Author: Rizal Hadizan

40 List Film Iran yang Plotnya Keren, Wajib Nonton

film iran

Film Iran bagi saya selalu menarik, karena banyak banget cerita unik kehidupan manusia di bagian bumi lain yang jarang saya temukan di sini. Memang sih, bukan referentasi kehidupan nyata masyarakat sana, namanya juga fiksi, tapi seenggaknya menggambarkan pikiran si penulis skenario atau sang sutradara dalam merefleksikan fenomena di sekitarnya, yes?

Film Iran enggak sepopuler film Korea atau Jepang, tapi plot dan ceritanya bikin saya gregetan dan penasaran. Kok bisa? karena film Iran umumnya mengangkat cerita sederhana kehidupan sehari-hari, dramanya kental tapi tetap terlihat realistis dan rata-rata kontennya kritik sosial.

Buat kamu yang nyari tontonan bernuansa humanis mencerahkan, coba jajal 40 film Iran terbaik sepanjang masa, versi saya ini.

Oh iya, sengaja plotnya enggak diceritain, karena takut spoiler, soalnya banyak yang twist, intens dan mindfuck.

1. Film Iran A Separation (2011)

film a separation, film iran
film iran a separation
  • Rating di Imdb mendapat skor 8.3/10
  • Sutradara: Asghar Farhadi
  • Penulis: Asghar Farhadi
  • Para Pemain: Payman Maadi, Leila Hatami, Sareh Bayat

2. Film Iran The Salesman (2016)

film iran the salesman

  • Rating di Imdb mendapat skor 7.8/10
  • Sutradara: Asghar Farhadi
  • Penulis: Asghar Farhadi
  • Para Pemain: Taraneh Alidoosti, Shahab Hosseini, Babak Karimi

3. Film Iran Children Of Heaven (1997)

film iran children of heaven

  • Rating di Imdb mendapat skor 8.3/10
  • Sutradara: Majid Majidi
  • Penulis: Majid Majidi
  • Para Pemain: Mohammad Amir Naji, Amir Farrokh Hashemian, Bahare Seddiqi

4. Film Iran About Elly (2009)

film iran about elly

  • Rating di Imdb mendapat skor 8.1/10
  • Sutradara: Asghar Farhadi
  • Penulis: Asghar Farhadi (skenario), Azad Jafarian
  • Para Pemain: Golshifteh Farahani, Shahab Hosseini, Taraneh Alidoosti

5. Film Iran Persepolis (2007)

film iran persepolis

  • Rating di Imdb mendapat skor 8.1/10
  • Sutradara: Vincent Paronnaud, Marjane Satrapi
  • Penulis: Marjane Satrapi (Komik), Vincent Paronnaud (skenario)
  • Para Pemain: Chiara Mastroianni, Catherine Deneuve, Gena Rowlands

6. Film Iran Taste of Cherry (1997)

  • Rating di Imdb mendapat skor 7.7/10
  • Sutradara: Abbas Kiarostami
  • Penulis: Abbas Kiarostami
  • Para Pemain: Homayoun Ershadi, Abdolrahman Bagheri, Afshin Khorshid Bakhtiari

7. Film Iran The White Balloon (1995)

  • Rating di Imdb mendapat skor 7.8/10
  • Sutradara: Jafar Panahi
  • Penulis: Abbas Kiarostami, Jafar Panahi
  • Para Pemain: Aida Mohammadkhani, Mohsen Kafili, Fereshteh Sadre Orafaiy

8.  Film Iran Baran (2001)

  • Rating di Imdb mendapat skor 7.8/10
  • Sutradara: Majid Majidi
  • Penulis: Majid Majidi
  • Para Pemain: Hossein Abedini, Zahra Bahrami, Mohammad Amir Naji

9. Film Iran The Song Of Sparrow (2008)

  • Rating di Imdb mendapat skor 8.0/10
  • Sutradara: Majid Majidi
  • Penulis: Majid Majidi
  • Para Pemain: Mohammad Amir Naji, Maryam Akbari, Kamran Dehghan

10. Film Iran Taxi Tehran (2015)

  • Rating di Imdb mendapat skor 7.3/10
  • Sutradara: Jafar Panahi
  • Penulis: Jafar Panahi
  • Para Pemain: Jafar Panahi

11. Film Iran Offside (2006)

  • Rating di Imdb mendapat skor 7.3/10
  • Sutradara: Jafar Panahi
  • Penulis: Jafar Panahi, Shadmehr Rastin
  • Para Pemain: Sima Mobarak-Shahi, Shayesteh Irani, Ayda Sadeqi

12. Film Iran Crimson Gold (2003)

  • Rating di Imdb mendapat skor 7.6/10
  • Sutradara: Jafar Panahi
  • Penulis: Abbas Kiarostami (Skenario)
  • Para Pemain: Hossain Emadeddin, Kamyar Sheisi, Azita Rayeji

13. Film Iran The Past (2013)

  • Rating di Imdb mendapat skor 7.8/10
  • Sutradara: Asghar Farhadi
  • Penulis: Asghar Farhadi
  • Para Pemain: Bérénice Bejo, Tahar Rahim, Ali Mosaffa

