close

Kata Kata Bijak Dalam Bahasa Jepang

kata kata bijak dalam bahasa jepang

Kata Kata Bijak dalam Bahasa Jepang

Pengantar

Bahasa Jepang merupakan salah satu bahasa yang kaya akan ungkapan bijak. Kata kata bijak dalam bahasa Jepang tidak hanya memberikan inspirasi dan motivasi, tetapi juga mencerminkan budaya dan filosofi yang mendalam. Dalam artikel ini, kami akan membagikan beberapa kata kata bijak dalam bahasa Jepang yang dapat menjadi sumber inspirasi bagi Anda.

Kata Kata Bijak dalam Bahasa Jepang

1. 不言実行 (fugonjikkou) – Bertindak daripada berbicara. Ungkapan ini mengajarkan pentingnya mengambil tindakan nyata daripada hanya berbicara tanpa tindakan yang konkret.

kata kata bijak dalam bahasa jepang

2. 道は歩こう (michi wa arukou) – Jalani hidupmu dengan tekun. Ungkapan ini mengajarkan betapa pentingnya menjalani hidup dengan penuh semangat dan tekun dalam mengejar tujuan.

3. 一期一会 (ichi-go ichi-e) – Sekali dalam seumur hidup. Ungkapan ini mengajarkan pentingnya menghargai dan menciptakan momen berharga dalam setiap kesempatan yang kita miliki.

kata kata bijak dalam bahasa jepang

4. 忍耐は成功の母 (nintai wa seikou no haha) – Kesabaran adalah ibu dari kesuksesan. Ungkapan ini mengajarkan betapa pentingnya memiliki kesabaran dan ketekunan dalam mencapai tujuan hidup kita.

5. 七転び八起き (nanakorobi yaoki) – Jatuh tujuh kali, bangkit delapan kali. Ungkapan ini mengajarkan betapa pentingnya untuk terus berjuang dan bangkit meskipun mengalami kegagalan atau kesulitan dalam hidup.

6. 虎穴に入らずんば虎児を得ず (koketsu ni irazunba koji wo ezu) – Jika tidak masuk ke dalam sarang harimau, tidak akan mendapatkan anak harimau. Ungkapan ini mengajarkan pentingnya mengambil risiko dan berani menghadapi tantangan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

7. 悪因悪果 (akuin akka) – Tindakan jahat akan berbuah hasil jahat. Ungkapan ini mengajarkan pentingnya untuk melakukan tindakan baik dan menjauhi perilaku negatif yang dapat berakibat buruk bagi diri sendiri.

Baca Juga:  Tips Menata Rumah Dengan Barang Bekas, Mempercantik Ruangan

8. 七転び八起き (doukutsu ni kakero) – Jatuh dari gua, tapi jangan mati di dalamnya. Ungkapan ini mengajarkan betapa pentingnya untuk terus bergerak maju dan tidak menyerah meskipun mengalami kegagalan atau rintangan dalam hidup.

9. 人間万事塞翁が馬 (ningen banji saiou ga uma) – Segala sesuatu dalam hidup memiliki sisi baik dan buruknya sendiri. Ungkapan ini mengajarkan betapa pentingnya menerima segala sesuatu yang terjadi dalam hidup dengan lapang dada.

10. 隣の芝生は青い (tonari no shibafu wa aoi) – Rumput di sebelah sana selalu terlihat lebih hijau. Ungkapan ini mengajarkan pentingnya untuk menghargai apa yang kita miliki dan tidak terlalu membanding-bandingkan diri dengan orang lain.

11. 名犬は遠吠えせず (meiken wa toboe sezu) – Anjing terkenal tidak menggonggong. Ungkapan ini mengajarkan pentingnya untuk tetap rendah hati dan tidak perlu memamerkan diri atau keunggulan kita kepada orang lain.

