10 Film Jepang Sedih yang Bikin Mewek Bombay

Film Jepang Sedih cocok banget ditonton pas akhir pekan, apalagi nontonnya bareng pasangan atau keluarga, jadi bisa nangis bareng deh. Hihi

Kan bosen ya nonton film romantis-komedi, yang jalan ceritanya berakhir bahagia. Sekali-kali film jepang sedih yang bikin mewek juga perlu ditonton, sebagai bahan referensi dan pemuas rasa galau.

Ngingetin aja, sebelum nonton 10 film jepang sedih ini, sebaiknya siapin dulu tisu atau sapu tangan, karena pasti kamu bakal mewek kayak ngiris bawang bombay.

Tenang, list dibawah enggak banyak spoiler kok.

1. Her Love Boils Bathwater (2016)

film jepang sedih Her Love Boils Bathwater (2016)

Sumber Gambar: Wikimedia

  • Rating di Imdb mendapat skor 7.6/10
  • Memenangkan 13 penghargaan serta dinominasikan dalam 3 kategori film lain.
  • Sutradara: Ryōta Nakano
  • Penulis Skenario: Ryōta Nakano
  • Para Pemain: Rie Miyazawa, Hana Sugisaki, Joe Odagiri

Premis film jepang sedih: Seorang Ibu yang kuat, tegas dan penyayang tiba-tiba saja didiagnosis kanker stadium akhir. Dia hanya punya beberapa bulan buat hidup. Sebelum “berpulang” si Ibu terpanggil untuk melakukan “sesuatu” buat anak dan suaminya yang pergi menghilang.

Film jepang sedih yang pertama ini judulnya agak nyeleneh “Her Love Boils Bathwater”.

Kalau diartiin kira-kira “Cinta-nya Mendidihkan Tempat Mandi”. Sepintas baca judulnya kayak film komedi, tapi bukan kok, ini film dengan genre drama, sedih dan mengharukan pake banget.

Film ini bakal membuat kamu tersentuh akan kekuatan cinta yang tulus dari seorang ibu, diakhir film kamu pasti nangis dan pengen meluk Ibu kamu.

2. One Litre Of Tears (2005)

Sumber gambar: Wikimedia

  • Rating di Imdb mendapat skor 8.0/10
  • Sutradara: Riki Okamura
  • Catatan Harian: Aya Kito
  • Penulis Skenario: Takao Tanaka
  • Para Pemain: Asae Ohnishi, Kazuko Katô, Yoshimi Ashikawa

Premis Film jepang sedih: Seorang siswi SMP kelas 9 bernama Aya Kito harus menerima kenyataan bahwa dirinya terkena penyakit langka yaitu Spinocerebellar ataxia (SCA). Penyakit ini melumpuhkan semua anggota badannya secara bertahap. Hal tersebut tak membuat dirinya patah arang untuk menjalani hidup sepenuhnya.

Film jepang sedih bergenre tragedi dipadukan dengan drama yang cukup intens, saya waktu itu nonton pas zaman SMA, emang lagi musimnya dvd bajakan film jepang sedih sih, saya inget banget sampe mempertanyakan “keimanan” gara-gara nonton ini, alasannya karena;

“Udah mah menderita pas hidupnya di dunia, masuk neraka lagi karena enggak beriman sama agama yang saya anut, kok Tuhan setega itu ya?”

Film ini sangat menyentuh, apalagi kisah ini diilhami dari kejadian nyata dan catatan harian yang ditulis oleh Aya Kito sendiri dalam menjalani hari-harinya. Hu-hu-hu 😢

3. If Cats Disappeared From the World (2016)

Sumber Gambar: Wikimedia

  • Rating di Imdb mendapat skor 7.1/10
  • Sutradara: Akira Nakai
  • Novel: Genki Kawamura
  • Penulis Skenario: Yoshikazu Okada
  • Para Pemain: Takeru Sato, Gaku Hamada, Mieko Harada, Anna Ishii

Premis film jepang sedih: Seorang tukang pos tiba-tiba saja didiagnosis kanker otak oleh dokter, dalam keadaan putus-asa datanglah iblis menawarkan “kehidupan” dengan syarat-syarat yang absurd.

Film ini bagi saya sangat tragis namun disajikan dengan memikat. Kita diinggatkan tentang pentingnya hubungan antar manusia, baik dalam pertemanan ataupun keluarga.

Oh iya, Takeru Sato ini salah satu aktor keren Jepang, dia sudah membintangi beberapa film seperti Samurai X dan Beck, jadi jangan ragu buat nonton film ini.

4. Love Letter (1995)

film jepang love letter

Sumber Gambar: Wikimedia

  • Rating di Imdb mendapat skor 8.0/10
  • Memenangkan 14 penghargaan serta dinominasikan dalam 3 kategori film lain.
  • Sutradara: Shunji Iwai
  • Penulis Skenario: Shunji Iwai
  • Para Pemain: Miho Nakayama, Etsushi Toyokawa, Bunjaku Han

Premis Film Jepang Sedih: Hiroko Watanabe mengenang kematian Itsuki, tunangannya dua tahun lalu. Dalam keadaan sedih, dia menulis surat kemudian mengirimkannya ke alamat lama rumah Itsuki.

Tak disangka, ia mendapat balasan, bukan dari tunangannya, tapi dari wanita yang memiliki nama sama, kemudian mereka menjadi sahabat pena dan saling mengirim surat yang isinya membicarakan Itsuki ketika masih hidup.

Film ini masterpiece, ceritanya sederhana tapi nusuk di hati.

