close

Jelaskan Teori Waisya

jelaskan teori waisya

Teori Waisya menyatakan bahwa terjadinya penyebaran agama Hindu Budha di Indonesia adalah berkat peran serta kelompok Waisya (pedagang) yg merupakan kalangan paling besar penduduk India yg berinteraksi dgn penduduk nusantara. Dalam teori ini, para penjualIndia dianggap sudah memperkenalkan kebudayaan Hindu & Budha pada penduduk setempat tatkala mereka melaksanakan acara perdagangan. Karena pada dikala itu pelayaran sangat bergantung pada musim angin, maka dlm sementara waktu mereka akan menetap di kepulauan Nusantara hingga angin bahari yg akan membawa mereka kembali ke India berhembus. Selama menetap, para pedagang India ini pula melakukan dakwahnya pada masyarakat lokal Indonesia. 

klarifikasi tentang teori waisya

teori waisya adalah diutarkan oleh dr.nj.krom, beropini bahwa agana hindu masuk keindonesia dibawa oleh kaum penjualyg dtg untuj berdagang di indonesia,bahkan diduga ada yg menetap karna menikah dgj org ndonesia

Penjelasan wacana teori waisya

Teori waisya adalah teori  yg dikemukakan oleh N.J. Krom. Isi dr teori ini yaitu berkembangnya agama Hindu ke Indonesia dibawa oleh orang India kelompok penjualatau berkasta waisya. 

jelaskan teori waisya

Teori waisya ialah teori yg dibawa lenusantara oleh para penjualyg sedang berdagang ke nusantara

klarifikasi teori waisya

Teori Waisya yakni teori masuk & berkembangnya agama Hindu di Indonesia yg dikemukakan oleh NJ.Krom

Inti dr teori ini yaitu masuk & berkembangnya agama Hindu ke Indonesia dibawa oleh orang India berkasta Waisya yaitu kalangan pedagang.

Mereka tiba & berperan selaku penyebar agama Hindu ke Indonesia. Seperti bangsa Gujarat yg menjadi penjualpada zaman Islam.

Baca Juga:  Pantun Lucu - Jomblo Kurang Duit