14. Film Iran Where is the Friend’s Home? (1987)

  • Rating di Imdb mendapat skor 8.1/10
  • Sutradara: Abbas Kiarostami
  • Penulis: Abbas Kiarostami
  • Para Pemain: Babek Ahmed Poor, Ahmed Ahmed Poor, Khodabakhsh Defaei

15. Through The Olive Trees (1994)

  • Rating di Imdb mendapat skor 7.8/10
  • Sutradara: Abbas Kiarostami
  • Penulis: Abbas Kiarostami, Harold Manning
  • Para Pemain: Mohamad Ali Keshavarz, Farhad Kheradmand, Zarifeh Shiva

16. Circumstance (2011)

  • Rating di Imdb mendapat skor 5.9/10
  • Sutradara: Maryam Keshavarz
  • Penulis: Maryam Keshavarz
  • Para Pemain: Sarah Kazemy, Nikohl Boosheri, Reza Sixo Safai

17. This Is Not a Film (2011)

  • Rating di Imdb mendapat skor 7.5/10
  • Sutradara: Mojtaba Mirtahmasb, Jafar Panahi
  • Penulis: Jafar Panahi
  • Para Pemain: Jafar Panahi, Igi, Mrs. Gheirat

18. The Color of Paradise (1999)

  • Rating di Imdb mendapat skor 8.2/10
  • Sutradara: Majid Majidi
  • Penulis: Majid Majidi
  • Para Pemain: Hossein Mahjoub, Mohsen Ramezani, Salameh Feyzi

19. The Lizard (2004)

  • Rating di Imdb mendapat skor 8.6/10
  • Sutradara: Peyman Ghassemkhani
  • Penulis: Majid Majidi
  • Para Pemain: Parviz Parastui, Bahram Ibrahimi, Shahrokh Foroutanian

20. Life, and Nothing More (1992)

  • Rating di Imdb mendapat skor 8.0/10
  • Sutradara: Abbas Kiarostami
  • Penulis: Abbas Kiarostami
  • Para Pemain: Farhad Kheradmand, Buba Bayour, Hocine Rifahi

21. Ten (2002)

  • Rating di Imdb mendapat skor 7.5/10
  • Sutradara: Abbas Kiarostami
  • Penulis: Abbas Kiarostami
  • Para Pemain: Mania Akbari, Amin Maher, Kamran Adl

22. Under The Shadow (2016)

  • Rating di Imdb mendapat skor 6.9/10
  • Sutradara: Babak Anvari
  • Penulis: Babak Anvari
  • Para Pemain: Narges Rashidi, Avin Manshadi, Bobby Naderi

23. Closed Curtain (2013)

  • Rating di Imdb mendapat skor 6.6/10
  • Sutradara: Jafar Panahi, Kambuzia Partovi
  • Penulis: Jafar Panahi (skenario)
  • Para Pemain: Kambuzia Partovi, Maryam Moqadam, Jafar Panahi

24. The Green Wave (2010)

  • Rating di Imdb mendapat skor 7.6/10
  • Sutradara: Ali Samadi Ahadi
  • Penulis: Ali Samadi Ahadi, Oliver Stoltz
  • Para Pemain: Mohsen Kadivar, Mitra Khalatbari, Shadi Sadr

25. Gheisar (1969)

  • Rating di Imdb mendapat skor 7.8/10
  • Sutradara: Masud Kimiai
  • Penulis: Masud Kimiai
  • Para Pemain: Behrouz Vossoughi, Pouri Baneai, Naser Malek Motiee

26. Pig (2018)

  • Rating di Imdb mendapat skor 6.6/10
  • Sutradara: Mani Haghighi
  • Penulis: Mani Haghighi
  • Para Pemain: Hasan Majuni, Leila Hatami, Leili Rashidi

27. Turtles Can Fly (2004)

  • Rating di Imdb mendapat skor 8.1/10
  • Sutradara: Bahman Ghobadi
  • Penulis: Bahman Ghobadi
  • Para Pemain: Soran Ebrahim, Avaz Latif, Saddam Hossein Feysal

28. The Willow Tree (2005)

  • Rating di Imdb mendapat skor 7.5/10
  • Sutradara: Majid Majidi
  • Penulis: Majid Majidi
  • Para Pemain: Parviz Parastui, Roya Taymourian, Afarin Obeisi

29. The Report (1977)

  • Rating di Imdb mendapat skor 7.2/10
  • Sutradara: Abbas Kiorastamu
  • Penulis: Abbas Kiorastamu
  • Para Pemain: Shohreh Aghdashloo, Kurosh Afsharpanah, Mehdi Montazar

30. The Circle (2000)

  • Rating di Imdb mendapat skor 7.5/10
  • Sutradara: Jafar Panahi
  • Penulis: Kambuzia Partovi (skenario), Jafar Panahi
  • Para Pemain: Maryiam Palvin Almani, Nargess Mamizadeh, Mojgan Faramarzi

31. I’m Taraneh, Iam Fifteen Years Old (2000)

  • Rating di Imdb mendapat skor 7.3/10
  • Sutradara: Rasoul Sadrameli
  • Penulis: Kambuzia Partovi, Rasoul Sadrameli
  • Para Pemain: Taraneh Alidoosti, Negar Javaherian, Hossein Mahjoub

