close

85 lebih kata bijak silaturahmi

Silaturahmi jadi salah satu acara yang khas dilakukan saat hari raya Idul Fitri. Mengunjungi rumah saudara atau sahabat ialah panorama yang sudah tidak asing dikala bersilaturahmi. Begitu juga dengan memohon maaf atas kesalahan yang sudah diperbuat. Tentu diperlukan dengan bersilaturahmi bisa mempererat tali persaudaraan di antara kamu dan orang lain.

Sebenarnya, silaturahmi tidak cuma dijalankan ketika Lebaran. Kamu pun tetap perlu mempertahankan hubungan ini dalam kehidupan sehari-hari. Bisa dimulai dengan cara sederhana, seperti menanyakan kabar, menghubungi ataupun mengantarkan kata-kata silaturahmi.

Eits, kau bingung bagaimana mengutarakannya? Jangan khawatir, alasannya kau bisa mengantarkan pesan atau mengutarakan secara pribadi lewat ucapan silaturahmi. Biar lebih paham, berikut puluhan kata-kata mutiara silaturahmi mirip dirangkum brilio.net dari aneka macam sumber pada Jumat (14/5).

Ucapan silaturahmi untuk keluarga.

1. “Silaturahmi itu meluaskan asumsi dan memperkaya sudut pandang. Dan salah satu dari sekian banyak pintu rezeki.”

2. “Persaudaraan ialah penyatuan. Menjadikan anda menyatu dengan mereka. Layaknya ikatan kerabat kandung yang tak mungkin bisa lepas.”

3. “Silaturahim ialah jembatan kasih sayang. Menjembatani dua sisi yang berlainan terhubung dengan jiwa kasih dan sayang.”

4. “Kita terlahir di keluarga berlawanan, tapi ikatan persaudaraan bisa mengakibatkan kita layaknya keluarga.”

5. “Ikatan persaudaraan menciptakan kita tak terpisahkan, saling menguatkan, dan saling menutupi kekurangan.”

6. “Silaturahmi, mendekatkan kebaikan, menjauhkan dari segala beban.”

7. “Orang yang beruntung yaitu orang yang mempunyai banyak pembela lewat sebuah ikatan persaudaraan.”

8. “Sejauh apapun kaki melangkah, keluarga adalah daerah terbaik untuk melepas lelah.”

9. “Sebaik-baiknya hubungan ialah yang saling mempertahankan silaturahmi dan kehormatan keluarga.”

10. “Tak banyak kata terucap, tetapi hati saling terikat dalam silaturahmi.”

11. “Silaturahmi adalah salah satu cara indah Allah untuk mempersatukan umatnya.”

12. “Dalam untaian tali silaturahmi, mudah-mudahan dapat menjadi penyejuk hati.”

13. “Jiwa-jiwa kembali putih seakan terlahir kembali. Jutaan syukur menggema di langit Ilahi. Semoga kemenangan ini menjadi kemenangan yang hakiki.”

14. “Meski wajah tak mampu berjumpa, tangan tak bisa saling menjabat, semoga coretan kata ini mampu menjadi jembatan di hari sarat kemenangan.”

15. “Di hari yang penuh kesucian dan kesukacitaan. Hari kemenangan dan hari untuk saling memaafkan. Mohon maaf lahir dan batin dan selamat hari raya Idul Fitri.”

16. “Seiring surya berseri indah dipagi sarat hikmat ini, kami mohon dibukakan pintu maaf apabila ada kata dan tindak yang tidak berkenan di hati.”

17. “Sunset Ramadhan beranjak pergi, berubah fajar Syawal di pagi hari, menenteng cahaya kedamaian di penghujung ramadhan, menebar berkah di hari kemenangan. Selamat Idul Fitri. Taqabbalallahu minna wa minkum. Minal aidin walfaizin.”

18. “Harta yang paling bernilai adalah ketabahan. Rekan yang paling setia yakni amal. Ibadah yang paling indah adalah keikhlasan. Identitas tertinggi ialah keyakinan. Pekerjaan paling berat yaitu memaafkan. Semoga kita jadi orang yang terpilih untuk menjalankan pekerjaan mulia ini.”

