close

Contoh Soal Materi Puisi Kelas 8

Daftar Isi

Contoh Soal Materi Puisi Kelas 8

1. Perhatikan penggalan puisi berikut!

tak ada yg lebih tabah

dari hujan bulan juni

dirahasiakannya rintik rindunya

terhadap pohon berbunga itu

tak ada yg lebih bijak

dari hujan bulan juni

dihapusnya jejak-jejak kakinya

yang ragu-ragu di jalan itu

……………………

Makna konotasi kata “hujan” pada penggalan puisi di atas yakni ….

A. air yg turun dr langit

B. air yg jatuh ke bumi

C. perbuatan baik

D. air untuk kehidupan

2. Bacalah penggalan puisi di bawah ini!

Gadis Peminta-Minta

Setiap kita berjumpa , gadis kecil berkaleng kecil

Senyummu terlalu kekal untuk kenal duka

Tengadah padaku, pada bulan merah jambu

Tapi kotaku jadi hilang, tanpa jiwa

………………….

Kata-kata gadis kecil berkaleng kecil bermakna …

A. Gadis kecil yg menenteng kaleng yg berskala kecil

B. Seorang gadis yg memegang mainan kaleng

C. Seorang perempuan yg masih belum dewasa yg mengalami kesengsaraan

D. Seorang perempuan yg masih bawah umur yg suka membawa kaleng

3. Perhatikan penggalan puisi berikut!

Serenada Hijau

Kupacu kudaku

Kupacu kudaku menujumu

Bila bulan

menegur salam

dan syahdu malam

bergantung di dahan-dahan.

……………………

“Bila bulan menegur salam” merupakan majas ….

A. simile

B. personifikasi

C. metafora

D. paralelisme

4. Contoh majas metafora di bawah ini ialah ….

A. ia yaitu bunga desa

B. Wajahnya mirip bulan purnama

C. Matanya bagaikan lampu senter

D. Alisnya bagai semut berbaris

Bacalah puisi di bawah ini, kemudian jawab nomor 5 & 6!

Senja di Pelabuhan Kecil

(Chairil Anwar)

Ini kali tak ada yg mencari cinta

di antara gudang, rumah bau tanah, pada cerita

tang serta temali, kapal, perahu, tiada berlaut

menghembus diri dlm mempercaya mau berpaut.

gerimis mempercepat kelam. Ada pula kelepak elang

menyinggung muram, desir hari-hari berenang

menemu bujuk pangkal akanan. Tidak bergerak

dan kini tana, air tidur, hilang ombak

Tiada lagi. Aku sendiri berjalan

menyisir semenanjung, masih pengap harap

sekali tiba di ujung & sekalian selamat jalan

dari pantai keempat, sedu penghabisan bisa terdekap.

5. Suasana yg tergambar pada puisi di adalah ….

A. sepi

B. gaduh

C. damai

D. kalem

6. Perasaan yg dialami oleh penyair pada puisi di atas adalah …

A. gembira

B. menyesal

C. sedih

D. murka

7. Puisi yg berisi cerita wacana orang-orang perkasa ataupun tokoh pujaan di sebut ….

A. balada

B. romansa

C. elegi

D. ode

8. Puisi yg megungkapkan perasaan duka di sebut ….

A. balada

B. satir

C. elegi

D. ode

9. Bacala puisi berikut!

Peristiwa Pagi Tadi

(Sapardi Djoko Damono)

Pagi tadi seorang sopir oplet bercerita pada tukang warung tentang lelaki yg dilanggar motor waktu menyeberang.

Siang tadi pesuruh kantor bercerita pada tukang warung perihal sahabatmu yg terlanggar motor waktu menyeberang, membentur aspal, kemudian beramai-ramai diangkat ke depi jalan

……………………………..

Puisi di atas tergolong jenis puisi ….

A. naratif

B. deskriptif

C. lirik

D. kritik sosial

10. kesibukan membaca puisi disebut dgn ….

A. deklarasi

B. deklamasi

C. puitisasi puisi

D. orasi

11. naik turunnya lagu kalimat saat membacakan puisi disebut dgn ….

A. volume

B. intonasi

C. lafal

D. tekanan

12. Kegiatan mengganti puisi menjadi lagu disebut dgn …

A. puitisasi

B. musikalisasi puisi

C. dramatisasi puisi

Jawaban:

1.A

2.B

3.a

Penjelasan:

maaf ya kk gue cuman mampu jawab segitu doang 🙁

Ceritakan kembali Cerpen berikut ini dgn kata kata sendiri!