32. Che (2014)

  • Rating di Imdb mendapat skor 6.2/10
  • Sutradara: Ebrahim Hatamikia
  • Penulis: Ebrahim Hatamikia
  • Para Pemain: Fariborz Arabnia, Saeed Rad, Merila Zare’i

33. Killing Mad Dog (2001)

  • Rating di Imdb mendapat skor 7.9/10
  • Sutradara: Bahram Beizai
  • Penulis: Bahram Beizai
  • Para Pemain: Mozhdeh Shamsai, Majid Mozaffari, Reza Kianian

34. Close-Up (1990)

  • Rating di Imdb mendapat skor 8.3/10
  • Sutradara: Abbas Kiarostami
  • Penulis: Abbas Kiarostami
  • Para Pemain: Hossain Sabzian, Mohsen Makhmalbaf, Abolfazl Ahankhah

35. Breath (2016)

  • Rating di Imdb mendapat skor 7.6/10
  • Sutradara: Narges Abyar
  • Penulis: Narges Abyar
  • Para Pemain: Gelare Abasi, Mehran Ahmadi, Jamshid Hashempur

36. The Apple (1998)

  • Rating di Imdb mendapat skor 7.6/10
  • Sutradara: Samira Makhmalbaf
  • Penulis: Mohsen Makhmalbaf, Samira Makhmalbaf
  • Para Pemain: Massoumeh Naderi, Zahra Naderi, Ghorban Ali Naderi

37. The Hidden Half (2001)

  • Rating di Imdb mendapat skor 7.1/10
  • Sutradara: Tahmineh Milani
  • Penulis: Tahmineh Milani
  • Para Pemain: Niki Karimi, Mohammad Nikbin, Atila Pesiani

38. Firework Wednesday (2006)

film iran fireworks wednesday
  • Rating di Imdb mendapat skor 7.8/10
  • Sutradara: Asghar Farhadi
  • Penulis: Asghar Farhadi, Mani Haghighi
  • Para Pemain: Hamid Farokhnezhad, Hediyeh Tehrani, Taraneh Alidoosti

39. Mum’s Guest (2004)

film iran mum’s guest
  • Rating di Imdb mendapat skor 7.2/10
  • Sutradara: Dariush Mehrjui
  • Penulis: Houshang Moradi Kermani (novel)
  • Para Pemain: Golab Adineh, Parsa Pirouzfar, Amin Hayayee

40. The Kingdom of Solomon (2010)

film iran kingdom of solomon
  • Rating di Imdb mendapat skor 6.7/10
  • Sutradara: Shahriar Bahrani
  • Penulis: Shahriar Bahrani
  • Para Pemain: Amin Zendegani, Mahmood Pakniat, Elham Hamidi

Barangkali itulah list 40 film Iran terbaik sepanjang masa versi saya.

Oh iya, pesan terakhir. Jangan remehin tahun pembuatan film, karena banyak film Iran yang jadul tapi kualitas cerita dan plotnya lebih bagus dari film-film sekarang.

Selamat menonton. Salam

{ Add a Comment }

11 Film Tentang Wanita Berkarakter Cadas, Pintar dan Mandiri

film tentang wanita

Film tentang wanita berkarakter kuat, cerdas dan mandiri banyak bermunculan dua dekade ini.

Film-film ini hadir karena menguatnya pemahaman bahwa wanita, bukanlah sub-ordinat laki-laki alias setara di mata masyarakat dunia.

Nah, jika kamu sedang mencari film tentang wanita yang punya karakter kuat dan mandiri. Coba tonton deh 11 Film berikut ini, maaf ada spoiler dikit:

1. Film Tentang Wanita Mad Max: Fury Road (2015)

Sumber gambar: wikimedia

  • Rating di Imdb mendapat skor 8.1/10
  • Mendapatkan 6 Piala Oscars. 232 Penghargaan lainnya dan 219 nominasi film
  • Sutradara: George Miller
  • Penulis Skenario: George Miller, Brendan McCarthy
  • Para Pemain: Tom Hardy, Charlize Theron, Nicholas Hoult

Film tentang wanita yang mengisahkan Imperator Furiosa. Ia didaulat menjadi panglima perang, tapi ia berkhianat karena ingin menyelamatkan para wanita yang dijadikan budak seksual.

Di tengah perjalanan ia bertemu Max, mereka kemudian bekerja sama untuk kabur dari kejaran sang diktator.

Bagi saya film ini cukup mendebarkan dan menginspirasi, pasalnya aksi kejar-kejarannya seru banget dan juga Furiosa digambarkan sebagai sosok cadas dan punya jiwa kepemimpinan.

Pantesan dapet oscar, tonton deh.

2. Mulan (1998)

Sumber gambar: Wikimedia

  • Rating di Imdb mendapat skor 7.6/10
  • Sutradara: Tony Bancroft, Barry Cook
  • Penulis: Robert D. San Souci (kisah nyata), Rita Hsiao (penulis skenario)
  • Para Pemain: Ming-Na Wen, Eddie Murphy, BD Wong

Film tentang wanita kedua yaitu Mulan. Ia bukan generasi milenial, ia lahir di zaman dimana wanita dianggap lemah dan harus dilindungi.