19. “Tidak ada kata seindah kata maaf, tidak ada tindakan seindah yang memaafkan, kini hati akan dibersihkan, tanpa noda dan kotoran. Selamat hari raya Idul Fitri, semoga kita jadi insan yang saling memaafkan.”

20. “Sucikan hati dengan dzikir, cerahkan hati dengan pikir, teruslah bersyukur dengan menebar senyuman. Selamat hari raya Idul Fitri.”

Kata-kata mutiara silaturahmi untuk teman dekat.

21. “Kebersamaan itu penting bukan hanya mempertahankan silaturahmi, namun harus menciptakan sesuatu yang lebih baik.”

22. “Terkadang kita diberikan rasa kesepian yang mendalam, biar kita lebih menghargai indahnya kebersamaan.”

23. “Jarak boleh terpisah, tapi kebersamaan tetap tersadar. Itulah pemahaman dari silaturahmi.”

24. “Sahabat mirip mata dan tangan, saat mata menangis tangan mengusap. Saat tangan terluka mata menangis. Maka dari itu semoga kau memperlihatkan pintu maaf untuk segala kesalahanku.”

25. “Kebersamaan itu mahal dan tak ternilai harganya. Maka beruntunglah bagi orang-orang yang mampu membelinya. Yaitu orang-orang yang peduli pada kebersamaan dengan keluarga dan orang terdekatnya”

Baca Juga:  Kata Bijak Berserah Diri Kepada Cinta

26. “Terpisah jarak, menjadi cara romantis semesta agar kita tetap saling menyapa. Selamat Lebaran, mohon maaf lahir dan batin.”

27. “Semoga di hari nan fitri ini, kita dapat menjadi orang beruntung yang berani untuk memaafkan dan mengikhlaskan yang terlewatkan.”

28. “Semoga melalui silaturahmi, mampu mendekatkan diri pada kebaikan, dan menjauhkan dari segala beban.”

29. “Silaturahmi adalah tentang kebersamaan. Jika rasa bersama sudah memudar maka silaturahmi akan terpecah.”

30. “Meski tangan belum sempat berjabat, tetapi izinkan hati untuk memohon maaf atas segala khilaf.”

Kata-kata bijak silaturahmi untuk teman kerja.

31. “Meski muka tak dapat berjumpa. Tangan tak bisa saling menjabat. Semoga coretan kata ini dapat menjadi jembatan di hari sarat kemenangan ini.”

32. “Semoga hati kita terlahir kembali dengan suci dan bersih. Hindari perbuatan cela semoga bisa menggugurkan dosa.”

33. Tiada teman tanpa salah, tiada kawan dekat tanpa khilaf, tiada tabah tanpa syukur, tiada kasih sayang tanpa kata maaf. Lebaran telah tiba, jangan lupa bersyukur karena hari ini masih diberikan peluang untuk hidup.”

34. “Orang yang paling mulia ialah orang yang hendak memaafkan kesalahan orang lain. Semoga silaturahmi ini dapat menjadi pensuci diri.”

35. “Bila ada kata merangkai dusta, ada ucap berbunga lara, dan ada langkah berbuah dosa, aku mohon maaf yang sebesar-besarnya. Semoga hubungan persaudaraan ini tetap tersadar hingga di nirwana.”

36. “Untuk lisan yang tak terjaga, komitmen yang tak terpenuhi, hati yang kerap berprasangka. Dengan sarat keikhlasan aku memohon maaf dan izin untuk terus bersilaturahmi.”

37. “Salah paham mungkin menjadi hal yang biasa untuk kita. Namun izinkan aku untuk membersihkan segala ketegangan dengan kata maaf dari dalam hati.”

38. “Berbeda usulan ialah hal yang biasa. Namun jangan sampai kita tidak sepakat untuk saling mempertahankan dalam silaturahmi.”

39. “Di balik pertikaian yang terjadi, mohon izinkan diri untuk mensucikan hari dengan bersilaturahmi. Semoga amal kita diterima Allah SWT.”

40. “Setelah satu bulan berpuasa, semoga makin lapang rasa saling memaafkan di antara persaudaraan kita. Selamat Lebaran.”