Ada kisah, pada siang hari yg sangat mempesona di suatu perempatan jalan raya ada suatu di kota besar. Bahkan ada putra yg sedang berkendara, lalu ia melihat lampu di perempatan jalan setelah itu berganti dr warna kuning ke warna merah.

Bukannya ia untuk melambatkan laju mobilnya, ia pun malah ’tancap’ gas sesua yg ia inginkan. Lalu ia tahu, ada lampu merah di persimpangan itu terkadang ini menyala agak cukup lama. Keengganannya akan nunggu untuk menciptakan & nekad lalu ia pin akan menerobos lampu lalu lintas.

Nah sehabis ia melakukan pelanggaran ia pun akan segera menuai reaksi & terdengar dr suara peluit yg cukup keras sekali.

“Priiiiiiitttt!” Ada seorang polisi melambaikan tangan kemudian ia pun untuk memaksa nya untuk berhenti.

Dengan hati-hati mengumpat jengkel, lalu putra menepikan untuk kendaraannya. Terlihat dr beling spion, ia pun akan memperhatikan pada polisi lalu ia pun untuk berjumpa , dgn memasang wajah yg sangat familiar.

“Ah, itu kan Rama, sahabat Sekolah Menengan Atas-ku yg dahulu!” Putera pun akan terasa lega, lalu ia akan secepatnya turun dr kendaraan beroda empat & untuk menyambut Rama, akan ini persis dgn sobat lama.

“Hai, Rama. Bagaimana kabarmu? Saya senang sekali mampu bertemu dgn ananda lagi! Maaf nih ya, gua lagi terburu-buru, akan namun saya terpaksa untuk menerobos lampu merah.”

“Halo Putra,” sapa Rama.

Akan namun, dgn memasang dgn wajah yg cukup serius & tanpa melaksanakan senyuman di parasnya.

“Gua sungguh memahami. Tapi Put, gua jujur aja nih, kami di sini sering memperhatikan kau, tatkala melanggar lampu merah yg di persimpangan itu lhoo.”

“Oh Benar?” Putra pun tampakmemasang wajah yg kurang senang. “Lebih baiknya, silahkan tilang aja!”

Baca Juga Kata-kata Bijak Kehidupan, Islami, Cinta, Mutiara & Lucu

Degah wajah yg bergairah, Lalu putra pun akan menyerahkan SIM-nya pada Rama kemudian masuk ke mobilnya sambil melakukan dgn membanting pintu. Dengan memancarkan belahan sudut matanya,

Putra pun ingin mengamati Rama untuk menulis. Dan hatinya terasa jengkel, bahkan ia mengingat kelakuan terhadap pada teman lamanya, alasannya ada rasa yg kurang simpatik begitu.

Tak lama kemudian, Rama pun akan mendatangi mobil Putra. Bahkan Putra pun akan menurunkan kaca terhadap pada jendela sedikit, lalu ia pun mengambil kertas yg cepitkan dgn celah yg cukup sempit, & melemparnya dengan-cara ke arah atas dashboard kendaraan beroda empat. Rama pun sempat tertegun tatkala melihat perilaku terhadap sobat lamanya.

Lalu tatkala tiba pada kawasan tujuan, sebelum turun dr mobil, Putra pun akan mengambil kertas dr Rama. Bahkan ia pun akan menyadari SIM-nya terselip yg cukup sempit. Untuk kertas yg di tebak nya, surat tilang ternyata salah satu secarik surat untuknya.

Sambil mempertimbangkan hingga seribu kali, ia pun akan segera untuk membaca isi surat Rama.

“Putra, kemungkinan besar ananda masih terlihat jengkel ya. Kami ingin berbagi cerita nih untuk kau. Waktu itu, gue mempunyai seorang anak wanita. Sayangnya, ia sudah meninggal, tertabrak orang yg melakukan supir yg ngebut, lalu ia menerobos lampu merah.

Nah sesudah itu orang itu akan di penjara sebanyak beberapa bulan saja & lalu untuk masa tahanan nya akan rampung, ia akan bisa untuk menemui & memeluk anaknya lagi. Sedangkan, ini anakku yg satu-satunya sudah tiada.

kemungkinan besar ananda akan mampu berpikir, alasannya pelanggaran pada lalu lintas selaku hal yg sungguh remeh sekali. Akan namun untuk kami, pelanggaran dgn jenis ini merupakan hal yg sangat besar untuk mempengaruhi seluruh dlm kehidupan ku.