12. 色は匂へど散りぬるを (iro wa nioedo chirinuru wo) – Walaupun bunganya semerbak, akhirnya akan layu. Ungkapan ini mengajarkan betapa pentingnya untuk menghargai dan menikmati keindahan dalam hidup karena segala sesuatu akan berlalu dengan cepat.

13. 独り善がり (hitoriyogari) – Terlalu bangga dengan diri sendiri. Ungkapan ini mengajarkan pentingnya untuk menerima masukan dan saran dari orang lain serta tidak terlalu berfokus pada diri sendiri.

14. 質実剛健 (shitsujitsu gouken) – Berkualitas, sederhana, dan kuat. Ungkapan ini mengajarkan pentingnya untuk menjadi pribadi yang berkualitas, sederhana, dan kuat dalam menghadapi tantangan hidup.

15. 先手必勝 (sente hisshou) – Siapa yang mengambil tindakan lebih dulu, akan menang. Ungkapan ini mengajarkan betapa pentingnya untuk mengambil inisiatif dan bertindak cepat dalam menghadapi situasi atau kesempatan.

16. 天は自ら助くる者を助く (ten wa mizukara tasukuru mono wo tasuku) – Langit membantu mereka yang membantu diri mereka sendiri. Ungkapan ini mengajarkan pentingnya untuk berusaha keras dan mandiri dalam mencapai tujuan hidup kita.

Baca Juga:  45 Best Spiderman Mvc3 Quotes Full Of Greatest Power

17. 力ある者は常に謙虚であれ (chikara aru mono wa tsuneni kenkyo de are) – Orang yang kuat selalu rendah hati. Ungkapan ini mengajarkan pentingnya untuk tetap rendah hati meskipun memiliki kekuatan atau kelebihan dalam hidup.

18. 時は金なり (toki wa kane nari) – Waktu adalah uang. Ungkapan ini mengajarkan betapa pentingnya menghargai waktu dan menggunakan waktu dengan bijaksana dalam menjalani hidup.

19. 後悔先に立たず (koukai saki ni tatazu) – Penyesalan tidak akan membawa keuntungan. Ungkapan ini mengajarkan betapa pentingnya mengambil tindakan dengan bijaksana dan menghindari penyesalan di kemudian hari.

20. 虎穴に入らずんば虎児を得ず (koketsu ni irazunba koji wo ezu) – Jika tidak masuk ke dalam sarang harimau, tidak akan mendapatkan anak harimau. Ungkapan ini mengajarkan pentingnya mengambil risiko dan berani menghadapi tantangan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

21. 最後の一滴まで (saigo no itteki made) – Sampai tetes terakhir. Ungkapan ini mengajarkan pentingnya untuk tidak menyerah sebelum mencapai tujuan yang diinginkan dan berusaha hingga akhir.

22. 馬の耳に念仏 (uma no mimi ni nenbutsu) – Membaca sutra kepada telinga kuda. Ungkapan ini mengajarkan pentingnya untuk tidak mengharapkan orang yang tidak tertarik atau tidak mendengarkan apa yang kita katakan.

23. 不撓不屈 (futou fukutsu) – Tidak menyerah dan tak kenal menyerah. Ungkapan ini mengajarkan pentingnya untuk tetap kuat dan teguh dalam menghadapi rintangan atau kesulitan dalam hidup.

24. 継続は力なり (keizoku wa chikara nari) – Konsistensi adalah kekuatan. Ungkapan ini mengajarkan betapa pentingnya untuk konsisten dan terus berusaha dalam mencapai tujuan hidup kita.

25. 一期一会 (ichi-go ichi-e) – Sekali dalam seumur hidup. Ungkapan ini mengajarkan pentingnya menghargai dan menciptakan momen berharga dalam setiap kesempatan yang kita miliki.

Baca Juga:  Kata kata cinta sedih

26. 安物買いの銭失い (yasumono kai no zeni ushinai) – Orang yang sering membeli barang murah, akan kehil