Disaat yang sama, Ayah Mulan adalah prajurit tua yang pernah ikut berperang, ketika ayahnya tak bisa ikut berperang karena sakit.

Mulan kemudian berpura-pura menjadi pria lalu menggantikan ayahnya sebagai perwakilan keluarga.

Saya lahir di Indonesia di mana wanita digambarkan sebagai sosok yang penurut, kemayu dan lemah lembut.

Film Mulan ini seolah ingin membuktikan bahwa perempuan Asia bisa kok jadi sosok pemberontak, kuat secara fisik dan mental, bahkan menjadi panglima perang.

Oh iya, film ini terinspirasi dari kisah nyata loh, keren.

3. Erin Brockovich (2000)

Sumber gambar: wikimedia

  • Rating di Imdb mendapat skor 7.3/10
  • Sutradara: Steven Soderbergh
  • Penulis skenario: Susannah Grant
  • Para pemain: Julia Roberts, Albert Finney, David Brisbin

Film tentang wanita ini bergenre autobiografi, itu artinya berlatar belakang kisah nyata.

Menceritakan Erin Brockovic, sosok perempuan inspiratif yang berjuang mengungkap kebenaran tentang perusahaan PG&E yang merusak lingkungan dan menyebabkan kematian.

Saya pribadi menganggap film ini sangat powerful.

Ya gimana enggak? Seorang single parent yang memiliki 3 anak, serta tak punya pekerjaan tetap, berjuang melawan ke-dzalim-an sebuah perusahaan raksasa. Wow!!

4. Serenity (2005)

Sumber gambar: wikimedia

  • Rating di Imdb mendapat skor 7.9/10
  • Sutradara: Joss Whedon
  • Penulis Skenario: Joss Whedon
  • Para Pemain: Nathan Fillion, Gina Torres, Chiwetel Ejio

Film tentang wanita berjudul Serenity ini banyak memakai variasi sifat dan kelebihan perempuan, jadinya enggak satu narasi.

Ada Kylee yang manis tapi percaya diri, River yang bener-bener cadas dan Zoe yang punya jiwa kepemimpinan, wah banget lah.

5. Matilda (1996)

  • Rating di Imdb mendapat skor 6.9/10
  • Sutradara: Danny DeVito
  • Penulis: Roald Dahl (buku), Nicholas Kazan (skenario)
  • Para Pemain: Danny DeVito, Rhea Perlman, Mara Wilson

Matilda, film tentang wanita era 90-an, enggak bisa saya lupain karena sering tayang di tv nasional.

Bercerita tentang anak usia 12 tahun yang jenius dan dewasa. Ia lahir dalam keluarga yang “kurang terpelajar” dan apatis.

Untungnya ia bersahabat dengan gurunya yang cerdas dan peduli. Pesan yang mungkin ingin disampaikan dari film ini adalah bahwa;

Perempuan berhak cerdas, terpelajar dan memilih peran hidupnya.

 

6. The Harry Potter Series (2001-2011)

  • Sumber Gambar: Wikimedia
  • Rating di Imdb bervariasi
  • Penulis Buku: J.K Rowling
  • Para Pemain: Daniel Radcliffe, Rupert Grint, Ema Watson

Orang-orang pastinya udah pada tau sama film Harry Potter, tapi yang lupa disorot adalah karakter Hermionenya ini.

Sosok fiksi yang satu ini inspiratif banget.

Hermione ngajarin saya bahwa wanita itu bisa kok jadi pinter, berani dan cerdas, malahan kecerdasannya diatas rata-rata.

7. Pocahontas (1995)

Sumber Gambar: Wikimedia

  • Rating di Imdb mendapat skor 6.7/10
  • Sutradara: Mike Gabriel, Eric Goldberg
  • Penulis skenario: Carl Binder, Susannah Grant
  • Pengisi Suara: Mel Gibson, Linda Hunt, Christian Bale

Film tentang wanita Pocahontas, film animasi Disney berlatar belakang masa kolonial inggris di Amerika.

Menceritakan pertemuan seorang tentara inggris dengan anak pemimpin suku Indian Algonquin, kemudian tumbuhlah benih cinta diantara mereka.

Spoiler: Film ini menarik karena Pocahontas adalah sosok wanita petualang dan pemberontak tapi mampu menghentikan peperangan.

Ia pun lebih memilih menjadi pimpinan suku ketimbang menjadi kekasih pria yang yang dicintainya.

Wow banget, jarang-jarang ada film tentang wanita yang lebih pilih kekuasaan dibanding cinta, ye kan?

8. Wild (2014)

Sumber gambar wikimedia

  • Rating di Imdb mendapat skor 7.1/10
  • Sutradara: Jean-Marc Vallée
  • Penulis: Nick Hornby (Penulis Skenario), Cheryl Strayed (Catatan Harian berjudul “Wild: From Lost to Found on the Pacific Crest Trail”)
  • Para Pemain: Reese Witherspoon, Laura Dern, Gaby Hoffmann

Wild adalah film biografi bergenre drama adventure yang menceritakan seorang wanita bernama Cheryl Strayed yang memutuskan untuk keluar rumah untuk menjadi hiker di Pacific Crest Trail, dia melakukan itu mencari jati dirinya.