Ucapan silaturahmi dalam bahasa Inggris.

41. “In every shared smile and laughter, in every silent prayer answered, in every opportunity that comes your way. May Allah bless you greatly.”

(Dalam setiap senyum dan tawa yang terbagi, dalam setiap untaian doa, dalam setiap peluang yang datang menyapa. Semoga Allah memberikanmu berkah.)

42. “May every blossom in the garden of life brighten our Eid with joy and fill our days with the sweet fragrance of happiness. Eid Mubarak, everyone!”

(Semoga setiap bunga yang bermekaran di taman kehidupan ini mencerahkan hari raya kita dengan kebahagiaan dan mengisi hari kita dengan harumnya kebahagiaan yang elok. Selamat Hari Raya Idul Fitri, semua!)

43. “A time for joy, a time for togetherness, a time to remember the blessings. May Allah bless you.”

(Waktunya berbahagia, waktunya untuk bersama, waktunya untuk mengenang semua anugerah. Semoga Allah memberkahimu.)

44. “Sometimes my hands make mistakes and my mouth speaks wrong words, so this time I’m asking for your forgiveness. Happy Eid al-Fitr.”

(Terkadang tanganku berbuat salah dan mulutku mengucap kata yang salah, maka kali ini saya meminta maaf. Selamat Hari Raya Idul Fitri.)

45. “It’s more than a wish, more than a message too, for it comes with warm and loving thoughts because it’s meant for you. Happy Eid!”

(Bukan cuma sekedar keinginan, bukan pesan, melainkan dengan segala anggapan dan cinta sebab kau pantas mendapatkannya. Selamat Idul Fitri!)

46. “The most noble man is one who forgives the mistakes of others. On this glorius day, I apologize for any wrong. Eid Mubarak.”

(Manusia paling mulia adalah mereka yang dapat memaafkan kesalahan orang lain. Pada hari yang mulia ini, saya mohon maaf atas segala salah. Selamat Hari Raya Idul Fitri.)

47. “May every blossom in the garden of life brighten our Eid with joy and fill our days with the sweet fragrance of happiness. Eid Mubarak, everyone!”

(Semoga setiap bunga yang bermekaran di taman kehidupan ini mencerahkan haari raya kita dengan kebahagiaan dan mengisi hari kita dengan harumnya kebahagiaan yang anggun. Selamat Hari Raya Idul Fitri, semua!)

48. “A time for joy, a time for togetherness, a time to remember the blessings. May Allah bless you.”

(Waktunya berbahagia, waktunya untuk bareng , waktunya untuk mengenang semua anugerah. Semoga Allah memberkahimu.)

49. “Sometimes my hands make mistakes and my mouth speaks wrong words, so this time I’m asking for your forgiveness. Happy Eid al-Fitr.”

(Terkadang tanganku berbuat salah dan mulutku mengucap kata yang salah, maka kali ini aku meminta maaf. Selamat Hari Raya Idul Fitri.)

50. “May the magic of this Eid bring lots of happiness in your life and may you celebrate it with all your close friends and may it fill your heart with wonders.”

(Semoga keajaiban di hari raya Idul Fitri ini membawa banyak kebahagiaan dalam hidupmu dan mudah-mudahan kau merayakannya dengan semua teman dekatmu. Dan mudah-mudahan hatimu senantiasa dipenuhi dengan keajaiban.)

Manusia diketahui sebagai makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri. Sesekali, kita akan memerlukan uluran tangan orang lain ketika menghadapi kesusahan. Oleh sebab itu, sudah seharusnya selama hidup di dunia, kita senantiasa mempertahankan hubungan baik dengan sesama. Memberikan kata-kata silaturahmi bisa jadi satu cara termudah untuk mempertahankan hubungan baik dengan sahabat atau keluarga.

Silaturahmi terbukti mampu memperkuat hubungan persaudaraan. Selama ini silaturhami lebih identik dengan perayaan hari raya Idulfitri. Padahal, silaturahmi bisa dilaksanakan kapan saja tanpa harus menunggu momen hari raya. Malahan, perkembangan teknologi dikala ini telah membuat silaturahmi jadi lebih gampang dilaksanakan.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut kata-kata silaturahmi yang penuh makna dan bisa perkuat tali persaudaraan.

