalam bekerja keras, kita harus berusaha menghasilkan karya yang baik dan bermanfaat. Dengan begitu, kita akan dihargai dan diakui oleh orang lain.

6. Awakmu, Kawulane Awakku

Nilai gotong royong sangat dijunjung tinggi dalam budaya Jawa. Kata kata bijak ini mengajarkan tentang pentingnya bekerja keras bersama untuk mencapai tujuan yang lebih besar. Awakmu, kawulane awakku artinya kerja kerasmu adalah kerja kerasku. Dalam bekerja, kita harus saling membantu dan bekerja sama demi mencapai kesuksesan bersama.

7. Ngono Kudu, Nek Ora Kudu Ora

Kata kata bijak Jawa ini mengajarkan tentang pentingnya keberanian dalam bekerja keras. Ngono kudu, nek ora kudu ora artinya harus berani, jika tidak berani maka tidak akan bisa. Dalam bekerja keras, kita harus memiliki keberanian untuk menghadapi segala risiko dan mengambil peluang. Tanpa keberanian, kita tidak akan bisa mencapai hasil yang diinginkan.

8. Kerjane Ajin Ajin, Pinter Adol Adol

Kata kata bijak bahasa Jawa ini mengajarkan tentang pentingnya keuletan dalam bekerja keras. Kerjane ajin ajin, pinter adol adol artinya bekerja keras dengan penuh ketekunan, akan menjadi pintar dengan sendirinya. Ketekunan dalam bekerja akan membawa kita pada tingkat keahlian yang lebih tinggi. Dengan begitu, kita akan semakin sukses dalam karir kita.

Baca Juga:  Kata Kata Bijak Uang Receh

9. Kerja Keras, Jaga Kesehatan

Kata kata bijak dalam bahasa Jawa ini mengajarkan tentang pentingnya menjaga kesehatan dalam bekerja keras. Kerja keras, jaga kesehatan mengingatkan kita bahwa bekerja keras tidak boleh dilakukan secara berlebihan sehingga mengorbankan kesehatan. Kesehatan yang baik akan memberikan energi dan motivasi untuk terus bekerja keras dan meraih kesuksesan.

10. Biar Lambat Asal Selamat

Kata kata bijak Jawa ini mengajarkan tentang pentingnya kesabaran dalam bekerja keras. Biar lambat asal selamat artinya lebih baik melakukannya dengan perlahan tapi pasti. Dalam bekerja keras, kita harus memiliki kesabaran untuk melalui berbagai proses dan perjuangan. Kesabaran akan membawa kita pada hasil yang lebih baik dan lebih langgeng.

11. Dudu Sarang, Bukan Cuma Mburi

Kata kata bijak dalam bahasa Jawa ini mengajarkan tentang pentingnya inisiatif dalam bekerja keras. Dudu sarang, bukan cuma mburi artinya jangan hanya mengikuti, tetapi juga berinisiatif. Dalam dunia kerja, kita harus aktif mencari kesempatan dan mengambil inisiatif untuk melakukan tindakan yang dapat meningkatkan produktivitas dan mencapai tujuan.

12. Niat, Usaha, Hasil

Kata kata bijak Jawa ini mengajarkan tentang pentingnya memiliki niat dan usaha yang sungguh-sungguh dalam bekerja keras. Niat, usaha, hasil merupakan tiga hal yang saling berkaitan dalam mencapai kesuksesan. Kita harus memiliki niat yang kuat, melakukan usaha yang maksimal, dan hasil yang baik akan mengikuti.

13. Ojo Lali, Ojo Minggat

Kata kata bijak dalam bahasa Jawa ini mengajarkan tentang pentingnya komitmen dalam bekerja keras. Ojo lali, ojo minggat artinya jangan lupa, jangan pergi. Dalam bekerja keras, kita harus memiliki komitmen yang kuat untuk tetap bertahan dan tidak menyerah di tengah jalan. Tanpa komitmen, kita tidak akan mencapai hasil yang diinginkan.

Baca Juga:  45 Best Oh That Sucks Quote Spiderman Full Of Greatest Power

14. Nggawe Wong Lain, Ojo Ngono

Kata kata bijak Jawa ini mengajarkan tentang pentingnya solidaritas dalam bekerja keras. Nggawe wong lain, ojo ngono artinya bekerja untuk orang lain, jangan hanya untuk diri sendiri. Dalam dunia kerja, kita harus bisa bekerja sama dengan orang lain dan tidak egois. Solidaritas akan memperkuat hubungan antar rekan kerja dan menciptakan lingkungan kerja yang harmonis.

15. Ora Ngobral Janji, Ora Mangan Ndempet

Kata kata bijak dalam bahasa Jawa ini mengajarkan tentang pentingnya integritas dalam bekerja keras. Ora ngobral janji, ora mangan ndempet artinya jangan berjanji palsu, jangan makan tanpa membayar. Dalam bekerja keras, kita harus jujur dan berintegritas tinggi. Kita harus memenuhi janji yang telah kita buat dan tidak melakukan tindakan yang merugikan orang lain.

16. Aja Lali Keluwih, Aja Lali Kekasih

Kata kata bijak Jawa ini mengajarkan tentang pentingnya penghargaan dalam bekerja keras. Aja lali keluwih, aja lali kekasih artinya jangan lupa kepada yang lebih, jangan lupa kepada yang tersayang. Dalam dunia kerja, kita harus menghargai dan menghormati rekan kerja atau atasan yang lebih berpengalaman serta orang-orang terdekat yang selalu memberikan dukungan dan motivasi.

17. Pait, Kecekel, Suwe Suwe

Kata kata bijak dalam bahasa Jawa ini mengajarkan tentang pentingnya ketabahan dalam bekerja keras. Pait, kecekel, suwe suwe artinya pahit, ditendang