Karakter utama film ini membuktikan bahwa wanita bisa banget mandiri, berani dan kuat secara fisik.

Sedikit spoiler ya, banyak adegan seks jadi ketika nonton sebaiknya enggak bareng anak dibawah umur.

9. Kill Bill (2003)

Sumber gambar wikimedia

  • Rating di Imdb mendapat skor 8.1/10
  • Sutradara: Quentin Tarantino
  • Penulis Naskah: Quentin Tarantino
  • Para Pemain: Uma Thurman, David Carradine, Daryl Hannah

Kill Bill merupakan film tentang wanita bergenre aksi besutan sutradara terkenal Quentin Tarantino, bercerita tentang wanita yang memiliki nama samaran “Black Mamba”.

Ia ditembak mati oleh organisasi tempat ia dulu bekerja “Deadly Viper”. Empat tahun berlalu ternyata sang wanita selamat lalu memutuskan untuk membalas dendam kepada organisasi tersebut.

Film yang disutradai oleh Quentin Tarantino ini emang epik dan bikin gregetan. Mungkin karena karakter utamanya ini cadas banget. Wanita kuat, mandiri dan enggak minta bantuan “pangeran” buat balas dendam.

10. Joy (2015)

Sumber gambar wikimedia

  • Rating di Imdb mendapat skor 6.6/10
  • Sutradara: David O. Russell
  • Penulis: David O. Russell (skenario), Annie Mumolo (kisah nyata
  • Para Pemain: Jennifer Lawrence, Robert De Niro, Bradley Cooper

Satu lagi film tentang wanita bergenre biografi berjudul Joy. Ia perempuan yang baru bercerai, harus mengurus dua anak, ibunya memiliki gangguan jiwa, neneknya sudah tua serta mantan suaminya yang masih tinggal bersamanya.

Segala keterbatasan di atas tidak menyurutkan niatnya untuk menjadi seorang entrepreneur sukses.

Meskipun banyak rintangan atau kesulitan yang datang, dia tetap konsisten, pantang menyerah serta kuat menghadapi itu semua, sangat inspiratif.

11. Wonder Woman (2017

  • Rating di Imdb mendapat skor 7.5/10
  • Sutradara: Patty Jenkins
  • Penulis : Allan Heinberg (Skenariao), Zack Snyder (Komik)
  • Para Pemain: Gal Gadot, Chris Pine, Robin Wright

Wonder Woman, film tentang wanita yang cukup keren, soalnya pahlawan supernya perempuan.

Banyak banget dominasi film Hollywood bergenre aksi “super hero” tapi pemeran utamanya laki. Kayaknya ini satu-satunya deh film aksi “super hero” yang karakter utamanya wanita. Wajib tonton!

Penutup

Film tentang wanita berkarakter kuat, mandiri, cerdas memang tidak terlalu banyak. Namun, meski film-film tersebut masih sedikit, harusnya sih bisa menghilangkan stereotype tentang wanita.

Kalau kamu punya rekomendasi film lain, yang karakter utamanya wanita, silahkan komentar yaa.

{ Add a Comment }

10 Film Jepang Sedih yang Bikin Mewek Bombay

Film Jepang Sedih cocok banget ditonton pas akhir pekan, apalagi nontonnya bareng pasangan atau keluarga, jadi bisa nangis bareng deh. Hihi

Kan bosen ya nonton film romantis-komedi, yang jalan ceritanya berakhir bahagia. Sekali-kali film jepang sedih yang bikin mewek juga perlu ditonton, sebagai bahan referensi dan pemuas rasa galau.

Ngingetin aja, sebelum nonton 10 film jepang sedih ini, sebaiknya siapin dulu tisu atau sapu tangan, karena pasti kamu bakal mewek kayak ngiris bawang bombay.

Tenang, list dibawah enggak banyak spoiler kok.

1. Her Love Boils Bathwater (2016)

film jepang sedih Her Love Boils Bathwater (2016)

Sumber Gambar: Wikimedia

  • Rating di Imdb mendapat skor 7.6/10
  • Memenangkan 13 penghargaan serta dinominasikan dalam 3 kategori film lain.
  • Sutradara: Ryōta Nakano
  • Penulis Skenario: Ryōta Nakano
  • Para Pemain: Rie Miyazawa, Hana Sugisaki, Joe Odagiri

Premis film jepang sedih: Seorang Ibu yang kuat, tegas dan penyayang tiba-tiba saja didiagnosis kanker stadium akhir. Dia hanya punya beberapa bulan buat hidup. Sebelum “berpulang” si Ibu terpanggil untuk melakukan “sesuatu” buat anak dan suaminya yang pergi menghilang.

Film jepang sedih yang pertama ini judulnya agak nyeleneh “Her Love Boils Bathwater”.

Kalau diartiin kira-kira “Cinta-nya Mendidihkan Tempat Mandi”. Sepintas baca judulnya kayak film komedi, tapi bukan kok, ini film dengan genre drama, sedih dan mengharukan pake banget.