1. Kata-Kata Silaturhami Bijak

Silaturahmi tidak saja berguna untuk mempertahankan hubungan dengan sesama. Dengan bersilahturami, seseorang juga akan berguru kebijaksanaan. Sebab, saat bersilahturami seseorang juga mencar ilmu memahami dan menghargai orang lain. Berikut kata-kata silaturahmi yang mengajarkan kebijaksanaan.
1. “Kebersamaan itu penting, bukan hanya untuk menjaga silaturahmi, namun harus menghasilkan sesuatu yang lebih baik.”

2. “Jadikanlah silaturahmi dengan sobat-temanmu sebagai warna-warni yang sarat keindahan, sarat kasih sayang, rukun, dan hening senantiasa.”

3. “Jagalah hubungan kita dengan sesama, lewati sifat hasad, dendam, takabur, dan sebagainya. Sambung kembali silaturahmi yang telah putus.”

4. “Orang yang beruntung ialah orang yang mempunyai banyak pembela melalui suatu ikatan persaudaraan.”

5. “Silaturahmi, mendekatkan kebaikan, menjauhkan dari segala beban.”

6. “Perluaslah relasimu, perluas kuburanmu, perpanjang umurmu, dan perlancar rezekimu cuma dengan melakukan silaturahim, mengontak saudara usang, memaafkan kesalahan sobat, dan saling mendatangi satu sama lain.”

7. “Bisnis terbaik ialah bisnis yang saling membangun silaturahim, memperluas kekerabatan, dan membangun network.”

8. “Silaturahim ialah cara terbaik untuk menjembatani dua insan yang sedang bertikai. Mendekatkan jarak yang jauh, menawarkan kabar, dan saling mendoakan satu sama lain.”

9. “Letakkanlah pengecap di belakang akal, bukan lidah di depan nalar. Karena apa? Karena lidah banyak menimbulkan silaturahim putus, dan karena lidah, penyebab kita menjadi egois.”

10. “Bangunlah kariermu dengan mempertahankan silaturahim sesama kerabat, jangan pernah mengorbankan orang lain untuk kepentingan duniamu. Karena menetapkan silaturahmi, hanya akan mempersempit rezekimu, memberikan kekurangan dalam setiap persoalan duniamu.”

11. “Indahnya kebersamaan akan diraih apabila sesama muslim saling menjaga silaturahim, menunjukkan kepedulian terhadap sesama. Karena bagi seorang islam, kekuatan paling besar yakni solidnya persaudaraan muslim.”

12. “Silaturahmi yaitu ihwal kebersamaan. Jika rasa bersama sudah memudar, maka silaturahmi akan terpecah.”

2. Kata-Kata Silaturahmi Penuh Makna

Kata-kata wacana silaturahmi tidak saja mengajak kita mempertahankan hubungan baik dengan sesama. Lebih dari itu, kata-kata ini juga mengandung makna yang begitu dalam. Sehingga, dari kata-kata ini kita bisa berguru banyak hal tentang hidup dan kebersamaan. Berikut kata-kata silaturahmi yang sarat makna.
13. “Di dunia ini tidak ada yang lebih banyak membuka kunci pintu dibanding berkenalan dengan banyak orang, silaturahmi.” – Tere Liye

Baca Juga:  45 Best Big Responsibility Quotes Spiderman Full Of Greatest Power

14. “Dengan silaturahim, sekat yang dahulu ada dengan sendirinya memudar.”

15. “Silaturahmi itu meluaskan asumsi, memperkaya sudut pandang, dan merupakan satu di antara dari sekian banyak pintu rezeki.”

16. “Persaudaraan yaitu penyatuan. Menjadikan anda menyatu dengan mereka. Layaknya ikatan saudara kandung yang tak mungkin bisa lepas.”

2. “Silaturahmi adalah jembatan yang menghubungkan dua segi yang berbeda dengan jiwa kasih dan sayang.”

“Kalau saja semua manusia lebih mengasihi sesama manusia daripada harta maka dunia ini akan nyaman dan indah dalam kebersamaan.”

