Hukum Tajwid Surah An Nas

hukum tajwid surah an nas

hukum nya wajib bahwa insan islam wajib membaca surah an-nash

hukum tajwid yg paling banyak di surah al fatihah,al nrimo,al falaq,an nas

tasydid mungkin kak….

tajwid apa saja yg ada dlm surah an-nas & brp​

Jawaban:

ayat 1 : قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ

أَعُوذُ = mad thobi’i alasannya ada dhommah diikuti wawu sukun

بِرَبِّ = tafhim karena abjad ro’ bertanda baca fathah

النَّاسِ = al-syamsyiyah alasannya ada alif lam berjumpa dg aksara syamsyiyah yakni nun

ayat 2 : مَلِكِ النَّاسِ

النَّاسِ = al-syamsyiyah alasannya ada alif lam bertemu dg aksara syamsyiyah yaitu nun

ayat 3 : إِلَـٰهِ النَّاسِ

إِلَـٰهِ = mad badal karena ada hamzah berjumpa mad

النَّاسِ = al-syamsyiyah karena ada alif lam berjumpa dg aksara syamsyiyah yaitu nun

ayat 4 : مِن شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ

مِن شَرِّ = ihfa’ alasannya ada nun mati berjumpa syin

الْوَسْوَاسِ = al-qomariyah alasannya adalah ada alif lam bertemu karakter qomariyah yaitu wawu

الْخَنَّاسِ = al-qomariyah alasannya adalah ada alif lam bertemu aksara qomariyah yaitu kho’

ayat 5 : الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ

الَّذِي = al-syamsyiyah alasannya ada alif lam berjumpa dg abjad syamsyiyah yaitu lam

فِي = mad thobi’i sebab ada kasro diikuti ya’ sukun

صُدُورِ = mad thobi’i sebab ada dhommah disertai wawu sukun

النَّاسِ = al-syamsyiyah alasannya ada alif lam bertemu dg huruf syamsyiyah yaitu nun

ayat 6 : مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ

Baca Juga:  Quotes Tentang Pendidikan Bahasa Inggris

مِنَ الْجِنَّةِ = al-qomariyah sebab ada alif lam berjumpa aksara qomariyah yakni jim

النَّاسِ = al-syamsyiyah alasannya adalah ada alif lam berjumpa dg karakter syamsyiyah yakni nun

Tuliskan hukum tajwid seprti qolqolah,dll

dalam surah an-nas

Ikhfa’, Mad Thobi’i, Idhar Qomariy.

Terima kasih☺

Tajwid Yang ada di surah An Nas

kelas : 8 Sekolah Menengah Pertama
mapel : PAI
kategori : tajwid
keyword : surat an-naas

Pembahasan :

ayat 1 : قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ

أَعُوذُ = mad thobi’i alasannya adalah ada dhommah dibarengi wawu sukun

بِرَبِّ = tafhim alasannya abjad ro’ bertanda baca fathah

النَّاسِ = al-syamsyiyah sebab ada alif lam bertemu dg karakter syamsyiyah yakni nun

ayat 2 : مَلِكِ النَّاسِ

النَّاسِ = al-syamsyiyah alasannya adalah ada alif lam berjumpa dg karakter syamsyiyah yaitu nun

ayat 3 : إِلَـٰهِ النَّاسِ 

إِلَـٰهِ = mad badal sebab ada hamzah berjumpa mad 

النَّاسِ = al-syamsyiyah sebab ada alif lam bertemu dg karakter syamsyiyah yakni nun

ayat 4 : مِن شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ

مِن شَرِّ = ihfa’ alasannya adalah ada nun mati berjumpa syin

الْوَسْوَاسِ = al-qomariyah alasannya ada alif lam berjumpa huruf qomariyah yaitu wawu

الْخَنَّاسِ = al-qomariyah sebab ada alif lam bertemu karakter qomariyah yakni kho’

ayat 5 : الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ

الَّذِي = al-syamsyiyah karena ada alif lam bertemu dg aksara syamsyiyah yakni lam

 فِي = mad thobi’i alasannya adalah ada kasro diikuti ya’ sukun

صُدُورِ = mad thobi’i karena ada dhommah dibarengi wawu sukun

النَّاسِ = al-syamsyiyah karena ada alif lam berjumpa dg huruf syamsyiyah yakni nun

ayat 6 : مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ

مِنَ الْجِنَّةِ = al-qomariyah karena ada alif lam berjumpa huruf qomariyah yaitu jim

النَّاسِ = al-syamsyiyah alasannya adalah ada alif lam bertemu dg huruf syamsyiyah yakni nun