Film ini bakal membuat kamu tersentuh akan kekuatan cinta yang tulus dari seorang ibu, diakhir film kamu pasti nangis dan pengen meluk Ibu kamu.

2. One Litre Of Tears (2005)

Sumber gambar: Wikimedia

  • Rating di Imdb mendapat skor 8.0/10
  • Sutradara: Riki Okamura
  • Catatan Harian: Aya Kito
  • Penulis Skenario: Takao Tanaka
  • Para Pemain: Asae Ohnishi, Kazuko Katô, Yoshimi Ashikawa

Premis Film jepang sedih: Seorang siswi SMP kelas 9 bernama Aya Kito harus menerima kenyataan bahwa dirinya terkena penyakit langka yaitu Spinocerebellar ataxia (SCA). Penyakit ini melumpuhkan semua anggota badannya secara bertahap. Hal tersebut tak membuat dirinya patah arang untuk menjalani hidup sepenuhnya.

Film jepang sedih bergenre tragedi dipadukan dengan drama yang cukup intens, saya waktu itu nonton pas zaman SMA, emang lagi musimnya dvd bajakan film jepang sedih sih, saya inget banget sampe mempertanyakan “keimanan” gara-gara nonton ini, alasannya karena;

“Udah mah menderita pas hidupnya di dunia, masuk neraka lagi karena enggak beriman sama agama yang saya anut, kok Tuhan setega itu ya?”

Film ini sangat menyentuh, apalagi kisah ini diilhami dari kejadian nyata dan catatan harian yang ditulis oleh Aya Kito sendiri dalam menjalani hari-harinya. Hu-hu-hu ?

3. If Cats Disappeared From the World (2016)

Sumber Gambar: Wikimedia

  • Rating di Imdb mendapat skor 7.1/10
  • Sutradara: Akira Nakai
  • Novel: Genki Kawamura
  • Penulis Skenario: Yoshikazu Okada
  • Para Pemain: Takeru Sato, Gaku Hamada, Mieko Harada, Anna Ishii

Premis film jepang sedih: Seorang tukang pos tiba-tiba saja didiagnosis kanker otak oleh dokter, dalam keadaan putus-asa datanglah iblis menawarkan “kehidupan” dengan syarat-syarat yang absurd.

Film ini bagi saya sangat tragis namun disajikan dengan memikat. Kita diinggatkan tentang pentingnya hubungan antar manusia, baik dalam pertemanan ataupun keluarga.

Oh iya, Takeru Sato ini salah satu aktor keren Jepang, dia sudah membintangi beberapa film seperti Samurai X dan Beck, jadi jangan ragu buat nonton film ini.

4. Love Letter (1995)

film jepang love letter

Sumber Gambar: Wikimedia

  • Rating di Imdb mendapat skor 8.0/10
  • Memenangkan 14 penghargaan serta dinominasikan dalam 3 kategori film lain.
  • Sutradara: Shunji Iwai
  • Penulis Skenario: Shunji Iwai
  • Para Pemain: Miho Nakayama, Etsushi Toyokawa, Bunjaku Han

Premis Film Jepang Sedih: Hiroko Watanabe mengenang kematian Itsuki, tunangannya dua tahun lalu. Dalam keadaan sedih, dia menulis surat kemudian mengirimkannya ke alamat lama rumah Itsuki.

Tak disangka, ia mendapat balasan, bukan dari tunangannya, tapi dari wanita yang memiliki nama sama, kemudian mereka menjadi sahabat pena dan saling mengirim surat yang isinya membicarakan Itsuki ketika masih hidup.

Film ini masterpiece, ceritanya sederhana tapi nusuk di hati.

5. Departures (2008)

Sumber Gambar: Wikimedia

  • Rating di Imdb mendapat skor 8.1/10
  • Memenangkan Oscar untuk kategori film asing terbaik.
  • Sutradara: Yōjiro Takita
  • Penulis Skenario: Kundo Koyama
  • Para Pemain: Masahiro Motoki, Ryôko Hirosue, Tsutomu Yamazaki

Premis Film Jepang Sedih: Daigou Kobayashi, seorang pemain cello yang harus berhenti karena teater tempatnya bekerja mengalami kebangkrutan. Ia memutuskan pindah ke rumah orang tuanya di pedesaan. Lalu Ia menemukan pekerjaan sebagai pengurus jenazah di sebuah jasa pemakaman.

Saya kagum dengan film ini karena menggambarkan cara orang Jepang mengurus jenazah sebelum dimakamkan. Ada beberapa bagian dari film ini yang cukup sedih, bikin speechless dan terharu, tonton deh.

6. Be With You (2004)

Sumber Gambar: Wikimedia

  • Rating di Imdb mendapat skor 8.0/10
  • Sutradara: Nobuhiro Doi
  • Novel Karya: Takuji Ichikawa
  • Penulis Skenario: Yoshikazu Okada
  • Para Pemain: Yûko Takeuchi, Shidô Nakamura, Akashi Takei

Premis Film: Takumi, seorang duda beranak satu yang ditinggal meninggal istrinya. Suatu ketika, istrinya yang sudah meninggal itu mendatangi mereka, namun sang istri tidak ingat pernah menikah dan memiliki anak.