Dan saya harap Anda untuk berhati-hati dlm melakukan berkendara. Semoga Anda bisa selamat hingga di tujuan yg ananda tujukan. Salam, Rama.”

Putera terhenyak. Dan matanya terlihat berkaca-kaca, & mempunyai rasa yg cukup sedih & menyesal di situ. ia pun akan berjanji di dlm hati akan senantiasa untuk meminta maaf dgn Rama & pada waktu itu akan berhati-hati dlm melakukan berkendara.

Karena ini salah satu yg kadang-kadang ketidak hati-hatian dlm berkendara, karena kami dlm sikap yg mampu menjadikan celaka untuk orang lain. Karena waktu itu terjadi, yg sudah tersisa cuma di dlm kesedihan & penyesalan.

Mari kita bahu-membahu dgn optimalkan kewaspadaan terhadap kita sendiri & lebih untuk waspada dlm melakukan bersikap, cuma untuk menghargai pada kehidupan kita sendiri & orang lain.

Tolong dihawab ya!

suatu kisah,pada siang hari yg menarik disebuah perempatan jalan raya,ada seorang ank berjulukan putra yg sedang berkendara,ia melihat lampu di jalan telah berubah dr kuning menjadi merah.

bukannya melambatkan mobil nya ia malah tancap gas.karena ia tau lampu merah di persimpangan ini menyala cukup lama.keenganannya untuk nunggu membuat nya nekad menerobos lampu lalu lintas.

saat ia menerobos lampu kemudian lintas terdengar suara peluit yg cukup keras.

“priiit”seorang polisi melambaikan tangannya memerintahkan ia untuk berhenti.
dengan jengkel putra menepikan kendaraannya.
dari kaca spion ia menyaksikan wajah polisi itu yg terasa familiar.

assalamualaikum , selamat siang
buatlah kata kata yg bijak sampe mampu menjamah hati nurani
8²+9²​

assalamualaikum , selamat siang<br />

  buatlah kata kata yg bijak sampe mampu menyentuh hati nurani <br /> 8²+9²​” title=”assalamualaikum , selamat siang<br />  buatlah kata kata yg bijak sampe bisa menyentuh hati nurani <br /> 8²+9²​”/> </p>
<p></p>
<p><strong>Jawaban:</strong></p>
<p></p>
<p>145</p>
<p></p>
<p><strong>Penjelasan dgn tindakan:</strong></p>
<p></p>
<p></p>
<h2><span class=Soal :

8² + 9² =

Jawab :

8² + 9²

= ( 8 × 8 ) + ( 9 × 9 )

= 64 + 81

= 145

1. Perhatikan penggalan puisi berikut!
tak ada yg lebih tabah
dari hujan bulan juni
dirahasiakannya rintik rindunya
kepada pohon berbunga itu
tak ada yg lebih bijak
dari hujan bulan juni
dihapusnya jejak-jejak kakinya
yang ragu-ragu di jalan itu
……………………

Makna konotasi kata “hujan” pada penggalan puisi di atas yaitu ….
A. air yg turun dr langit
B. air yg jatuh ke bumi
C. perbuatan baik
D. air untuk kehidupan

2. Bacalah penggalan puisi di bawah ini!
Gadis Peminta-Minta

Setiap kita bertemu, gadis kecil berkaleng kecil
Senyummu terlalu kekal untuk kenal murung
Tengadah padaku, pada bulan merah jambu
Tapi kotaku jadi hilang, tanpa jiwa
………………….

Kata-kata gadis kecil berkaleng kecil memiliki arti …
A. Gadis kecil yg menjinjing kaleng yg berukuran kecil
B. Seorang gadis yg memegang mainan kaleng
C. Seorang perempuan yg masih bawah umur yg mengalami kesengsaraan
D. Seorang perempuan yg masih belum dewasa yg suka menenteng kaleng

3. Perhatikan penggalan puisi berikut!
Serenada Hijau

Kupacu kudaku
Kupacu kudaku menujumu
Bila bulan
menegur salam
dan syahdu malam
bergantung di dahan-dahan.
……………………

“Bila bulan menegur salam” merupakan majas ….
A. simile
B. personifikasi
C. metafora
D. paralelisme

4. Contoh majas metafora di bawah ini yaitu ….
A. ia yaitu bunga desa
B. Wajahnya seperti bulan purnama
C. Matanya bagaikan lampu senter
D. Alisnya bagai semut berbaris

