7 Ciri ciri Karakteristik Orang Sombong dalam Agama Islam

Semua tentu mengenal istilah sombong. Sebagai seorang muslim maka harus menjauhi sifat dan ciri ciri sombong. Karena itu, kita harus mengetahui makna kata sombong serta karakteristiknya. Baik secara bahasa maupun maknanya dalam agama Islam.

Pengertian Sombong – Menurut kamus besar bahasa Indonesia online. Sombong itu adalah menghargai diri secara berlebihan; congkak; pongah:tabiatnya agak aneh, sebentar — sebentar rendah hati; berkata dengan —

Jika membaca pengertian diatas, sombong hampir sama dengan congkak arogan angkuh merasa pang aing na (paling aku).

Merasa dirinya lebih dari orang lain.

A. Pengertian Sombong dalam Islam

Tertulis dalam Al-Qur’an. Allah SWT sangat marah kepada Iblis karena ia sombong.
Sombong dalam Islam artinya merasa dirinya lebih tinggi.

Iblis merasa ia lebih baik dari Nabi Adam AS, tatkala ia diperintahkan untuk bersujud kepada Nabi Adam AS, ia tak mau.

Allah SWT kemudian mengusir Iblis dari surga. Firman Allah SWT:

وَإِذْ قُلْنَا لِلْمَلَائِكَةِ اسْجُدُوا لِآدَمَ فَسَجَدُوا إِلَّا إِبْلِيسَ أَبَىٰ وَاسْتَكْبَرَ وَكَانَ مِنَ الْكَافِرِينَ

Artinya : “Dan (ingatlah) tatka;a Kami berfirman kepada para malaikat: “Sujudlah kalian kepada Adam,” maka bersujudlah mereka kecuali Iblis; ia enggan dan SOMBONG. Sungguh ia termasuk golongan yang kafir.” (Q.S. Al-Baqarah [2]: 34).

Baca Juga:

B. Ciri Ciri Sombong dalam Islam | Karakter Kesombongan

1. Menolak Kebenaran, Menolak Nasihat dan Saran Orang Lain

Salah satu ciri adanya kesombongan dalam hati adalah tatkala menolak mentah-mentah argumen tanpa dicerna terlebih dulu.
Apalagi nasihat-nasihat baik yang jelas-jelas datangnya dari ajaran Islam.

Dalam hadits riwayat imam muslim:

الْكِبْرُ بَطَرُ الْحَقِّ وَغَمْطُ النَّاسِ

Artinya: “Sombong adalah menolak kebenaran dan meremehkan orang lain.“ (H.R. Muslim).

2. Terlalu Narsis, Berlebihan Memandang Diri Sendiri

Orang sombong juga bisa dikategorikan narsis. Keadaan dimana ia menganggap dirinya sangat penting dan harus dipuja/kagumi.

Tentu pada satu titik kita harus menghargai diri/mencintai diri sendiri.
Namun, jika sampai kecintaan kita menimbulkan anggapan diri lebih tinggi dari orang lain maka bisa menjadi berbahaya.

Allah SWT tidak suka sifat sombong/narsis ini. Berikut ayat alquran tentang sombong, ayat alquran untuk orang sombong, kesombongan menurut alquran.

Allah berfirman:

“Dan jangan kamusekalian memalingkan wajah dari manusia (karena sombong) dan janganlah berjalan di bumi dengan ujub (angkuh, arogan). Sesungguhnya, Allah tak suka kepada orang-orang yang sombong dan bangga terhadap diri sendiri.” (QS. Luqman ayat 18)

3. Sering Memutus Silaturahim

Ciri lain dari sifat sombong adalah suka memutus silaturahim.
Tatkala ingin mempertahankan ego yang dimilikinya, maka ia tak segan untuk mengeluarkan kata-kata kasar sehingga membuat lawan bicaranya sakit hati dan merusak hubungan persahabatannya.

Ia tidak ingin kalah beragumen, ia ingin pemikirannya dapat diterima semua orang. Sehingga sering memutus silaturahim.

Orang-orang yang memutuskan tali silaturahim maka akan mendapatkan balasannya dari Allah SWT. “Tidak ada dosa yang disegerakan balasannya untuk pelaku-nya di dunia bersama dosa yang disimpan untuknya di akhirat selain perbuatan zalim dan memutus silaturahim. (HR Abu Daud)”

4. Selalu Bermegah-megahan dalam Menampilkan Kekayaan

Karakter sombong nomor ke-empat adalah menampilkan kemewahan ke semua orang. Dengan alasan ingin dipuji/dihormati karena pencapaian materinya.

Padahal dalam Islam, jangankan menampilkan kemewahan. Bermewah-mewahan saja tidak diperbolehkan. Ada peringatan Allah dalam Surat SABA’.

وَمَا أَرْسَلْنَا فِي قَرْيَةٍ مِّن نَّذِيرٍ إِلَّا قَالَ مُتْرَفُوهَا إِنَّا بِمَا أُرْسِلْتُم بِهِ كَافِرُونَ

“Dan, Kami tidak mengutus kepada suatu negeri seorang pemberi peringatanpun, melainkan orang-orang yang hidup mewah di negeri itu berkata: ‘Sesungguhnya kami mengingkari apa yang kamu diutus untuk menyampaikannya’.” (QS Saba’ [34]: 34).

5. Ingin Dipuji atau Ingin Dipandang Baik oleh Banyak Orang (Riya)

Ciri lain dari kesombongan hati adalah ketika semua perbuatan dilakukan karena ingin dipandang sebagai orang baik. Ia melakukan kebaikan bukan karena ketaatan menjalankan perintah Allah SWT.

Para Ulama mewanti-wanti akan sifat ini. Petikan syair;

Janganlah kamu mencari pujian manusia. Terutama dalam niat untuk melakukan perbuatan-perbuatan baik. Karena itu merupakan SYIRIK (menyekutukan Allah).”

6. Meremehkan Orang Lain

sombong, sombong adalah, orang sombong, kesombongan, ciri-ciri orang sombong, arti sombong, pengertian sombong, psikologi orang sombong, ciri-ciri sombong, orang yg sombong, ciri ciri orang sombong menurut alquran, anak sombong, ayat alquran tentang sombong, ayat alquran untuk orang sombong, kesombongan menurut alquran, ciri ciri orang angkuh,

Satu lagi karakter orang sombong adalah suka meremehkan orang lain. Ia beranggapan bahwa orang lain tidak mampu. Orang lain lebih rendah. Dan lain lain.

Padahal, dunia berputar.

Orang yang diremehkan. Di masa yang akan datang malah bisa jadi lebih pintar dan sejahtera atau bahkan lebih bertaqwa di hadapan Allah SWT.

Rasulullah bersabda : “Jangan kau hina siapapun pun. Dan jangan pula remehkan kebaikan (mereka) sedikit pun meski itu hanya berbicara kepada saudaramu dengan wajah yang tersenyum. Padahal sungguh itu adalah bagian dari kebajikan(sedekah). (HR. Abu Daud)

7. Menuhankan Dirinya/Merasa Pusat Kebenaran

Caknun menulis di websitenya;

Manusia yang merasa memiliki kebenaran hanya karena ia melakukan tahap pemahamannya, tidak sadar bahwa ia menuhankan dirinya, meskipun sedebu.

Berhati-hatilah dalam berfikir.
Jangan merasa paling benar.
Buka ruang diskusi.
Buka keraguan dalam fikiran.
Gunakan akal dan hati.
Kunjungi majelis ilmu.
Supaya tidak terjebak dalam kesombongan atau ketakaburan. Wallahu Alam.