18. “Silaturahim tidak cuma untuk menjaga persaudaraan, akan tetapi juga menambah rezeki dan memperpanjang umur. Jadim apabila kamu ingin berkah dalam hidupmu, menjaga persaudaraan adalah yang harus dijalankan.”

14. “Jarak boleh terpisah, tetapi kebersamaan tetap tersadar. Itulah pemahaman dari silaturahmi.”

26. “Ayo berbuat baik kepada orang lain. Saling menjaga pertemanan dan tidak memusuhi. Berikan hal terbaik untuk membantu kerabat kita.”

29. “Liang lahat yakni tempat yang paling sempit, maka luaskanlah dengan menyambung silaturahmi.”

17. “Bangunlah suatu dunia di mana semua bangsanya hidup dalam damai dan persaudaraan.” – Soekarno

19. “Sahabat mirip mata dan tangan kita. Saat mata menangis tangan mengusap, dikala tangan terluka mata menangis.”

20. “Ikatan persaudaraan menciptakan kita tak terpisahkan, saling menguatkan, dan saling menutupi kekurangan.”

21. “Matahari tak pernah memilih siapa yang mesti diberikan sinar. Mari kita coba teladani itu, pahamilah perbedaan dan hargai siapa pun dia.”

22. “Setiap kebersamaan tentu akan selsai, namun kebahagiaannya akan tetap infinit dalam kenangan indah kita.”

23. “Terkadang kita diberikan rasa kesepian yang mendalam, supaya kita lebih menghargai indahnya kebersamaan.”

24. “Silaturahmi ialah ihwal kebersamaan. Jika rasa bareng sudah memudar maka silaturahmi akan terpecah.”

3. Kata-Kata Silaturahmi Islami

Dalam agama Islam, menjaga silaturahmi jadi satu hal yang sangat diusulkan. Pasalnya, selain hubungan dengan sang Pencipta, menjaga hubungan dengan sesama manusia juga menjadi hal terpenting dalam mempertahankan ketakwaan. Berikut kata-kata silaturahmi dengan nuansa islami.
25. “Sedekah terhadap orang miskin adalah sedekah dan terhadap keluarga sendiri menerima dua pahala: sedekah dan silaturahmi.” – HR Tirmidzi

26. “Tidak ada dosa yang Allah percepat siksaan kepada pelakunya di dunia serta yang tersimpan untuknya di alam baka, selain tindakan zalim dan memutuskan tali silaturahmi.” – HR Tirmidzi

27. “Siapa yang bertakwa terhadap Rabb-nya dan menyambung silaturahmi, niscaya umurnya akan diperpanjang dan hartanya akan diperbanyak, serta keluarganya akan mencintainya.”- HR Bukhari

28. “Satu di antara kalangan orang yang tidak akan mencium anyir surga ialah orang suka menetapkan tali persaudaraan atau tali silaturahmi.”

29. “Ada dua kaki yang sangat disukai Allah, yaitu kaki yang dilangkahkan untuk menunaikan salat fardhu dan kaki yang dilangkahkan untuk silaturahmi.”

30. “Seorang muslim yang baik tentunya mendoakan saudaranya, memberikan rasa kondusif kepada tetangganya, dan menawarkan faedah untuk banyak orang. Silaturahmi yakni inti dari kekuatan umat muslim dalam mempertahankan persatuan.”

31. “Silaturahmi adalah hal yang wajib dijalankan, mendatangi saudara, memberikan doa, dan saling melindungi.”

32. “Sambunglah orang yang memutuskan (hubungan dengan)mu, berilah kepada orang yang tidak memberi kepadamu, dan berpalinglah dari orang yang berbuat zalim kepadamu” – HR Ahmad

33. “Siapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, hendaklah ia menyambung silaturahmi.” – HR Bukhari

34. “Rahmat tidak akan turun terhadap kaum yang padanya terdapat orang yang memutuskan tali silaturahmi.” – HR Muslim

35. “Tali silaturahmi yakni persaudaraan mahir yang terjalin atas dasar iman dan takwa.”

Itulah di antaranya 35 kata-kata silaturahmi yang sarat makna dan bisa memperkuat persaudaraan. Semoga bermanfaat dan bisa memberi gagasan!