Bacalah puisi di bawah ini, kemudian jawab nomor 5 & 6!
Senja di Pelabuhan Kecil
(Chairil Anwar)

Ini kali tak ada yg mencari cinta
di antara gudang, rumah bau tanah, pada dongeng
tang serta temali, kapal, perahu, tiada berlaut
menghembus diri dlm mempercaya mau berpaut.
gerimis mempercepat kelam. Ada pula kelepak rajawali
menyinggung muram, desir hari-hari berenang
menemu bujuk pangkal akanan. Tidak bergerak
dan sekarang tana, air tidur, hilang ombak
Tiada lagi. Aku sendiri berjalan
menyisir semenanjung, masih pengap harap
sekali tiba di ujung & sekalian selamat jalan
dari pantai keempat, sedu penghabisan mampu terdekap.

5. Suasana yg tergambar pada puisi di ialah ….
A. sepi
B. gaduh
C. hening
D. kalem

6. Perasaan yg dialami oleh penyair pada puisi di atas yakni …
A. gembira
B. menyesal
C. sedih
D. marah

7. Puisi yg berisi dongeng perihal orang-orang tangguhataupun tokoh pujaan di sebut ….
A. balada
B. romansa
C. elegi
D. ode

8. Puisi yg megungkapkan perasaan duka di sebut ….
A. balada
B. satir
C. elegi
D. ode

9. Bacala puisi berikut!
Peristiwa Pagi Tadi
(Sapardi Djoko Damono)

Pagi tadi seorang sopir oplet bercerita pada tukang warung ihwal laki-laki yg dilanggar motor waktu menyeberang.

Siang tadi pesuruh kantor bercerita pada tukang warung ihwal sahabatmu yg terlanggar motor waktu menyeberang, membentur aspal, lalu beramai-ramai diangkat ke depi jalan
……………………………..
Puisi di atas termasuk jenis puisi ….
A. naratif
B. deskriptif
C. lirik
D. kritik sosial

10. kegiatan membaca puisi disebut dgn ….
A. deklarasi
B. deklamasi
C. puitisasi puisi
D. orasi

11. naik turunnya lagu kalimat saat membacakan puisi disebut dgn ….
A. volume
B. intonasi
C. lafal
D. tekanan

12. Kegiatan mengubah puisi menjadi lagu disebut dgn …
A. puitisasi
B. musikalisasi puisi
C. dramatisasi puisi
D. antologi puisi

Tolong dibantu​

Jawaban:

1. C

2.C

3.B

4.D

5. A

6. C

7. A

8. C

9. A

10.B

11. B

12. B

Penjelasan:

Btw, no. 4 & 9 rada2 ragu saya. Gomenasai

Watashi wa namakemono desu⛱️

Gomennee

1. Untuk mengenali adanya kandungan
boraks pada makanan seperti mi, bakso, tahu,
lontong, & sebagainya cukup gampang. Hanya
menggunakan materi alami ekstrak bunga
kembang sepatu […] ubi jalar ungu.
Kembang sepatu […] ubi jalar ungu itu
dibasahi sedikit. […] diperas atau ditumbuk
hingga mengeluarkan air yg warnanya sama
dengan warna bunga atau ubi jalar ungu.
Ketika bunga kembang sepatu dicampur
dengan kuliner yg mengandung boraks,
secara pribadi ekstrak bunga kembang sepatu
akan menciptakan warna cokelat pekat.
Konjungsi yg sempurna untuk penggalan teks
laporan percobaan tersebut adalah
a. atau, atau, kemudian.
b. atau, lalu, dan.
c. dan, tetapi, kemudian.
d. bila, kemudian, dan.

2. Perhatikan kalimat berikut!
Salah satu tehnik memperindah tampilan
rumah adalah dgn memasang kerikil
alam. Batu jenis apa yg dimanfaatkan?
Selain aestetika, kegunaan apa yg mampu
diperoleh dr pemasangan batu alam?
Kata baku dr kata tehnik & aestetika
yaitu
a. teknik & aestetik
b. teknik & aestetik
c. tehnik & estetika
d. teknik & estetika

3. Cermati penggalan teks laporan
percobaan berikut!
Untuk mengenali apakah ada bakteri
dalam air minum memang harus diteliti di
laboratorium. Tapi, Anda bisa mendeteksi
secara fisik apakah air layak diminum. Dari
segi fisik, air minum tak boleh mempunyai
bacin, rasa, & warna (harus jernih).
Kata yg tepat untuk menggantikan kata
mendeteksi yaitu…
a. membahayakan
b. memperoleh
c. membedakan
d. menganalisis