Film yang sangat menyentuh, saya enggak mau banyak spoiler, sebaiknya tonton aja, bikin mata berkaca-kaca.

7. Virgin Snow (2007)

Sumber Gambar: Wikimedia

  • Rating di Imdb mendapat skor 6.6/10
  • Sutradara: Nobuhiro Doi
  • Novel Karya: Takuji Ichikawa
  • Penulis Skenario: Yoshikazu Okada
  • Para Pemain: Yûko Takeuchi, Shidô Nakamura, Akashi Takei

Premis Film: Min, siswa SMA asal Korea harus pindah ke Jepang karena ayahnya bekerja sebagai pengerajin keramik. Min kemudian bertemu Nanae seorang gadis Jepang yang baik hatinya, kemudian mereka berdua saling jatuh cinta.

Film ini genrenya romance jadi emang rada cliche dikit, saya nonton film ini pas SMA, waktu itu saya masih polos, film jenis apapun ditontonin semua, kalau sekarang sih disuruh nonton film romantis kayak gini, ya mikir-mikir dulu.

Eits, tapi bukan berarti film Jepang Sedih berjudul Virgin Snow ini jelek ya, cukup layak kok ditonton saat senggang, bitter sweet bikin mewek gitu.

8. Midnight Sun (2006)

Sumber Gambar: Wikimedia

  • Rating di Imdb mendapat skor 7.3/10
  • Sutradara: Norihiro Koizumi
  • Penulis Skenario: Kenji Bando
  • Para Pemain: YUI, Takashi Tsukamoto, Kuniko Asagi

Premis Film: Kaoru Amane, gadis berusia 16 tahun yang menderita penyakit kulit langka namanya xeroderma pigmentosum (XP). Penyakit ini menyebabkan dirinya tidak boleh terkena sinar matahari karena membahayakan tubuhnya.

Oke, film ini cukup mengharukan karena si Kaoru ini cuma bisa keluar pas malem hari, tapi tak menghalangi Kaoru untuk berkenalan dengan pria, lalu jatuh cinta, hu-hu-hu

Kaoru diperankan YUI, kalau kamu penikmat lagu-lagu Jepang pasti kenal dengan musisi yang satu ini, dia juga ngisi dan nyanyi dalam film jepang sedih ini loh. Sedih dengerin musiknya.

9. My Rainy Days (2009)

Rating di Imdb mendapat skor 7.1/10

Sutradara: Yuri Kanchiku

Para Pemain: Nozomi Sasaki, Shôsuke Tanihara, Hikaru Yamamoto

Premis Film: Rio Ozawa, gadis SMA berusia 17 tahun bekerja paruh waktu sebagai “wanita panggilan”. Suatu hari secara tak sengaja ia bertemu dengan seorang dosen bernama Kouki Ozawa. Rio yang hanya menyukai uang bingung dengan perasaannya, karena untuk pertama kalinya ia jatuh cinta.

10. Heavenly Forest (2006)

  • Rating di Imdb 7.6/10
  • Sutradara: Takehiko Shinjo
  • Penulis: Takuji Ichikawa (novel), Kenji Bando (skenario)
  • Para Pemain: Aoi Miyazaki, Hiroshi Tamaki, Munetaka Aoki

Premis Film: Makoto, mahasiswa baru yang sedikit pemalu bertemu gadis lucu bernama Shizuru, entah mengapa Makoto bisa berteman akrab dengan Shizuru. Mereka sering menghabiskan waktu bersama di hutan karena memiliki hobi yang sama, fotografi.

Tapi eh tapi, ternyata Makoto menyukai mahasiswi lain bernama Miyuki, padahal Shizuru sudah kadung menyukai Makoto. Satu kata yang bisa menggambarkan film ini, “FRIENDZONE”. Kalau kamu pernah mengalami hal ini pasti rasanya sakit banget beud, sedih.

Penutup

Dari 10 film Jepang sedih ini manakah yang paling sedih menurut kamu? Oh iya, kalau punya rekomendasi film sedih lainnya jangan sungkan buat komen di bawah ya.

Ssttt.. Kalau nonton sendirian cari di tempat sepi ya, biar nggak malu kalau ketauan nangis. ?

{ Add a Comment }

5 Film Twist Era 90-an ini Bikin Mulut Menganga, Kamu Bakal Kagum sama Plotnya

film twist

Film twist bergenre thiller, horror, misteri dan kriminal selalu membuat saya geleng-geleng kepala. Dan berdecak kagum karena plot yang disajikannya.

Apalagi kalau nontonnya sambil nebak-nebak apa yang bakal terjadi selanjutnya, seru tapi sering salah sih.

Nah, kalau kamu penggemar film twist yang akhir ceritanya susah ditebak maka kamu wajib menonton daftar film twist yang keluar era 90’an dibawah ini, dijamin deh nggak bakalan nyesel.

Tenang, saya enggak akan membocorkan ceritanya secara lebih mendalam alias spoiler free.