5. Departures (2008)

Sumber Gambar: Wikimedia

  • Rating di Imdb mendapat skor 8.1/10
  • Memenangkan Oscar untuk kategori film asing terbaik.
  • Sutradara: Yōjiro Takita
  • Penulis Skenario: Kundo Koyama
  • Para Pemain: Masahiro Motoki, Ryôko Hirosue, Tsutomu Yamazaki

Premis Film Jepang Sedih: Daigou Kobayashi, seorang pemain cello yang harus berhenti karena teater tempatnya bekerja mengalami kebangkrutan. Ia memutuskan pindah ke rumah orang tuanya di pedesaan. Lalu Ia menemukan pekerjaan sebagai pengurus jenazah di sebuah jasa pemakaman.

Saya kagum dengan film ini karena menggambarkan cara orang Jepang mengurus jenazah sebelum dimakamkan. Ada beberapa bagian dari film ini yang cukup sedih, bikin speechless dan terharu, tonton deh.

6. Be With You (2004)

Sumber Gambar: Wikimedia

  • Rating di Imdb mendapat skor 8.0/10
  • Sutradara: Nobuhiro Doi
  • Novel Karya: Takuji Ichikawa
  • Penulis Skenario: Yoshikazu Okada
  • Para Pemain: Yûko Takeuchi, Shidô Nakamura, Akashi Takei

Premis Film: Takumi, seorang duda beranak satu yang ditinggal meninggal istrinya. Suatu ketika, istrinya yang sudah meninggal itu mendatangi mereka, namun sang istri tidak ingat pernah menikah dan memiliki anak.

Film yang sangat menyentuh, saya enggak mau banyak spoiler, sebaiknya tonton aja, bikin mata berkaca-kaca.

7. Virgin Snow (2007)

Sumber Gambar: Wikimedia

  • Rating di Imdb mendapat skor 6.6/10
  • Sutradara: Nobuhiro Doi
  • Novel Karya: Takuji Ichikawa
  • Penulis Skenario: Yoshikazu Okada
  • Para Pemain: Yûko Takeuchi, Shidô Nakamura, Akashi Takei

Premis Film: Min, siswa SMA asal Korea harus pindah ke Jepang karena ayahnya bekerja sebagai pengerajin keramik. Min kemudian bertemu Nanae seorang gadis Jepang yang baik hatinya, kemudian mereka berdua saling jatuh cinta.

Film ini genrenya romance jadi emang rada cliche dikit, saya nonton film ini pas SMA, waktu itu saya masih polos, film jenis apapun ditontonin semua, kalau sekarang sih disuruh nonton film romantis kayak gini, ya mikir-mikir dulu.

Eits, tapi bukan berarti film Jepang Sedih berjudul Virgin Snow ini jelek ya, cukup layak kok ditonton saat senggang, bitter sweet bikin mewek gitu.

8. Midnight Sun (2006)

Sumber Gambar: Wikimedia

  • Rating di Imdb mendapat skor 7.3/10
  • Sutradara: Norihiro Koizumi
  • Penulis Skenario: Kenji Bando
  • Para Pemain: YUI, Takashi Tsukamoto, Kuniko Asagi

Premis Film: Kaoru Amane, gadis berusia 16 tahun yang menderita penyakit kulit langka namanya xeroderma pigmentosum (XP). Penyakit ini menyebabkan dirinya tidak boleh terkena sinar matahari karena membahayakan tubuhnya.

Oke, film ini cukup mengharukan karena si Kaoru ini cuma bisa keluar pas malem hari, tapi tak menghalangi Kaoru untuk berkenalan dengan pria, lalu jatuh cinta, hu-hu-hu

Kaoru diperankan YUI, kalau kamu penikmat lagu-lagu Jepang pasti kenal dengan musisi yang satu ini, dia juga ngisi dan nyanyi dalam film jepang sedih ini loh. Sedih dengerin musiknya.

9. My Rainy Days (2009)

Rating di Imdb mendapat skor 7.1/10

Sutradara: Yuri Kanchiku

Para Pemain: Nozomi Sasaki, Shôsuke Tanihara, Hikaru Yamamoto

Premis Film: Rio Ozawa, gadis SMA berusia 17 tahun bekerja paruh waktu sebagai “wanita panggilan”. Suatu hari secara tak sengaja ia bertemu dengan seorang dosen bernama Kouki Ozawa. Rio yang hanya menyukai uang bingung dengan perasaannya, karena untuk pertama kalinya ia jatuh cinta.

10. Heavenly Forest (2006)

  • Rating di Imdb 7.6/10
  • Sutradara: Takehiko Shinjo
  • Penulis: Takuji Ichikawa (novel), Kenji Bando (skenario)
  • Para Pemain: Aoi Miyazaki, Hiroshi Tamaki, Munetaka Aoki

Premis Film: Makoto, mahasiswa baru yang sedikit pemalu bertemu gadis lucu bernama Shizuru, entah mengapa Makoto bisa berteman akrab dengan Shizuru. Mereka sering menghabiskan waktu bersama di hutan karena memiliki hobi yang sama, fotografi.

Tapi eh tapi, ternyata Makoto menyukai mahasiswi lain bernama Miyuki, padahal Shizuru sudah kadung menyukai Makoto. Satu kata yang bisa menggambarkan film ini, “FRIENDZONE”. Kalau kamu pernah mengalami hal ini pasti rasanya sakit banget beud, sedih.

Penutup

Dari 10 film Jepang sedih ini manakah yang paling sedih menurut kamu? Oh iya, kalau punya rekomendasi film sedih lainnya jangan sungkan buat komen di bawah ya.

Ssttt.. Kalau nonton sendirian cari di tempat sepi ya, biar nggak malu kalau ketauan nangis. 😁