4. Pernahkah Anda membayangkan bahwa
baterai pula mampu dibentuk dr sabun? Baterai
merupakan alat penyimpan energi sementara.
Jika Anda ingin suatu hal gres, tak ada salahnya
menjajal menciptakan baterai ini dgn tujuan
memperbesar kreativitas diri & pengalaman.
Dalam struktur teks laporan percobaan,
kutipan tersebut terdapat pada kepingan ….
a. tujuan
c. langkah-langkah
b. alat & bahan dihasil

5. Kata tugas ini pada kutipan teks laporan
percobaan tersebut merujuk pada kata
a. sabun pembuat baterai
b. baterai & sabun
c. alat penyimpan energi
d. suatu hal gres

6.Pemuda merupakan tulang punggung
bangsa. Masa depan bangsa ada di tangan
pemuda I.
Inilah makna dr Hari Sumpah Pemuda.
Kalimat yg sempurna untuk melengkapi teks
pidato tersebut ialah:
a. Pemuda yg bersekolah binggi adalah
keinginan semua bangsa
b. Banyak pemuda yg terlibat pada
hal-hal yg bersifat negatif
c. Pemimpin bangsa ketika ini merupakan
pemuda-pemudi pada masa lalu.
d. Gambaran bangsa di masa depan akan
terlihat pada keadaan pemudanya ketika ini

7. Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan yg telah menunjukkan aneka macam kenikmatan & kesehatan sehingga kita dapat berkumpul di kawasan yg tenteram ini.
Petikan pidato tersebut terdapat pada bagian…
a. Isi
b. Pembuka
c. Penutup
d. Simpulan

8. Dalam acara pelepasan siswa Sekolah Menengah Pertama Tunas
Muda, Dito memberikan pidato sambutan
mewakili siswa kelas VI & VIIT.
Isi pidato Dito yg sempurna yaitu…
a. Pertahankan prestasi kalian, semoga
orang tua kalian kian besar hati
Harapan saya, kalian lebih sukses
pada masa mendatang.
b. Kami mengucapkan selamat dan
berhasil untuk kakak. Semoga di jenjang
pendidikan yg lebih tinggi, abang
lebih sukses
c. Pada peluang yg baik ini,
saya ucapkan terima kasih. Semoga
segala pengorbanan kalian mendapat
imbalan dr Tuhan.
d. Berjuanglah terus sampai titik darah
penghabisan. Seperti kata bijak, di
mana ada kemauan, pasti ada jalan keberhasilan

9. Isi teks pidato yg baik sebagai berikut,
kecuali….
a. bahasanya sesuai kehendak orator
b. sesuai dgn kegiatan yg sedang
berjalan
c. menggugah & bermanfaat bagi
pendengar
d. tak mengandung unsur SARAdan jelas

10. Bacalah penggalan teks pidato berikut untuk
menjawab soal
(1) Selamat siang.
(2) Yang terhormat Bapak Kepala Desa.
perangkat desa, serta para hadirin yang
berbahagia.
(3) Pada peluang yg berbahagia ini
marilah sejenak kita panjatkan puji dan
syukur ke hadirat Tuhan Yang Mahakuasa,
bahwa di tengah terjadinya banyak sekali krisis
yang menimpa bangsa Indonesia dikala ini
kita tetap dlm lindungan-Nya, sehat
selamat sehingga dapat memperingati
Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI
(4) Hadirin yg saya hormati.
Kata sapaan & penghormatan dalam
kutipan teks pidato tersebut terdapat pada
kalimat …
a. (1) & (2)
b. (1) & (3)
c. (2), (3), & (4)
d. (4) saja​

Jawaban:

1. C. dan, namun, lalu

2. B. teknik & aestetika

3. D. menganalisis

4. B. alat & bahan dihasil

5. D. suatu hal baru

6. A. pemuda yg bersekolah tinggi yakni harapan semua bangsa

7. B. pembuka

8. D. Berjuanglah terus sampai titik darah penghabisan. Seperti kata bijak, di mana ada kemauan, pasti ada jalan keberhasilan.

9. A. Bahasa sesuai kehendak orator

10. C. ( 2 ), & ( 4 )

Penjelasan:

semoga berfaedah

MAAF KALO SALAH

Baca Juga:  Tuliskan Kata-kata Korea Berserta Artinya