1. Film Twist The Usual Suspect (1995)

  • Rating di Imdb mendapat skor 8.6
  • Memenangkan 2 Oscars. dan 32 penghargaan lainnya serta dinominasikan dalam 5 kategori film lain.
    Sutradara: Bryan Singer
  • Penulis Skenario: Christopher McQuarrie
  • Para Pemain: Kevin Spacey, Gabriel Byrne, Chazz Palminter

Premis: Film twist ini bercerita tentang kejadian tembak-menembak yang terjadi di sebuah dermaga yang hanya menyisakan seorang saja, hal ini bermula saat lima orang penjahat kelas kakap yang tak saling kenal ditahan dalam satu sel.

Disini kamu akan mencoba menebak apa yang terjadi dan siapa dalang utama dibalik pembunuhan massal ini, oh iya sedikit saran sebaiknya sediakan kopi terlebih dulu karena ada beberapa bagian dari film ini yang membutuhkan konsentrasi dan bikin ngantuk.

2. Film Twist Se7en (1995)

https://www.youtube.com/watch?v=-Jxp1AqoSeM

Sumber gambar wikimedia

  • Rating di Imdb mendapat skor 8.6
  • Dinominasikan dalam Oscars. memenangkan 25 penghargaan lainnya serta dinominasikan dalam 33 kategori film lain.
  • Sutradara:: David Fincher
  • Penulis Skenario: Andrew Kevin Walker
  • Para Pemain: Morgan Freeman, Brad Pitt, Kevin Spacey

Premis: Dua orang detektif menangani sebuah kasus pembunuhan beruntun yang dilakukan oleh psikopat, semua korban adalah orang yang memiliki salah satu sifat dari “seven deadly sin”.

Film twist ini sangat menegangkan, meskipun kita tak perlu lagi menebak siapa pembunuhnya, namun jalan cerita apalagi ending-nya cukup mengejutkan dan intens banget, tonton deh enggak bakalan nyesel.

3. Film Twist Shawshank Redemption (1994)

Sumber gambar: wikimedia

  • Rating di Imdb mendapat skor 9.3
  • Mendapat 7 Nominasi Oscars. dan 19 penghargaan lainnya serta dinominasikan dalam 29 kategori film lain.
  • Sutradara: Frank Darabont
  • Diadaptasi dari cerpen Stephen King berjudul “Rita Hayworth and Shawshank Redemption”
  • Para Pemain: Tim Robbins, Morgan Freeman, Bob Gunton

Premis: Andy Dufresne yang berprofesi sebagai seorang bankir dituduh membunuh istrinya, kemudian dia dipenjara selama 20 tahun. Film ini menceritakan Andy Dufresne dan Ellis Boyd ‘Red’ Redding yang menjalani kehidupan sehari-hari mereka dipenjara dengan cara yang unik.

Film ini bagi saya adalah sebuah masterpiece, maka sangat wajar mendapat rating tertinggi untuk ukuran film holywood di situs Imdb. Ketika menonton film twist ini kamu tidak akan mengantuk karena suara Morgan Freeman yang sangat khas sebagai narator menyertai kita hingga film berakhir.

4. Film Twist Fighting Club (1999)

Sumber gambar: wikimedia

  • Rating di Imdb mendapat skor 8.8
  • Dinominasikan dalam Oscars. memenangkan 10 penghargaan lainnya serta dinominasikan dalam 34 kategori film lain.
  • Sutradara:: David Fincher
  • Penulis Skenario: Andrew Kevin Walker
  • Para Pemain: Morgan Freeman, Brad Pitt, Kevin Spacey

Premis: Seorang pekerja kantoran yang mengidap insomnia tiba-tiba saja rumahnya dibakar orang tak dikenal, dalam keadaan putus asa dia bertemu Tyler Durden yang membantu memberikan tempat tinggal, pekerjaan serta makna hidup yang sebenarnya.

Film ini cukup intens dan bikin kamu bertanya-tanya tentang makna hidup, perlu konsentrasi buat nonton film ini, tapi endingnya perfecto twisto muah. ?

5. Film Twist The Sixth Sense (1999)

Sumber Gambar: Wikimedia

  • Rating di Imdb mendapat skor 8.1
  • Dinominasikan dalam 6 Oscars. memenangkan 32 penghargaan lainnya serta dinominasikan dalam 47 kategori film lain.
  • Sutradara: M. Night Shyamalan
  • Penulis skenario: M. Night Shyamalan
  • Para Pemain: Bruce Willis, Haley Joel Osment, Toni Collett

Premis: Seorang anak indigo mampu melihat sekaligus berkomunikasi dengan para hantu, dia kemudian bekerja sama dengan seorang psikiatris spesialis anak untuk memecahkan kasus-kasus misteri dibantu oleh kesaksian para korban yang juga adalah hantu.

Film yang cukup menarik karena memadukan antar unsur horor dengan misteri bernuansa detektif, cocok ditonton bersama keluarga.

Ceritanya cukup memukau dengan ending yang begitu sempurna.

Dari kelima film twist ini mana yang kira-kira paling berkesan buat kamu?

Oh iya, kalau punya daftar film lain yang enggak kesebut silahkan komentar ya.

{ Add a Comment }